4 Perawatan yang Efisien untuk Gigi Sensitif - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Perawatan yang Efisien untuk Gigi Sensitif

"Aduh!" Adalah bunyi yang biasa keluar dari mulut Anda kapan saja Anda mencoba untuk mencicipi sebuah cangkir es krim atau menyeruput teh panas atau kopi, kemungkinan besar Anda sudah mempunyai keluhan gigi sensitif. Ini adalah kondisi yang sangat tidak nyaman dan sangat membuat frustasi yang mengurangi kenikamatan Anda dalam hal untuk makan sepotong coklat atau mencucup sup panas lezat tanpa merasa adanya sensasi tajam dan berdenyut-denyut.

4 Cara Perawatan untuk Penderita Gigi Sensitif
Gigi sensitif

Gigi sensitif disebabkan oleh gusi mengalami abrasi (penurunan posisi dari normal karena gesekan sikat gigi terlalu keras, karang gigi, pembengkakan), atau abrasi email gigi (yang juga dapat terjadi karena pemutihan gigi terlalu sering).

4 Cara Perawatan untuk Gigi Sensitif

Untuk gigi sensitif tersebut, Anda dapat melakukan 4 perawatan yang efisien sebagai berikut:
1. Gunakan pasta gigi desensitizing (anti sensitive) yang baik 
ada banyak merek pasta gigi seperti yang tersedia di pasaran, yang mengandung banyak bahan khusus yang akan membantu mengurangi sensitivitas.Bukan hanya menggosok gigi seperti yang Anda lakukan secara teratur dengan pasta gigi desensitizing, tapi  cobalah untuk mengoleskan lapisan tipis pasta gigi ke gigi sensitif setiap malam. Gunakan jari Anda untuk mengoleskannya, pastikan untuk membuang kelebihan dari lapisan tersebut tapi jangan dibilas dengan air.

2. Gunakan obat kumur mengandung fluoride
Anda dapat menemukan obat kumur seperti diperkaya dengan fluoride di apotek apapun. Fluoride ini dikenal untuk membantu pasien dengan gigi sensitif ataupun gigi yang sudah mendapat masalah pembusukan gigi. Berkumurlah setidaknya dua kali sehari, dan dikombinasikan dengan penggunaan pasta gigi desensitizing, sensitivitas Anda akan jauh berkurang dalam beberapa minggu.

Perawatan Selanjutnya untuk Gigi Sensitif

3. Sealant gigi
Memang sealant gigi, ini tidak hanya digunakan untuk perawatan pencegahan gigi berlubang pada anak-anak, tetapi sealant gigi bisa sangat efektif untuk pasien dengan sensitivitas gigi yang disebabkan oleh gusi abrasi. Dokter gigi akan memberikan lapisan tipis (sealant) untuk menutupi dan melindungi akar gigi, yang sedikit terbuka.

4. Perawatan saluran akar
Untuk pasien yang telah mencoba segala kemungkinan perawatan, dan tidak ada yang bekerja secara efektif, dokter gigi mungkin menyarankan perawatan saluran akar. Jika saraf gigi diobati, sensitivitas akan berkurang.Mintalah dokter gigi apakah pengobatan ini mungkin akan bermanfaat dalam kasus Anda, mengingat bahwa Anda telah mencoba semua produk-produk desensitizing kesehatan mulut tanpa hasil yang baik.

💛 Baca juga: Abnormal Warna Gigi 💛

Kebanyakan kasus gigi sensitif disebabkan karena kondisi yang dikenal sebagai "bruxism" (lapisan gigi yang berkurang karena gigi yag berlawanan), Anda bisa meminta dokter gigi untuk membuatkan custom mouth guard khusus yang akan melindungi gigi Anda dari grinding selama waktu malam. Grinding atau "ngerot" biasanya tidak dilakukan dalam keadaan sadar, seperti saat tidur. Grinding gigi perlahan-lahan akan merusak email gigi, dan dengan demikian sensitivitas mudah mungkin terjadi. Itu tadi 4 cara perawatan untuk gigi sensitif. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "4 Perawatan yang Efisien untuk Gigi Sensitif"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>