Karang Gigi - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karang Gigi

Karang gigi atau disebut juga kalkulus gigi atau tartar merupakan tumpukan yang keras kekuningan pada gigi. Terdiri dari garam mineral, sisa makanan, yang telah mengeras dari waktu ke waktu. Karang gigi tidak bisa menipis, mempunyai permukaan kasar menyebabkan melekatnya sisa atau partikel makanan sehingga siklus terus berulang terjadi penumpukan terus menerus.

karang gigi

Karang_gigi dapat menjadi kecoklatan yang keras, melingkari gigi atau menutup gigi dan bisa masuk dalam gusi. Karang gigi dan plak yang berada dekat dengan gusi akan menyebabkan pembengkakan dengan tanda mudahnya berdarah dan bau mulut. Kalkulus supragingiva adalah deposit karang gigi yang terbentuk pada permukaan gigi. Kalkulus subgingiva terbentuk di bawah gusi. Kalkulus subgingiva lebiah berbahaya dan pertumbuhannya lebih cepat.

Review Singkat Karang Gigi

Di bawah ini akan kami sajikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang terkait dengan karang gigi ini. Simak yuk!

Apa penyebab karang gigi hitam cepat tumbuh?

Penyebabnya yang pasti adalah sisa makanan yang tertinggal di gigi dan lama dibersihkan sehingga menumpuk dan keras. Partikel makanan yang lengket seperti gula akan mudah menempel pada gigi sehingga terbentuk plak semakin mudah. Pembentukan karang gigi berjalan dalam selang waktu yang lama, dapat diperparah pada kondisi tertentu misalnya gigi berjejal atau tidak beraturan sehingga sisa makanan mudah terjebak dan sulit dibersihkan.

Bagaimana mengetahui gigi kita ada karang gigi?
Tanda yang paling bisa dilihat dari karang gigi adalah warnanya yang kuning kecoklatan, serta keras. Bagian yang mudah dilihat adalah bagian belakang gigi depan bawah, bisa dirasakan dengan sentuhan lidah adakah lapisan yang tebal menutupi gigi. Akan lebih baik Anda memeriksakan ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi secara umum.

Cara membersihkan dan membersihkan karang gigi

Berbeda dengan plak gigi yang bisa dibersihkan dengan menyikat gigi. Karang gigi tidak bisa hilang dengan menyikat gigi, karena lapisan yang keras dan tebal sehingga perlu alat khusus untuk menghilangkannya apalagi untuk karang gigi subgingiva. Perawatan tersebut dinamakan scalling.

Membersihan dan menghilangkan karang gigi sakit tidak?

Tidak, karena inti menghilangkan karang gigi yang merupakan lapisan yang menutupi gigi di bagian luar tapi sebagian mereka yang belum pernah melakukannya akan merasa tidak nyaman karena sedikit linu dan berdarah. Linu karena gigi merasa sedang beradaptasi, yang sebelumnya gigi ditutupi oleh karang gigi dan tiba-tiba karang gigi hilang sehingga gigi langsung terpapar dengan lingkungan, lama-kelamaan gigi tidak linu bila sudah beradaptasi. Kenapa berdarah? Bila karang gigi yang banyak dan menutupi gusi maka saat karang gigi dibersihkan akan sedikit menyebabkan berdarah tapi tidak banyak seperti halnya saat menyikat gigi dan berdarah.

💕 Baca juga: 4 Cara Perawatan Gigi Sensitif 💕

Post a Comment for "Karang Gigi"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>