Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Hanya 7.5 Kg, Masalah? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Hanya 7.5 Kg, Masalah?

Tulisan ini kami buat karena ada pembaca setia kami yang bertanya terkait berat badan bayinya. Kami mencoba untuk membuat postingan sesederhana mungkin agar dapat dipahami oleh seluruh ibu-ibu dengan berbagai latar belakang.

Sebelum kita lanjut, yuk kita simak dulu pertanyaannya
Pertanyaan:
Malam dok, saya mau bertanya. Anak saya saat ini berumur 9 bulan dengan berat badan hanya 7,5 kg. Padahal saya perhatikan makan dan ngemilnya sangat lahap. Memang sewaktu lahir anak saya prematur. Apakah hal ini normal dok mengingat makan dan ngemilnya yang lahap? Kira-kira apa suplemen yang bagus untuk menambah berat badannya? Terima kasih banyak dok!

Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Hanya 7.5 Kg

Masalah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Hanya 7,5 Kg

Jawaban:
Terima kasih kepada ibu atas pertanyaannya. Kami akan coba menjawabnya.
Bila dilihat tabel pertumbuhan berat badan dari WHO (World Health Organization), berat badan bayi yang berumur 9 bulan sebaiknya berkisar antara 7,2 hingga 9,4 kg. Oleh sebab itu, bila kita merujuk pada hal tersebut maka berat badan bayi Anda masih dalam rentang normal (walaupun tidak terlihat gemuk menurut Anda).

⏩ Jika Anda ingin melihat kurva pertumbuhannya silahkan: Tabel Berat Badan Balita Laki-Laki atau Tabel Berat Badan Balita Perempuan yang kami jelaskan berdasarkan data dari WHO ⏪

Ada berbagai macam kondisi yang menyebabkan berat badan bayi kurang dari normal, antara lain:
  • Masalah genetik (faktor keturunan),
  • Menu dan pola makan yang kurang tepat (porsi yang terlalu sedikit, kandungan kalori yang rendah, atau kurang akan zat gizi),
  • Penyakit tuberkulosis (flek paru),
  • Penyakit hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang hiperaktif), dan/ atau
  • Adanya gangguan pada jantung, dan lain-lain.

Selama Anda mendapati berat badan anak Anda masih dalam rentang normal, maka Anda tidak perlu khawatir meskipun Anda melihat anak tetangga Anda lebih gemuk. Tiap-tiap anak memiliki waktu tumbuh dan kecepatannya masing-masing. Anak tetangga bukanlah sebagai tolak ukur pertumbuhan anak Anda.

Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda atau dokter spesialis anak tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemberian suplemen tambahan juga sebaiknya telah mendapat rekomendasi dari dokter Anda terutama untuk anak yang masih berumur di bawah 1 tahun. Jangan berikan secara sembarangan vitamin yang Anda beli bebas di toko obat ataupun apotik.

Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan 

Anda dapat mengikuti tips sederhana di bawah ini perihal kondisi anak Anda
  • Usahakan tetap tenang dan jangan mudah panik serta khawatir,
  • Beri anak Anda ASI dan MPASI yang memiliki gizi seimbang
  • Buat variasi dalam menu makanannya sehari-hari (untuk merangsang nafsu makan dan mencegah kebosanan). Perbanyak komposisi protein dan lemak dibandingkan karbohidrat dan seratnya,
  • Rangsang anak tetap aktif untuk bergerak dan bermain, dan
  • Jauhkan anak Anda dari orang dewasa yang berkemungkinan dapat menularkan penyakit.
Bila masih banyak keraguan, Anda dapat bertanya di kolom komentar atau bergabung di facebook fans page kami. Terima kasih!

Baca juga: Resep Makanan Menaikkan Berat Badan Bayi 9 Bulan

Post a Comment for "Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Hanya 7.5 Kg, Masalah?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>