Referat Scabies : Pencegahan, Komplikasi, dan Prognosis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Referat Scabies : Pencegahan, Komplikasi, dan Prognosis

Berikut ini adalah referat bagian kelima tentang scabies yang terfokus pada pembahasan pencegahan, komplikasi, dan prognosis (Referat skabies : pencegahan, komplikasi, dan prognosis). Bila Anda ingin melihat bagian yang pertama silahkan klik Referat scabies : epidemiologi, etiologi, dan patogenesis.

komplikasi skabies
gambar penyakit scabies


Pencegahan, Komplikasi, dan Prognosis Penyakit Skabies

Pencegahan Pada Penyakit Skabies

Pencegahan scabies - Untuk melakukan pencegahan terhadap penularan scabies, orang-orang yang kontak langsung atau dekat dengan penderita harus diterapi dengan topikal skabisid. Terapi pencegahan ini harus diberikan untuk mencegah penyebaran scabies karena seseorang mungkin saja telah mengandung tungau scabies yang masih dalam periode inkubasi asimptomatik.(3)

Selain itu untuk mencegah terjadinya reinfeksi melalui seprei, bantal, handuk dan pakaian yang digunakan dalam 5 hari terakhir, harus dicuci bersih dan dikeringkan dengan udara panas karena tungau scabies dapat hidup hingga 3 hari diluar kulit, karpet dan kain pelapis lainnya sehingga harus dibersihkan (vacuum cleaner).(3)

Komplikasi Pada Penyakit Skabies

Komplikasi scabies - Infeksi sekunder pada pasien skabies merupakan akibat dari infeksi bakteri atau karena garukan. Keduanya mendominasi gambaran klinik yang ada. Erosi merupakan tanda yang paling sering muncul pada lesi sekunder. Infeksi sekunder dapat ditandai dengan munculnya pustul, supurasi, dan ulkus.


Selain itu dapat muncul eritema, skuama, dan semua tanda inflamasi lain pada ekzem sebagai respon imun tubuh yang kuat terhadap iritasi.  Nodul-nodul muncul pada daerah yang tertutup seperti bokong, skrotum, inguinal, penis, dan axilla.(5) Infeksi sekunder lokal sebagian besar disebabkan oleh Staphylococcus aureus dan biasanya mempunyai respon yang bagus terhadap topikal atau antibiotic oral, tergantung tingkat pyodermanya.(10)

Selain itu, limfangitis dan septiksemia dapat juga terjadi terutama pada skabies Norwegian, post-streptococcal glomerulonephritis bisa terjadi karena skabies-induced pyodermas yang disebabkan oleh Streptococcus pyogens.(3)

Prognosis Pada Penyakit Skabies

Prognosis scabies - Jika tidak dirawat, kondisi ini bisa menetap untuk beberapa tahun. Pada individu yang immunocompetent, jumlah tungau akan berkurang seiring waktu.(3)

Infestasi scabies dapat disembuhkan. Seorang individu dengan infeksi scabies, jika diobati dengan benar, memiliki prognosis yang baik, keluhan gatal dan ekzema akan sembuh.(8)


👉 Daftar pustaka dari referat ini dapat ditinjau pada Daftar pustaka referat scabies.
Simak terus referat dan artikel kesehatan pada blog kedokteran-kesehatan kami ini dan jangan lupa like facebook fans page di bawah ini untuk berdiskusi dengan kami di facebook!

Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Referat Scabies : Pencegahan, Komplikasi, dan Prognosis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>