Ini Dia 9 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia 9 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda

Faktor penyebab stroke ringan di usia muda yang sering ditemui - Hampir setiap orang awam berpikiran bahwasanya penyakit stroke hanya diderita oleh orang yang telah lanjut usia. Fakta di lapangan tidak menunjukkan hal demikian. Setiap manusia baik tua maupun muda dapat mengalami stroke.
faktor-penyebab-stroke-ringan-di-usia-muda
awas, stroke bukan hanya pada kelompok usia tua

Stroke adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan aliran pembuluh darah ke otak. Stroke terjadi karena adanya gangguan asupan sel darah ke otak yang diakibatkan oleh penyempitan (iskemik) atau pecahnya pembuluh darah otak (hemoragik). Dari kedua hal ini, penyempitan di pembuluh darah adalah penyebab tersering terjadinya stroke usia muda.

Lantas apa saja yang menyebabkan kecendrungan munculnya stroke usia muda? Simak yuk informasinya di bawah ini agar lebih mudah memahami penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya.

Penyebab Stroke di Usia Muda

Beberapa kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya stroke walaupun masih dalam umur muda adalah seperti dijelaskan di bawah ini, antara lain:

1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Hipertensi di usia muda tidak terlalu jelas dan berdampak bagi tubuh. Keadaan ini ini diyakini memberikan beban kepada lapisan pembuluh darah sehingga mengalami penebalan dan pengerasan. Penebalan ini lama kelamaan akan menyebabkan keadaan penyempitan pembuluh darah.

2. Kelainan Irama Jantung
Banyak yang tidak tahu, penyebab stroke selain darah tinggi salah satunya adalah gangguan irama jantung. Adanya masalah irama jantung sebagai akibat dari kelainan struktural, katup, ataupun dinding jantung akan menyebabkan gangguan proses pembekuan darah di pembuluh darah otak.

3. Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah proses penyempitan pembuluh darah. Proses ini biasanya jarang terjadi pada usia muda terkecuali ada pengaruh faktor genetika, obesitas, dan kebiasaan merokok. Orang muda pada zaman ini seringkali berkutat dengan permasalahan ketiga faktor ini.

4. Akibat Proses Trauma atau Infeksi
Proses trauma pada area kepala dan infeksi yang digolongkan ke dalam infeksi berat dapat menyebabkan terjadinya gangguan sistem pertahanan tubuh dan fungsi sel-sel darah merah. Seringkali hal ini menyebabkan peningkatan proses penggumpalan darah yang juga meningkatkan risiko terjadinya stroke.

5. Kolesterol Tinggi
Pola hidup zaman sekarang jauh dari kata sehat. Konsumsi makanan penyebab stroke ringan pada wanita dan pria seperti makanan junk food dan jarang berolahraga adalah tren masa kini. Hal ini terbukti dengan tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) pada orang-orang muda saat ini. Kolesterol penyebab stroke adalah jenis LDL. Jumlah yang terlalu berlebihan akan berdampak pada percepatan aterosklerosis.

6. Anemia Sel Sabit
Penyakit anemia sel sabit adalah suatu jenis anemia yang diakibatkan oleh kelainan genetik. Sel darah merah yang terbentuk adalah sel darah merah sel sabit yang fungsinya tidak normal. Sel darah merah sabit ini dapat dengan mudah menempel pada pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan.

7. Kelainan pembuluh darah otak bawaan
Beberapa kasus kelainan pembuluh darah otak bawaan yang dapat mencetuskan penyakit stroke adalah aneurisma otak dan malformasi arterti. Aneurisma otak adalah pembesaran arteri otak pada area dinding pembuluh darah yang lemah. Sedangkan malformaasi arteri adalah pertumbuhan pembuluh arterti dan vena yang sifatnya abnormal. Kedua hal ini meningkatkan risiko kejadian stroke hemoragik.

8. Obesitas dan Diabetes
Kedua hal ini berperan penting dalam proses aterosklerosis di pembuluh darah.\

9. Minum Minuman Beralkohol dan Kebiasaan Merokok
Walaupun sudah banyak orang muda yang tahu bahayanya, akan tetapi mereka tetap melakukannya. Kedua hal ini berperan sebagai faktor penyebab dan pendukung kejadian stroke, hipertensi, dan abnormalitas irama jantung.

Nah, itu tadi 9 hal yang harus dipahami oleh orang-orang agar terhindar dari penyakit stroke ini, khususnya kelompok usia muda. Pengetahuan tentang penyakit dan penerapan gaya hidup yang sehat  adalah hal yang penting guna mencegah dan mengobati stroke. Semoga bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Ini Dia 9 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>