Berapa Batas Umur Pertumbuhan Tinggi Badan Pada Wanita ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Batas Umur Pertumbuhan Tinggi Badan Pada Wanita ?

Badan yang tinggi adalah idaman setiap orang, tak terkecuali wanita. Memiliki tinggi badan yang cukup akan menambah rasa percaya diri. Tidak jarang banyak orang yang mencoba usaha meninggikan badan. Agar usaha Anda tidak sia-sia, simak berapa batas umur pertumbuhan tinggi badan pada wanita di bawah ini.

Tiap manusia mempunyai waktu pertumbuhannya masing-masing, baik itu pria maupun wanita. Sebanyak 60 hingga 80 persen pertumbuhan ini dipengaruhi oleh faktor genatik dari orang tua. Sisanya akan dipengaruhi oleh asupan gizi dan pengaruh lingkungan.

batas-umur-pertumbuhan-tinggi-badan-pada-wanita

Pertumbuhan seseorang, khususnya pertambahan tinggi badan akan terus terjadi sepanjang lempeng pertumbuhan (lempeng epifisis) pada tulang panjang masih tetap terbuka. Pada wanita lempeng ini akan membuka saat menginjak usia pubertas.

Usia pubertas dimulai berkisar antara 8 sampai 10 tahun dan akan berakhir kira-kira umur 15 hingga 16 tahun. Namun, pada zaman ini terdapat tren mulainya masa pubertas menjadi lebih awal. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh status gizi dan kondisi sosial lingkungan.

Jadi, Berapa Batas Umur Pertumbuhan Tinggi Badan Pada Wanita?

Pertumbuhan tulang manusia pada umumnya akan berlangsung selama pubertas dan berakhir dengan penutupan lempeng epifisis pada umur kira-kira 20 sampai 21 tahun. Kaum perempuan pada umumnya memulai dan mengakhiri masa pubertas lebih cepat ketimbang lelaki.

Puncak pertumbuhan tinggi badan pada perempuan akan terjadi pada saat pubertas ini. Wanita akan mengalami percepatan yang lebih tinggi dibandingkan lelaki saat masa pubertas. Hal ini menunjukkan keadaan dimana wanita terlihat lebih tinggi dan lebih dewasa dibandingkan lelaki di usia pubertas ini.

Wanita akan mencapai puncak pertumbuhan tinggi badan dalam waktu kira-kira 2 tahun dihitung dari mulainya masa pubertas. Percepatan pertambahan tinggi badan puncak ini adalah rata-rata 7 sampai 10 cm. Setelah itu percepatan pertumbuhan tinggi badan akan berangsur-angsur berkurang hingga tidak tumbuh sama sekali saat lempeng epifisis menutup di usia 20 - 21 tahun.

Sebenarnya banyak pendapat ahli tentang waktu pasti penutupan lempeng epifisis ini. Namun, penulis membuat usia 20-21 tahun sebagai pendapat yang umum.

Jadi, bila Anda seorang wanita yang belum menginjak usia tersebut maka segala usaha dan upaya untuk menambah tinggi badan berkemungkin berhasil. Banyak upaya yang bisa dilakukan seperti pengaturan pola makan yang baik, aktivitas fisik terutama yang berpotensi menambah tinggi badan, dan pola hidup yang sehat.

Namun, pertambahan tinggi badan ini juga berlandaskan tinggi potensi genetik orang tua Anda. Seperti yang dijelaskan di awal tulisan bahwasanya hingga 80 persen tinggi badan Anda tergantung tinggi badan orangtua Anda. Selama orangtua Anda memiliki badan yang tinggi maka Anda pun berkemungkinan memiliki tinggi badan serupa.

Untuk lebih jelasnya berapa potensi tinggi badan yang mungkin Anda akan dapatkan silahkan hitung pada rumus di bawah ini.

Sumber:
Height Potential
Medicalnewstoday.com
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Berapa Batas Umur Pertumbuhan Tinggi Badan Pada Wanita ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>