Apa Penyebab ASI Tidak Lancar Atau Jumlahnya Sedikit? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Penyebab ASI Tidak Lancar Atau Jumlahnya Sedikit?

Penyebab ASI tidak lancar keluar bukan hanya dari cara menyusui yang salah, melainkan juga dipengaruhi faktor fisik dan psikologis sang ibu, keadaan sang buah hati, nutrisi sang ibu, dampak penggunaan obat-obatan, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Buat ibu yang sedang dalam periode menyusui, khususnya masa ASI ekslusif, silahkan pahami permasalahan utama penyebab ASI tidak lancar lagi atau sedikit jumlahnya pada diri Anda. Penjelasan di bawah ini bisa Anda jadikan sumber pengetahuan.

Permasalahan jumlah ASI yang sedikit atau pengeluarannya yang tidak lancar sering dialami oleh ibu menyusui (busui). Tidak jarang hal ini membuat sang ibu khawatir dan menyerah sehingga memilih menggunakan susu formula. Banyak juga loh ibu yang belum tahu apa penyebabnya dan belum berkonsultasi ke dokter; eh sudah keburu menyerah.

Cara Menyusui Sebagai Faktor Penyebab ASI Tidak Lancar Keluar atau Jumlahnya Sedikit

Ketahuilah bahwasanya proses keluarnya ASI akan memberikan stimulasi kepada tubuh untuk meningkatkan jumlah ASI. Semakin sering ASI keluar maka semakin berlimpahlah produksinya. Namun, seringkali teknik menyusui menjadi problema berkurangnya produksi ASI. Beberapa diantaranya:

Perlekatan Mulut Bayi
perlekatan mulut bayi pada payuda ra ibunya seringkali tidak sempurna. Hal ini membuat bayi tidak mampu menghisap dengan sempurna. Hisapan yang tidak baik akan membuat jumlah ASI yang keluar sedikit. Bila berlangsung terus-menerus akan menurunkan kuantitas ASI.

Busui harus mempelajari bagaimana bentuk mulut bayi yang menghisap dengan sempurna. Selama proses menyusui fokuslah kepada bayi Anda. Kebanyakan ibu fokus kepada hal-hal lain seperti bekerja atau berbincang-bincang lalu datang ke dokter dengan mengeluhkan si buah hati tidak mau menyusui. Padahal bisa saja bayi merasa bosan karena tidak mampu menghisap dengan baik tanpa bimbingan dari ibu.

Frekuensi dan Waktu Menyusui
Jumlah ASI yang sedikit bisa dikarenakan bayi jarang disusukan atau waktu menyusui yang relatif sedikit.

Pemberian Susu Formula
Pemberian susu formula sebelum waktunya akan mengurangi asupan ASI sang bayi. Belum lagi pemberian susu formula dengan menggunakan dot yang dapat membuat bayi bingung. Kedua hal ini akan berujung menjadi faktor penyebab ASI tidak lancar atau sedikit jumlahnya.

Kondisi Ibu Berkemungkinan Juga Menjadi Penyebab ASI Ibu Tidak Lancar

Keadaan fisik dan psikologi ibu dapat menyebabkan jumlah ASI sedikit atau tidak lancar. Faktor psikologis ini maksudnya adalah keadaan emosi, misalnya tingkat stres, lelah dan letih, serta kecemasan yang terlalu berlebihan. Faktor-faktor ini sedikit banyak akan mempengaruhi kerja hormon yang berhubungan dengan produksi air susu ibu seperti hormon prolaktin dan oksitosin.

Sementara itu, faktor fisik maksudnya adalah segal hal yang menyangkut kondisi ibu secara fisikal, seperti problema berat badan (BB yang terlalu besar/ obesitas atau terlalu kurus), sang ibu hamil kembali, riwayat proses persalinan dengan komplikasi, riwayat operasi atau tindakan pada payuda ra, plasenta tertinggal di rahim, keadaan hipoplasia payuda ra (jaringan payuda ra tidak tumbuh dan berkembang seperti normalnya), menstruasi paska persalinan, berbagai penyakit tertentu (masalah tiroid, kanker payuda ra, diabetes gestasional), pola hidup yang buruk dan tidak sehat, serta pemakaian obat-obatan tertentu (obat flu yang mengandung pseudoephedrine dan pil KB).

penyebab-asi-berkurang
ilutrasi penyakit PCOS

Beberapa masalah hormonal dan penyakit di atas dapat menjadi penyebab ASI berkurang tiba tiba. Ada banyak penyebab ASI berkurang pada ibu menyusui, akan tetapi bila berlangsung secara spontan dan tiba-tiba maka pertimbangkanlah hal di atas. Berkonsultasilah ke dokter untuk penjelasan yang rinci.


Keadaan Bayi Sebagai Penyebab Air ASI Tidak Lancar

Selain dua penyebab umum di atas, kondisi bayi juga dapat menyebabkan jumlah ASI sedikit. Bayi yang mengalami kelainan fisik seperti bibir sumbing, frenum, bayi yang sering tidur terlalu lama, bayi yang sering rewel dan menangis (bisa jadi akibag tumbuh gigi atau kelelahan).

frenum-penyebab-asi-ibu-tidak-lancar
contoh frenum

Apakah makanan penyebab asi tidak lancar juga?
Ya, menurut sumber yang kami dapat dari healthline.com dikatakan bahwa penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 (link penelitian lihat di bagian sumber) menemukan bahwa tumbuhan di bawah ini memiliki potensi menurunkan jumlah produksi ASI. Tumbuhan tersebut antara lain:
  • pepermin,
  • chasteberry,
  • peterseli,
  • melati, dan
  • kol.

Buat Anda yang ingin mengurangi produksi ASI dapat memadukan tanaman tersebut ke dalam minuman teh Anda. Minumlah rutin setiap hari dan lihat bagaimana dampaknya.

Selain makanan penyebab asi tidak lancar, jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B6, dan B12 juga dapat dipergunakan untuk menghambat produksi ASI. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 1975 (lihat link nya di bawah). Namun, pemakaian harus menggunakan dosis tinggi dengan obat-obatan untuk mendapatkan hasil yang nyata. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B tersebut tidak menunjukkan hasil yang relevan.

Nah, itu tadi bahasan tentang berbacam penyebab produksi asi tidak lancar atau kuantitasnya sedikit. Untuk pembahasan cara mengatasinya akan kami lanjutkan di artikel yang lain.

Sumber
https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-dry-up-breast-milk#herbs
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4216483
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1209435
Bab penyebab asi tidak lancar pdf
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Apa Penyebab ASI Tidak Lancar Atau Jumlahnya Sedikit?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>