Menu Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah

Apakah benar bahwa dengan mengonsumsi pilihan makanan berdasarkan golongan darah dapat membantu mengurangi berat badan sehingga menjadi lebih sehat? Sebenarnya ini adalah cara diet yang dicetuskan oleh seorang naturalis Peter J. D'Adamo.

menu-diet-sehat-golongan-darah-menurut-ahli-gizi

Dia mencetuskan klaim bahwasanya makanan yang dimakan memiliki reaksi kimia dengan tipe golongan darah seseorang. Bila seseorang mengikuti menu diet berdasarkan golongan darahnya maka tubuhnya akan melakukan proses pencernaan lebih efisien dibandingkan dengan makanan yang tidak sesuai jenis golongan darah.

Pola makanan yang sesuai dengan golongan darah ini menurutnya akan membantu menurunkan berat badan tubuh, memiliki cadangan energi yang lebih banyak, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Diet Sehat Menurut Golongan Darah

Apa aja yang dimakan?
Menu makanan bergantung dengan jenis golongan darah seseorang. Rekomendasi dari D'Adamo adalah sebagai berikut:

Menu Diet Sehat GolonganDarah O
Menu makanan dengan tinggi protein yang berasal dari daging tanpa lemak, unggas, ikan, sayuran, serta biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu yang tanpa lemak. D'Adamo juga memberikan rekomendasi pemakaian bermacam suplemen untuk menanggulangi permasalahan perut yang biasanya dialami oleh orang dengan jenis golongan darah O.

Pola Diet Sehat Golongan Darah A
Diet dengan pola makan tanpa mengandung daging, akan tetapi makanan kaya buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan. Sebaiknya menu makanan adalah yang segar dan bersifat organik karena D'Adamo menganggap kebanyakan orang dengan golongan darah A memiliki sistem imun yang sensitif.

Makanan Diet Sehat Golongan Darah B
Direkomendasikan menghindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen. Beberapa orang menunjukkan masalah pada makanan olahan ayam. Dia menganjurkan untuk orang ini sebaiknya memakan makanan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan olahan susu yang tanpa atau rendah lemak.

Cara Diet Sehat Golongan Darah AB
Makanan yang direkomendasikan adalah tahu, makanan laut, susu dan olahannya, serta sayur-mayur hijau. Orang dengan golongan darah AB rentan mengalami masalah lambung sehingga sebaiknya menghindari kafein, alkohol, daging dengan atau tanpa diasap.

D'Adamo mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka harus butuh usaha yang ekstra. Mereka yang melakukan diet harus benar-benar menerapkan jenis dan jumlah makanan berdasarkan golongan darah, harus ekstra hati-hati dalam berbelanja, dan mengurangi makanan olahan atau paketan.

Selain itu, olah raga harus menjadi bagian dari pola hidup. Mereka juga disarankan berolahraga berdasarkan jenis golongan darah nya juga. Contoh disarankan untuk melakukan yoga atau taici untuk mereka yang bergolongan darah A atau olah raga aerobik seperti joging dan bersepeda untuk yang bergolongan darah O, dan lain-lain.

Apakah Cara Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Ini Berhasil?

Menurut Dokter Melinda Ratini, dokter yang bertugas melakukan review tentang berita dan cerita di situs WebMD bahwa satu studi menemukan bahwa orang dewasa yang menjalankan diet golongan darah A menunjukkan perbaikan pada beberapa marker kesehatannya. Namun, ini juga terjadi pada semua orang. Mereka yang bukan bergolongan darah A menerapkan pola diet golongan darah A juga menunjukkan perbaikan kesehatan.

Penurunan berat badan juga didapatkan dengan penerapan pola diet sesuai golongand darah ini. Namun, lagi-lagi studi ini tidak bisa memperinci karena berkurangnya berat badan ini dapat diakibatkan oleh pola makan yang sangat restriktif.

Hingga saat ini juga belum ada panduan yang resmi tentang pola diet sesuai golongan darah ini. Aturan masih bersifat umum tentang restriksi jenis makanan dan jenis olah raga. Untuk aturan diet terhadap beberapa orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit ginjal kronis, dan lainnya juga belum ada aturan baku.

Secara umum memang pola diet ini memiliki tujuan yang baik. Namun, hendaknya Anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter keluarga Anda tentang pengaruh pola diet ini dengan keadaan tubuh Anda, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit kronis.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Menu Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>