Kegunaan Ketumbar Untuk Kesehatan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegunaan Ketumbar Untuk Kesehatan

Ketumbar biasanya dipakai sebagai bahan bumbu masak. Tumbuhan ini digunakan untuk perasa dan pelezat makanan dalam masakan. Namun, tahukah Anda bahwa ketumbar mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula di dalam darah? Selain itu, mampu membantu meningkatkan daya imunitas dan pencegahan penyakit kanker.

kegunaan tanaman ketumbar untuk pria dan wanita
gambar tanaman ketumbar

Yuk kita bahas di bawah ini!

Nama latin ketumbar adalah tanaman Coriandrum sativum. Daun dari tanaman ini pada awal pertumbuhannya berbentuk biji. Nah biji inilah yang disebut dengan bii ketumbar. Biji ini seringkali dimasukkan dalam bermacam menu masakan baik dalam bentuk biji atau ditumbuk terlebih dahulu.

Manfaat Kesehatan Tanaman Ketumbar

Sebenarnya tidak hanya biji, bagian-bagian lain dari tanaman Coriandrum sativum ini memiliki banyak manfaat, seperti batang, daun, biji, akar dan minyaknya. Keluhan-keluhan yang biasanya dapat disembuhkan adalah gangguan pencernaan, nyeri padda sendi, batuk-batuk, penyakit bronkitis, penyakit peradangan, dan beberapa keluhan umum lainnya.

Beberapa penelitian mengulas tentang manfaat kesehatan dari tanaman ketumbar, yaitu penelitian http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23867781 dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23281145. Manfaatnya antara lain:

1. Mengurangi Kerusakan yang Bersifat Oksidatif
Ketumbar merupakan jenis makanan yang bersifat anti-oksidan kuat. Tanaman ini mengandung senyawa katekin, alkana, lanalool, dan apigenin. Seperti namanya senyawa ini adalah anti terhadap proses oksidasi yang seringkali diperankan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi ketumbar secara rutin dan sesuai maka efek antioksidan dari beberapa senyawa yang telah disebutkan di atas akan didapat.

2. Mencegah dan Memerangi Penyakit Kanker
Peran sebagai pencegahan kanker dan mengobati penyakit kanker tidak terlepas dari kemampuan anti-oksidan sebagaimana telah dijelaskan di atas. Dalam penelitian di laboratorium diketahui bahwa ekstrak dari tanaman ini telah menunjukkan bukti adanya penghambatan kerusakan DNA pada sel, pencegahan proses migrasi pada sel-sel kanker, dan mempercepat proses kematian sel-sel kanker.

3. Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus
Terdapat studi yang diterbitkan pada Journal of Food Science yang menemukan bahwasanya ekstrak dari batang dan daun tanaman ketumbar memiliki efek menurunkan jumlah gula darah pada hewan percobaan tikus yang sebelumnya telah diinduksi dengan penyakit diabetes mellitus. Selain itu, ekstrak tanaman ini juga mampu memberikan bantuan pada proses regenerasi sel beta pankreas pada tikus.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah
Telah dilakukan penelitian juga dan menunjukkan hasil bahwasanya ekstrak ketumbar mampu menurunkan kadar total kolesterol, kolesterol jenis LDL, dan nilai trigliserida pada hewan coba tikus yang diberi menu diet tinggi kolesterol. Efek yang sama juga didapatkan pada hewan coba tikus yang diinduksi penyakit diabetes dan memiliki profil lipid yang tinggi. Baca penelitiannya lebih lanjut pada alamat url di bawah ini:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23281145
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22671941

Khasiat Kesehatan Biji Ketumbar Lainnya

Khasiat biji ketumbar untuk kesehatan jantung
gambar biji tanaman ketumbar
5. Mengobati Penyakit Infeksi
Tanaman ketumbar mempunyai manfaat anti-jamur dan anti-mikroba yang cukup kuat. Pada sebuah studi didapatkan bahwa minyak atsiri yang diambil dari tanaman ketumbar memberikan efek anti jamur yang kuat terhadap spesies jamur Candida. Seperti kita ketahui bahwasanya jamur Candida ini mampu menimbulkan penyakit pada manusia.

Diyakini bahwasanya ketumbar mampu menghancurkan dinding sel dari jamur dan agen patogen lainnya. Dengan begitu proses perkembangbiakan akan terganggu atau terhambat. Outcome salah satu penelitian menunjukkan bahwasanya minyak atsiri ketumbar cukup efektif pada bermacam bakteri yang diuji sehingga dapat digunakan sebagai anti-bakteri universal.

6. Untuk Detoksifikasi Logam
Ketumbar memiliki efek perlindungan terhadap bahaya keracunan logam termasuk timbal, timah, dan lain-lain. Tanaman ini bisa melakukan pembersihan logam-logam beracun dari tubuh manusia.

7. Mampu Membantu Daya Ingat
Salah satu penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwasanya keadaan defisit memori pada hewan coba tikus dapat dibalik dengan memasukkan ketumbar dalam menu dietnya selama 45 hari. Saat ini penelitian lebih lanjut sedang dilakukan pada kondisi penyakit Alzheimer.

Selama berlangsungnya penelitian, kita dapat menarik kesimpulan sederhana sementara bahwasanya tanaman ketumbar memiliki potensi dalam memperbaiki fungsi memori pada otak, meskipun banyak variabel lainnya yang dapat memberikan pengaruh.

Nah, itu tadi 7 khasiat dan kegunaan ketumbar untuk kesehatan. Silahkan bagi para pembaca untuk mengaplikasikannya. Selain melezatkan makanan ternyata kita juga mendapatkan manfaat kesehatannya. Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23867781
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23281145
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24517259
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22671941
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24901768
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21862758
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20848667
universityhealthnews

Baca juga informasi kesehatan lainnya:
👉 Makanan Berlemak yang Sehat
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kegunaan Ketumbar Untuk Kesehatan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>