Benarkah Ketumbar Sebagai Obat Penyakit Jantung ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Ketumbar Sebagai Obat Penyakit Jantung ?

Ada pertanyaan dari pembaca tentang tanaman ketumbar yang dianggap bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung. Simak pertanyaan dan penjelasannya di bawah ini.

Pertanyaan
Salam dokter, saya ingin bertanya. Apakah betul biji ketumbar dapat dijadikan sebagai bahan pengobatan pada penyakit jantung?

biji tanaman ketumbar obat penyakit jantung

Jawaban
Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Hal ini kami anggap sebagai parameter yang positif dalam penyampaian informasi, pengetahuan , dan wawasan kepada para pembaca.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa biji ketumbar kerap kali digunakan sebagai bumbu masak. Namun, akhir-akhir ini terkuak informasi melalui berbagai penelitian dan studi bahwasanya biji maupun tanaman ketumbar secara keseluruhan memiliki bermacam-macam khasiat dan kegunaan dalam bidang kesehatan untuk tubuh manusia.

Dari sekian banyak manfaat kesehatannya, termasuk juga di dalamnya untuk kesehatan jantung. Mengapa ketumbar cocok untuk jantung?

Tanaman dan Biji Ketumbar Untuk Obat Penyakit Jantung

Salah satu dari sekian banyak khasiat ketumbar adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar lemak dan kolesterol di dalam darah. Tumbuhan ketumbar mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang mengalir di dalam darah. Oleh karena hal ini, tanaman ini dapat dikatakan bersifat anti-lipid atau anti-lemak.

Kadar lemak dan kolesterol LDL (atau juga dikenal sebagai kolesterol jahat) yang normal atau rendah tentunya akan mengurangi risiko pembentukan plak (proses aterosklerosis). Bilamana plak-plak tidak terbentuk maka sudah barang tentu risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung akan semakin kecil. Darah akan tetap lancar mengaliri pembuluh darah jantung sehingga jantung tetap sehat.

Apa itu kolesterol jahat dan baik? Simak di bawah ini.

Lantas bagaimana dengan penyakit jantung yang sudah terjadi? Penggunaan ketumbar tentunya akan membantu proses penyembuhan penyakit jantung. Pengobatan utama tetap menggunakan obat-obat dari dokter karena obat-obatan tersebut berfungsi untuk menghancurkan plak-plak yang sudah terbentuk. Risiko serangan jantung pun akan menurun dengan manajemen pengobatan yang baik.

Dalam banyak penelitian yang lebih lanjut juga dikatakan ketumbar dapat mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus. Kadar glukosa dan penyakit diabetes juga berhubungan dengan proses pembentukan plak di pembuluh darah jantung. Semakin tinggi glukosa seseorang atau semakin parah dan tidak terkontrolnya penyakit DM seseorang maka semakin tinggi pula risiko terjadinya pembentukan plak. Oleh karena gula juga dapat memberikan iritasi dan kerusakan pada endotel pembuluh darah (tunika) bagian dalam. Tempat terajadinya kerusakan dapat menjadi sumber terbentuknya plak aterosklerosis.

Studi lain juga menunjukkan hasil bahwa tumbuhan ketumbar mampu mengontrol nilai tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol akan mengurangi risiko terjadinya kekakuan dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang elastis akan mengurangi risiko terjadi plak aterosklerosis.

Nah, itu tadi pembahasan singkat seputar khasiat biji ketumbar untuk penyakit jantung. Untuk informasi lengkap tentang apa saja kegunaan ketumbar di bidang kesehatan silahkan baca pada tautan di bawah ini.

Efek Samping Ketumbar Dalam Pengobatan Penyakit Jantung

Setelah kita tahu manfaat dan kegunaannya untuk kesehatan organ jantung sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, kita harus pahami bahwasanya sebagian orang bisa saja menimbulkan reaksi alergi atau efek samping bila dikonsumsi terlalu berlebihan. Penting untuk diingat bahwa alergi dan efek samping ini tidak untuk semua orang.

Beberapa contoh reaksi alergi dan/ atau efek samping yang dapat ditimbulkan antara lain:
  • Reaksi alergi pada kulit yang dapat menampilkan kulit kemerahan yang disertai gatal; kulit muka bengkak dan sembab.
  • Reaksi alergi pada organ pernafasan yang dapat berupa bersin-bersin, batuk, hingga sesak nafas.
  • Reaksi pada organ pencernaan yang dapat berupa mual, muntah, atau mencret berlebihan.
  • Pusing dan sakit kepala
  • Dan sebagainya.


Bila Anda mengalami hal-hal seperti diatas setelah memakan ketumbar (mungkin saja berlebihan) maka segera konsultasi dengan dokter terdekat. Nah, itu jawaban dari kami, semoga bisa menjawab pertanyaan penanya dan mencerahkan pengetahuan pembaca. Semoga bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Benarkah Ketumbar Sebagai Obat Penyakit Jantung ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>