Khasiat dan Manfaat Ketumbar Untuk Ginjal - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat dan Manfaat Ketumbar Untuk Ginjal

Kegunaan biji ketumbar untuk ginjal - Ginjal merupakan salah satu organ yang bersifat vital bagi tubuh manusia. Organ yang berbentuk kacang ini berfungsi untuk menyaring darah, mengontrol kadar cairan tubuh, dan membuang racun serta sisa-sisa metabolisme keluar tubuh melalui proses berkemih. Ginjal yang terganggu fungsinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

khasiat air ketumbar untuk ginjal
gambar ilustrasi penyakit polikistik ginjal

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul sehingga menyebabkan gangguan fungsi organ ginjal lebih lanjut, antara lain:
  • Penyakit batu ginjal.
  • Penyakit polikistik ginjal.
  • Penyakit ginjal sekunder akibat diabetes mellitus yang tidak terkontrol.
  • Penyakit glomerulonefritis (infeksi pada organ penyaringan ginjal).
  • Infeksi pada ginjal.
  • Penyakit kanker ginjal.


Kerusakan organ ginjal yang berlanjut dikenal dengan nama penyakit ginjal kronis. Hal ini dapat mengarah pada keadaan gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Fungsi yang terganggu akan mengakibatkan peningkatan cairan dan bahan sisa pembuangan yang dapat berefek pada perubahan komposisi warna dan urin, retensi cairan (tertahannya cairan di dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala bengkak pada tungkai), menurunnya nafsu makan, perasaaan lelah dan letih, timbul gatal-gatal, keram pada otot, dan warna kulit berubah menjadi lebih gelap.

Berkenaan dengan hal di atas, menjaga kesehatan organ ginjal amatlah penting. Banyak cara yang dapat dilakukan, termasuk dengan mengonsumsi tanaman herbal ketumbar (Coriander). Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang kegunaan ketumbar untuk kesehatan ginjal.

Beberapa Khasiat Ketumbar Untuk Ginjal

Tanaman herbal coriander juga dikenal dengan nama keju peterseli. Biji ketumbar seringkali digunakan sebagai bahan masakan dan mencegah keracunan makanan. Padahal selain sebagai bumbu masak, tanaman ini (baik biji dan daunnya) dapat dipakai untuk mendapatkan khasiat di bidang kesehatan.
khasiat air rebusan ketumbar untuk ginjal
Berbagai faktor yang menyebabkan penyakit ginjal kronis

Tumbuhan herbal coriander memiliki rasa yang unik. Dalam bidang kesehatan, tanaman ini dapat berperan sebagai anti mikroba, anti epilepsi, anti depresan, anti mutagen, anti inflamasi, dan anti ansietas. Situs ayurvedickidneycare.com menyebutkan beberapa manfaat biji ketumbar untuk ginjal dan organ lainnya, antara lain:
  • Mengobati masalah ginjal termasuk batu ginjal.
  • Mengobati diare karena mampu menyingkirkan bakteri penyebab diare.
  • Memperbaiki fungsi organ hati.
  • Memperbaiki kemampuan pandangan.
  • Mengobati konjungtivitis (penyakit radang mata).
  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Melancarkan fungsi sistem urinari.
  • Membantu mengurangi lemak dan kolesterol.
  • Membantu dalam pengontrolan kadar gula darah.
  • Mengobati infeksi mulut.


Banyak kegunaan lainnya yang dapat Anda lihat pada tautan di bawah ini:

Bagaimana Manfaat Air Ketumbar Untuk Ginjal Didapat

Ketumbar mengandung senyawa antioksidan dan fitonutrisi. Senyawa ini sangat berperan dalam mengeliminasi merkuri dan zat-zat radikal bebas lainnya yang dapat memberikan kerusakan pada organ ginjal. Selain itu, tumbuhan herbal coriander juga mengandung senyawa anti mikroba dan anti inflamasi.

Tumbuhan ini juga kaya akan vitamin. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, B (riboflavin, niasin, asam folat), vitamin C, K, dan beta-karoten. Komposisi ini sangat baik dan efektif dalam meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin maka akan membantu mencegah penyakit dan men-detoksifikasi ginjal.

Manfaat Ketumbar Untuk Batu Ginjal

Tumbuhan coriander mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. Penelitian yang dilakukan pada hewan coba tikus menunjukkan bahwa tanaman ini ini mengakibatkan adanya peningkatan jumlah urin, penurunan eksresi kalsium di urin, dan peningkatan keasaman urin. (Studi nya dapat Anda baca di sini: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5698599/).

Dengan kata lain, manfaat air rebusan ketumbar untuk ginjal dapat berperan sebagai diuretik yang alami yang mampu melancarkan sistem urinarius, mencegah terbentuknya endapan mineral (batu ginjal), dan membantu dalam pengobatan medis batu ginjal dengan obat-obatan.

Kegunaan dan Manfaat Ketumbar Untuk Gagal Ginjal

Sebenarnya hampir sama dengan penjelasan di atas bahwasanya peran tanaman herbal ketumbar ini adalah sebagai diuretik (dalam bahasa luar dikenal dengan water pill). Obat kimia yang bertindak sebagai water pill umumnya harus digunakan dengan dosis yang tepat dan sesuai agar justru tidak mengakibatkan kerusakan pada glomerulus dan tubulus ginjal.

Bilamana menggunakan ketumbar sebagai water pill tidak harus khawatir akan hal ini karena tanaman ini hanya bersifat suplementasi dalam pengobatan penyakit gagal ginjal. Suplementasi maksudnya di sini adalah sebagai terapi tambahan yang membantu proses pengobatan. Hal ini dikarenakan jumlah dan kadar ketumbar yang relatif kecil.

Nah itu tadi penjelasan dan ulasan tentang kegunaan dan manfaat ketumbar bagi ginjal. Pada artikel berikutnya akan kita bahas bagaimana cara mengolah tanaman ini agar mendapatkan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel sejenis lainnya:

Sumber tulisan
ayurvedickidneycare.com
ayurvedacollege.com
healthline.com
ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5698599/
webmd.com
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Ketumbar Untuk Ginjal"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>