Definisi dan Pengertian Pada Penyakit Tuberkulosis Paru (TB) - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi dan Pengertian Pada Penyakit Tuberkulosis Paru (TB)

Artikel ini sengaja kami susun untuk memudahkan para pembaca dalam memahami definisi dan pengertian istilah-istilah yang berkaitan dengan penyakit tuberkulosis paru. Artikel ini akan berusaha selalu diperbaharui bila ditemukan istilah-istilah baru tentang penyakit ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Bila Anda ingin membaca tentang penyakit ini secara detail dan lengkap, silahkan baca pada tautan di bawah ini:
👉 Tuberkulosis paru

tuberkulosis tb paru adalah

Istilah Pada Penyakit Tuberkulosis Paru (TB)

Definisi Tuberkulosis Paru
Tuberkulosis paru adalah suatu penyakit infeksi yang menular yang disebabkan oleh kuman/ bakteri Mycobacterium tuberculosis complex yang menyerang organ paru-paru. Selain paru-paru, organ lain pun dapat diserang. TB paru adalah singkatan dari tuberkulosis paru.

Pengertian TB Paru Relaps
TB paru relaps adalah kasus TB dimana sebelumnya pasien telah mendapatkan pengobatan yang lengkap dan dinyatakan sembuh, akan tetapi saat kembali berobat memperoleh hasil pemeriksaan random berupa BTA positif atau biakan positif.

Bilamana dalam pemeriksaan random diperoleh hasil BTA negatif ataupun biakannya negatif, namun ditemukan adanya lesi aktif atau perburukan pada gambaran radiologis yang disertai dengan munculnya gejala klinis, maka dapat diperkirakan kemungkinan:
lesi non-tuberkulosis (misalnya penumonia, infeksi jamur, bronkiektasis, atau penyakit keganasan).
TB paru relaps yang ditegakkan diagnosisnya oleh dokter spesialis yang ahli dalam penyakit tuberkulosis.

Definisi Tuberkulosis Paru On Treatment
TB paru on treatment adalah kasus TB paru yang sedang dalam proses pengobatan, baik itu pengobatan kategori I, II, III, atau IV. Pada keadaan ini harus dievaluasi keadaan pasien, status penyakit, kepatuhan minum obat, efek samping obat, dan keadaan medis lain yang terkait.

Pengertian TB Paru Dekstra dan Sinistra
TB paru dextra adalah penyakit TB dengan lesi penyakit ada pada bagian kanan paru-paru sedangkan TB paru sinistra adalah lesi penyakit berada di bagian kiri paru-paru. Biasanya lesi yang paling umum letaknya adalah di bagian apeks paru.

Definisi Drop Out
TB paru drop out adalah kasus dimana pasien yang telah mendapatkan pengobatan lebih dari 1 bulan kemudian tidak mengambil obat kembali selama 2 bulan atau lebih secara berturut-turut padahal tahapan pengobatannya belum lagi selesai. Kasus ini juga disebut sebagai defaulted.

Pengertian TB Paru Far Advance
TB paru far advance adalah suatu kondisi penyakit tuberkulosis yang dilihat dari gambaran pemeriksaan foro rontgen. Gambaran far advance ini memperlihatkan kerusakan yang telah bersifat lanjut. Gambaran bukan hanya berupa infiltrat (bercak-bercak infeksi), akan tetapi juga telah ada kavitas dengan ukuran diameter yang cukup luas.

Kavitas adalah gambaran foto sinar X yang berupa lubang atau rongga berbatas akibat adanya kematian atau kerusakan jaringa paru. Keadaan ini menunjukkan bahwasanya penyakit TB telah berlangsung lama tanpa diberikan tatalaksana yang baik dan tepat.

Definisi TB Paru Sekunder
TB paru sekunder adalah nama lain dari TB paru paska primer. Tidak jarang juga dikenal dengan uberkulosis bentuk dewasa, localized tuberculosis, tuberkulosis menahun, dan lain-lain. Keadaan ini timbul setelah bertahun-tahun terjadinya tuberkulosis primer yang umumnya pada usia 15 sampai 40 tahun.

Kondisi ini dimulai dengan adanya sarang dini yang biasanya terletak pada segmen apikal di lobus atas dan bawah. Sarang ini pada akhirnya akan diserap kembali (sembuh) tanpa meninggalkan cacat atau sarang meluas dan  sembuh dengan meninggalkan jaringan fibrosis yang berujung pada pembentukan kavitas. Kavitas ini juga pada akhirnya akan membentuk tuberkuloma atau kavitas bentuk lain, misalnya seperti bintang (stellate shaped).

Pengertian TB Ekstra Paru
Tuberkulosis ekstra paru adalah penyakit tuberkulosis yang mengenai organ tubuh manusia selain paru-paru, antara lain selaput otak, tulang, ginjal, kelenjar getah bening, atau saluran buang air kecil, dan lain sebagainya.

Definisi TB paru aktif
Tuberkulosis paru aktif adalah salah satu jenis TB dalam klasifikasi berdasarkan aktivitas radiologis. Ini juga disebut dengan Koch Pulmonum. Dua bentuk lainnya dalam klasifikasi ini adalah bentuk non aktif dan quiescent.

Gambaran radiologis yang menguatkan kecurigaan adanya lesi yang aktif adalah:

  • Tampak bayangan berawan atau nodular di bagian segmen apikal dan juga posterior lobus atas serta bagian segmen superior di lobus bawah paru.
  • Tampak kavitas (khususnya berjumlah lebih dari satu yang dikelilingi bayangan opak yang berawan atau noduler.
  • Tampak bayangan berupa bercak milier
  • Adanya gambaran efusi pleura baik unilateral maupun bilateral.
Sumber:
pdpi
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Definisi dan Pengertian Pada Penyakit Tuberkulosis Paru (TB)"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>