Definisi TBC Tulang Secara Umum - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi TBC Tulang Secara Umum

Definisi penyakit TBC tulang apa ?- TBC identik dengan infeksi pada paru-paru. Ini yang dipahami oleh orang awam. Pada umumnya memang TBC menyerang organ paru-paru. Namun, faktanya penyakit ini juga dapat menyerang organ selain paru-paru.

Informasi pengertian dan definisi sakit infeksi TBC tulang belakang
Gambar hasil pemindaian TBC tulang belakang dengan menggunakan MRI

Kapan penyakit ini menjangkiti organ selain paru? Itu terjadi bila penanganan yang tidak tepat atau kondisi individu yang memiliki faktor risiko maka infeksi TBC tulang yang juga disebabkan oleh bakteri M.tuberculosis dapat berkembang biak dan menyebar ke dalam aliran darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Selain itu, TBC tulang ini juga bisa terjadi sebagai akibat dari kasus resistensi obat dalam tahapan terapi TBC. Kuman yang resisten dapat menyebar ke organ tubuh yang lain.

Definisi TBC Tulang

Penyakit TBC yang mengenai selain organ paru dinamakan tuberkulosis ekstra paru. Banyak organ lain yang dapat ditulari oleh bakteri ini, termasuk tulang, kelenjar, selaput otak, dan lain-lain. Jadi, TBC tulang adalah TBC yang mengenai organ tulang. Perlu pemahaman tentang penyakit ini agar dapat mengenali gejala dan cara menghindarinya.

Dalam 20 tahun ini, kasus TBC tulang ini semakin bertambah khususnya di negara-negara yang sedang berkembang. Ini berkaitan erat dengan problem kurang gizi atau malnutrisi. Selain itu, penyakit ini meningkat tinggi pada pasien yang didiagnosis HIV atau AIDS. Peningkatan insidensi penyakit HIV/ AIDS juga meningkatkan angka kejadian TB tulang.

Kemunculan oat-obat anti tuberkulosis serta usaha peningkatan kesehatan masyarakat terbukti mampu menekan angka kejadian penyakit ini. Manajemen penatalaksanaan penyakit ini cukup penting karena penyakit dapat menimbulkan morbiditas yang berdampak ke depan bagi pasien. Komplikasi pada tulang dan saraf perlu dihindari untuk tetap mendapatkan kualitas hidup yang baik.

Informasi Infeksi TBC Tulang

TBC tulang yang paling umum adalah infeksi TBC tulang belakang. Dari seluruh kasus, setengah TBC tulang adalah kasus TB tulang belakang. Tulang lain yang dapat terjangkiti antara lain: persendian di area pinggul, lutut, dan pergelangan kaki; daerah tulang bahu dan siku. Tulang lain dapat terjangkiti dengan perkiraaan kemungkinan yang lebih kecil dari area tubuh yang telah disebutkan sebelumnya.

Penyakit ini disebut juga dengan penyakit Pott atau juga dikenal dengan spondilitis TB. Ini merupakan penyakit tertua yang pernah menjadi demonstrasi manusia karena sudah ada dokumentasi tentang hal ini dari zaman besi (Iron Age) di Eropa dan zaman mumi kuno (ancient mummies) di Mesir. Kenapa dinamakan Pott? Oleh karena nama tersebut diambil dari Percivall Pott yang membuat sajian deskripsi klasik TBC tulang belakang pada tahun 1779.

Diantara sekian banyak ruas tulang belakang, umumnya tulang belakang yang terinfeksi adalah bagian vertebra torakal bawah (tulang belakang sejajar dada bawah) dan vertebra lumbal atas (sejajar pinggang atas). Secara radiologis kerusakan tulang yang terjadi dapat Anda lihat pada gambar hasil pemindaian dengan menggunakan MRI di atas.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang sakit TBC tulang yang belum memahami pengetahuan penyakit ini sama sekali. Simak informasi TBC tulang lainnya di label blog ini.

Baca juga artikel terkait:
👍 Tuberkulosis paru
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Definisi TBC Tulang Secara Umum"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>