Penyebab TBC Tulang Dan Faktor Risikonya - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab TBC Tulang Dan Faktor Risikonya

Penyebab TBC tulang serta faktor risiko nya - Artikel ini akan membahas tentang apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit TBC tulang ini serta apa saja faktor risiko yang mempengaruhinya. TBC tulang penyebabnya apa saja? Yuk simak bahasannya.

Penyebabnya penyakit tbc tulang disebabkan oleh apa

Penyebab Penyakit TBC Tulang

TBC adalah singkatan tuberkulosis dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Mycobacterium tuberculosis. Pada umumnya bakteri ini menyerang organ paru-paru dengan penularan melalui dahak atau air liur para penderita penyakit ini saat mereka sedang batuk atau bersin.

Semakin sering seseorang berkontak dengan para penderita TB paru maka semkin tinggi pula risiko terjangkit penyakit ini. Lantas apakah penyakit TBC tulang disebabkan oleh bakteri ini? Jawabannya ya. Namun, bagaimana caranya? Yuk lanjutkan membaca.

Penyakit TBC tulang disebabkan oleh penyebaran kuman M.tuberculosis dari paru-paru. Pengobatan penyakit yang tidak adekuat atau resistensi kuman membuat penyebaran ini terjadi. Kuman yang berasal dari paru-paru akan memasuki aliran darah dan melewati banyak organ. Dari sekian banyak organ, tulang adalah salah saatunya.

Setengah dari seluruh kasus TBC tulang mengenai tulang belakang. Bakteri menginfeksi tulang dan keping sendi diantara tulang belakang. Infeksi ini mengakibatkan kematian sel sendi dan tulang belakang sehingga berujung kepada kerusakan. Gejala akan muncul saat proses infeksi berlangsung atau setelah kerusakan terjadi.

Faktor Risiko Penyakit TBC Tulang

Ada beberapa faktor yang membuat penyakit ini diderita oleh seorang individu. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Tingkat sosial ekonomi yang rendah sehingga turut mengurangi tingkat kualitas hidup.
  • Hidup di lingkungan dimana kasus penyakit TB nya tinggi apalagi lingkungannya kumuh dan padat.
  • Mereka yang mengalami keadaan kurang nutrisi.
  • Orang yang dikategorikan lanjut usia.
  • Individu yang telah terinfeksi penyakit HIV sehingga daya tahan tubuhnya menurun.
  • Penyakit lainnya yang menurunkan daya tahan tubuh, seperti penderita kanker, penyakit ginjal kronis, dan diabetes mellitus.
  • Individu yang kecanduan minuman beralkohol dan pemakai obat-obat yang terlarang.


TBC pada tulang belakang sering juga disebut dengan penyakit Pott. Pada umumnya sumber infeksinya berasal dari ekstraspinal (tuberkulosis paru). Manifestasi penyakitnya berupa gabungan antara radang sendi dan radang tulang rawan dari tulang belakang. Aspek anterior dari tubuh vertebral yang dekat dengan lempeng subkondral umumnya dipengaruhi. Kuman tuberkulosis bisa menyebar dari area tersebut ke disk intervertebralis yang berdekatan.

Progresifnya kerusakan akan mengakibatkan keadaan tulang belakang menjadi kolaps. Pada akhirnya tubuh akan terlihat membungkuk (bahasa medisnya kifosis). Kerusakan pada tulang belakang toraks akan lebih memungkinkan timbulnya kifosis ini dibandingkan dengan tulang belakang lumbar.

Selain itu, abses yang terbentuk (abses dingin dapat terbentuk bilamana ada infeksi yang meluas ke ligamen dan jaringan lunak), adanya jaringan granulasi, ataupun invasi dural yang sifatnya langsung akan mengakibatkan tekanan pada medula spinalis dan juga menyebabkan timbulnya defisit neurologis.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Penyebab TBC Tulang Dan Faktor Risikonya"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>