Apakah Kejang Demam Bisa Berulang ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kejang Demam Bisa Berulang ?

Seringkali ibu yang memiliki bayi yang telah mengalami kejang demam bertanya kepada dokter bahwa apakah kejang demam bisa berulang kembali? Nah mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Apakah Kejang Demam Bisa Berulang
gabar ilustrasi demam

Biasanya ibu atau orang tua akan panik bila melihat buah hatinya mengalami kejang. Kepanikan justru tidak menyelesaikan masalah. Membawa anak secepatnya ke fasilitas kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setelah mendapatkan pertolongan untuk meredakan kejang tentunya orang tua masih juga merasakan was-was tentang kondisi ke depannya. Apakah kejang demam bisa berulang pada sang anak?

Kemungkinan Kejang Demam Dapat Berulang

Umumnya dokter yang merawat pasien anak yang mengalami kejang demam akan memberikan edukasi dan terapi pencegahan kejang. Namun, pada sebagian kasus kejang demam dapat saja muncul kembali.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan kambuhnya kejang demam, antara lain:
1. Riwayat kejang demam dalam silsilah keluarga
Risiko kekambuhan kejang akan naik hingga 2-3 kali lipat bilamana pasien memiliki saudara kandung yang juga mengalami penyakit kejang demam.
Risiko kekambuhan kejang akan naik hingga 5% bila saja ada riwayat orang tua menderita kejang demam.

2. Umur kurang dari 12 bulan
Semakin muda pasien menderita kejang demam maka angka kemungkinan kambuh juga semakin meningkat. Risiko kekambuhan kejang demam akan tinggi bila saja pasien mendapatkan kejang demam pertamanya pada usia kurang dari 12 bulan.

3. Temperatur atau suhu badan rendah saat serangan kejang
Semakin rendah suhu badan saat serangan kejang muncul (suhu ambang batas kejang) maka akan semakin meningkat risiko terjadinya serangan kejang berulang.

4. Interval waktu munculnya demam dan serangan kejang
Semakin dekat jarak antara kemunculan demam dengan serangan kejang maka semakin tinggi risiko terjadinya serangan kejang demam berulang.

Nah, itu tadi keempat faktor yang berhubungan dengan risiko berulangnya kejang demam. Bila keempat faktor di atas terpenuhi maka akan meningkatkan risiko kambuhnya kejang demam sebanyak 80%. Bilamana tidak ada satu pun faktor di atas maka risiko kekambuhan kejang sebesar 10 hingga 15%.

Namun, empat hal ini hendaknya tidak menambah kecemasan pada orang tua. Penting untuk dipahami bahwa penyakit kejang demam ini memiliki prognosis yang baik. Tidak pernah dilaporkan adanya kematian akibat kejang demam. Kejadian defisit neurologis, gangguan intelektual dan fungsi otak setelah kejang juga tidak dilaporkan.

Demikian pembahasan tentang kejadian berulangnya penyakit kejang demam ini. Semoga artikel ini bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Apakah Kejang Demam Bisa Berulang ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>