Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan Milestone bayi usia 1 bulan - Kedokteran dan Kesehatan. Tahapan dan proses pertumbuhan dan perkembangan bayi harus dipahami oleh orang tua. Mereka yang merawat bayi berumur dibawah 1 bulan harus memahami apa saja perkembangan bayi usia 1 bulan dan ciri ciri perkembangan bayi usia 1 bulan. Hal ini dikarenakan orangtua dapat memantau apakan buah hatinya tumbuh dan berkembang sesuai dengan alur normalnya seperti kebanyakan bayi lainnya.

gambar perkembangan bayi usia 1 bulan
gambar stimulasi perkembangan bayi umur 1 bulan

Bayi umur 1 bulan juga harus diperhatikan proses perkembangannya. Artikel ini kami susun semoga dapat menjadi patokan ibu untuk memantau tahap perkembangan bayi usia 1 bulan nya.

Periode tercepat dalam tumbuh kembang manusia ialah pada masa satu tahun pertamanya. Ini menjadi titik tolak agar ibu memantau dan memfasilitasi proses tersebut dalam satu tahun pertama, termasuk masa-masa usia 1 bulan.

Perkembangan anak bayi usia 1 bulan ini akan membahas seputar hal tentang perkembangan fisik, sensoris, kognitif, emosional dan sosial, serta kemampuan bicara dan bahasa dari bayi sehat umur 1 bulan. Namun, kami juga akan menyingung bagaimana perkembangan bayi prematur yang berusia 1 bulan ini juga.

Perkembangan Fisik Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi usia 0-1 bulan. Sewaktu baru lahir bayi mempunyai berbagai kemampuan menakjubkan meskipun harus mengarungi kerasnya awal kehidupan. Bayi yang secara normal dengan kondisi yang baik maka akan memiliki kemampuan untuk bernafas (menangis spontan), membuat kepalan tangan, membuat genggaman jari, dan mencium serta membedakan bau sang ibu dengan bau orang lain.

Pada umur 1 bulan ini bayi hanya mempunyai kemampuan mengendalikan sedikit porsinya, lebih banyak mengandalkan gerak refleks. Beberapa diantaranya seperti refleks mengisap, menguap, bersin, dan juga menangis. Lama kelamaan bayi akan mendapat kontrol ototnya seiring dengan pertembahan umur.

Dalam periode umur ini juga bayi akan memiliki kesadaran akan punya tangan sehingga sering mengisap jempolnya sendiri ketika lapar. Bayi juga sering menggenggam jari ibunya.

Perkembangan Sensori Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan sistem sensoris juga terjadi pada bayi umur 1 bulan. Beberapa aspek yang dinilai yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman. peraba, dan refleks.

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan mata bayi usia 1 bulan juga terjadi. Bayi mampu membuka mata secara spontan setelah ia lahir. Daya pandang bayi saat ini kurang dari 1 meter. Segala hal yang lebih dari jarak itu akan terlihat buram. Dalam praktek inisiasi menyusui dini, sang ibu dianjurkan untuk memandang juga wajah bayi nya. Hal ini dilakukan untuk menguatkan jalinan ibu dan bayi.

Perkembangan Pendengaran Anak Bayi Umur 1 Bulan
Telinga bayi telah mampu mendengar sejak berusia 28 minggu dalam kandungan. Dari dalam rahim ia mampu mendengar suara ibu dan suara lain di luar tubuhnya.

Suara ibu akan menjadi favoritnya terutama jila sedang bicara. Dianjurkan untuk berkata-kata yang baik dengan nada yang baik pula saat usia kehamilan lebih dari 28 minggu sampai proses persalinan. Bagi yang beragama Islam, lantunan Al Quran adalah hal yang sangat dianjurkan.

Buah hati akan bingung bilamana ibu hamil terdengar marah ataupun sedih. Beberapa studi mendapati bahwa bayi baru lahir memberikan reaksi kuat pada suara wanita yang bernada tinggi bila dibandingkan dengan suara berat dari seorang laki-laki.

Perkembangan Penciuman

Hidung bayi bersifat sensitif sehingga mampu membedakan bau ibunya sendiri dengan bau orang lain. Tidak jarang bayi melakukan refleks menangis saat digendong oleh orang lain.

Perkembangan Indera peraba
Setiap sentuhan ibu pada kulit bayi akan memberikan rasa tenang dan nyaman. Sentuhan dan pijatan merupakan cara bonding jalinan bayi dan ibu.

Perkembangan Refleks Anak Bayi Umur 1 Bulan
Bayi umur 1 bulan memiliki beberapa refleks penting dalam ketahanan hidup. Beberapa diantaranya yaitu refleks mencari puting (saat pipi bayi terkena puting payudara ibu), refleks mengisap dan menelan (saat puting masuk ke dalam mulut bayi), serta reflek tersedak agar bayi tidak minum ASI terlalu banyak.

Refleks lainnya seperti batuk sebagai usaha untuk membersihkan saluran pernafasan (membersihkan lendir dari paru-paru). Bayi juga akan memiringkan kepalanya saat diposisikan telungkup. Ini berupa refleks untuk membuatnya tetap bernafas.

Perkembangan Kognitif Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan kognitif di sini termasuk kemampuan bayi dalam melakukan proses mengingat informasi, memecahkan masalah, dan memberikan keputusan.

Pada umur 1 bulan ini bayi akan menyerap dan mengingat semua informasi baru. Bayi akan mengingat wajah dan bau ibunya, mencerna, dan memutuskan wajah dan bau orang-orang yang ada di dekatnya.

Perkembangan kognitif ini dapat dinilai dengan melihat cara melihat dan mendengar bayi. Perhatikan apakah matanya mengikuti gerakan Anda dan memberikan respon terhadap suara keras. Bila tidak ada respon, cobalah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter keluarga Anda.

Perkembangan Emosi dan Sosial Bayi Umur 1 Bulan

Bayi mampu berkomunikasi lewat tangisan. Bayi akan menangis saat lapar, popoknya basah, terlalu capek, kedinginan, dan lain sebagainya. Jangan biarkan bayi menangis terlalu lama karena bila diabaikan terlalu lama akan memberikan dampak bagi tumbuh kembang bayi selanjutnya.

Bayi sedikit banyak akan terpengaruh dengan kondisi emosi orang yang merawatnya. Bayi akan rewel saat orang yang merawatnya marah, begitu juga sebaliknya bayi akan senang saat Anda merasa bahagia. Bayi akan menunjukkan rasa senang dan bahagia saat diajak berbicara dengan suara yang lembut.

Perkembangan Kemampuan Bicara dan Bahasa Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bicara dan bahasa bayi akan berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perembangan sistem pendengarannya. Pada umur 1 bulan ini bayi hanya mampu berbicara lewat tangisan. Bayi juga akan meringis, menggeliat, dan menyeringai sebagi suatu bentuk ekspresi bahasanya.

Perkembangan Bayi Prematur Usia 1 Bulan


Perkembangan bayi prematur usia 1 bulan
gambar bayi prematur dalam perawatan medis
Tadi kita telah membahas perkembangan bayi normal di usia 1 bulan, lantas bagaimana perkembangan bayi prematur umur 1 bulan itu? Nah silahkan baca pembahasannya di link di bawah ini.

Video Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Simak video di bawah ini tentang apa dan bagaimana perkembangan bayi umur 1 bulan.


Nah, itu tadi beberapa penjelasan dan rincian akan perkembangan bayi sehat usia 1 bulan juga bayi prematur. Silahkan dipelajari dan dipahami untuk dapat melihat bagaimana perkembangan bayi Anda sendiri. Bagikan juga artikel ini ke keluarga, teman, dan kerabat Anda agar lebih bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel