Perkembangan Bayi Prematur Usia 1 Bulan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Bayi Prematur Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi prematur usia 1 bulan - Kedokteran dan Kesehatan. Di artikel ini kita akan membahas tentang gangguan perkembangan yang terjadi pada bayi berumur 1 bulan. Untuk mengetahui milestone perkembangan bayi umur 1 bulan yang berjalan normal silahkan baca di tautan di bawah ini

Gangguan Perkembangan Bayi Prematur Usia 1 Bulan

Ada berbagai macam gangguan proses pertumbuhan dan perkembangan yang harus diwaspadi pada bayi prematur umur 1 bulan. Berikut ini rinciannya.

Perkembangan bayi prematur usia 1 bulan
gambar bayi umur 1 bulan

Perkembangan Pendengaran, Penciuman, dan Penglihatan Bayi Prematur
Bayi prematur terumata yang memiliki berat kecil dari 1500 gram akan mengalami gangguan  dalam hal pedengaran, penglihatan, dan penciuman. Risiko kehilangan daya dengar, lihat, dan indera penciuman dapat saja terjadi.

Berkaitan dengan proses perkembangan milestone nya maka bayi akan lebih sulit dalam mengenal sang ibu atau pun orang-orang terdekat yang sering merawatnya. Terlebih lagi proses inisiasi menyusui dini tidak dilakukan mengingat kebanyakan bayi prematur dipisahkan dengan ibunya karena sang bayi membutuhkan bantuan alat-alat medis untuk menyokong kehidupannya di masa-masa awal.

Perkembangan Kemampuan Bahasa Bayi Prematur Umur 1 Bulan
Bayi prematur akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan dunia luar nya setelah keluar dari rahim. Ini diakibatkan oleh kemampuan mengenali ibunya sendiri yang berkurang ditambah lagi kemampuan refleks-refleks nya juga berkurang.

Cara menyampaikan sesuatu lewat tangisan dan rintihan juga akan berkurang. Dalam jangka panjang beberapa akibat yang diterima dapat berupa gangguan dalam memahami kalimat, melakukan ekspresi diri, pengolahan kata, artikulasi, dan sebagainya.

Namun, tidak semua bayi akan mengalami hal seperti itu. Dengan konsultasi kepada ahli dan perawatan yang baik dan disiplin, banyak bayi prematur mengalami kejar tumbuh sehingga dapat tumbuh dan berkembangan seperti layaknya bayi normal lainnya.

Perkembangan Kognitif Bayi Prematur Usia 1 Bulan

Anak umur 1 bulan secara normal mampu menganalisis orang-orang sekitar dan memberikan reaksi terhadapnya. Pengenalan terhadap ibu dan memberikan respon senang merupakan suatu reaksi terhadap orang yang memberikan rasa nyaman kepada bayi.

Nah, pada bayi prematur akan mengalami gangguan. Bila tidak dilakukan tatalaksana maka dapat berakibat jangka panjang berupa gangguan belajar, susah untuk memusatkan perhatian, gangguan kecerdasan visual spasial dan motorik, dan sulit untuk menemukan cara berekspresi.

Perkembangan Emosional Bayi Prematur Umur 1 Bulan

Normalnya bayi umur 1 bulan berkomunikasi lewat tangisan nya. Bayi akan menangis bila popoknya basah, saat sedang lapar, kepanasan, atau kedinginan. Pengabaian terhadap tangisan ini akan menimbulkan gangguan perkembangan ke depannya.

Sementara itu bayi prematur usia 1 bulan kesulitan dalam mengekspresikan emosionalnya. Beberapa dampak jangka panjang bila terjadi gangguan perkembangan kognitif ini adalah sulit beradaptasi, masalah emosional di lingkungan, dan sering serta rentan mengalami stress.

Perkembangan Psikomotorik dan Perilaku
Bayi prematur umur 1 bulan juga rentan mengalami gangguan perkembangan psikomotor dan perilaku. Beberapa akibat jangka panjang yang didapat dari gangguan perkembangan psikomotor ini adalah cendrung berperilaku hiperaktif dan komupulsif, mudah teralihkan, kurang tekun dan terorganisir. Risiko terkena penyakit ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) juga semakin lebih besar.

Nah itu tadi beberapa gangguan dan dampak yang mungkin timbul dalam perkembangan bayi prematur usia 1 bulan. Penting untuk diketahui bahwa gangguan dan dampak ini bisa saja dicegah asalkan sang ibu harus memiliki semangat. Sang ibu lah orang yang paling banyak berkontak dengan bayi. Sang ibu harus disiplin dalam konsultasi dan memberikan stimulasi serta perawatan pada bayinya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Perkembangan Bayi Prematur Usia 1 Bulan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>