Cara Mengukur Tekanan Darah Secara Mandiri - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengukur Tekanan Darah Secara Mandiri

Tips cara mengukur tekanan darah secara mandiri - Kedokteran dan Kesehatan. Evaluasi dan pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah merupakan suatu hal penting dalam usaha untuk menjaga dan mengendalikan tekanan darah. Hal ini sangat cocok dilakukan oleh para penderita hipertensi.

cara memeriksa tekanan darah secara mandiri di rumah
gambar alat periksa tekanan darah

Sudah sangat banyak alat pengukur tekanan darah yang beredar di pasaran. Alat ini juga bersifat otomatis sehingga dapat dengan mudah untuk dipakai dalam keseharian.

Manfaat Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri

Banyak hal yang didapat dari pengukuran tensi darah secara mandiri ini. Apa saja itu? Silahkan simak di bawah ini:
Dapat menegakkan penyakit hipertensi sejak dini
Bila Anda merupakan orang yang mempunyai risiko tinggi terkena penyakit hipertensi maka dengan melakukan pengukuran tensi darah rutin akan mendatangkan manfaat untuk Anda. Bilamana suatu saat Anda terkena penyakit hipertensi ini maka dengan mudah dan cepat diketahui. Diagnosis yang lebih dini akan memudahkan dalam pemberian terapi sehingga mencegah komplikasi yang lanjut.

Pengukuran tensi darah secara mandiri juga memiliki manfaat pada orang yang tidak memiliki risiko terkena penyakit hipertensi. Setidaknya mereka yang melakukan cek rutin akan tahu kapan menderita penyakit pre-hipertensi (tanda awal hipertensi). Tindakan pencegahan akan mencegah terjadinya penyakit hipertensi ini.

Membantu dalam konfirmasi diagnosis
Seringkali pemeriksaan di puskesmas atau klinik tidak dapat dijadikan acuan untuk menggambarkan keadaan tekanan darah pasien sebenarnya. Maksudnya adalah seringkali pasien yang mencari bantuan ke fasilitas kesehatan telah mengalami kecemasan (karena kondisi kesehatannya), gelisah (mungkin karena tidak sabar mengantri), emosi yang tidak stabil, dan beberapa kondisi lainnya. Nah, beberapa hal ini dapat mempengaruhi nilai tekanan darah.

Bilamana dilakukan pengukuran saat kondisi dan keadaan seperti ini tentunya akan mengaburkan nilai diagnosis dan evaluasi pasien. Nilai tensi darah pasien bisa saja masih tetap tinggi walau telah diberi obat padahal hal ini diakibatkan oleh beberapa hal tadi.

Dalam dunia medis ada istilah white coat hypertension. Ini adalah suatu keadaan dimana nilai tensi darah seseorang naik saat dilakukan pengukuran di depan dokter. Maka hasil pemeriksaan oleh dokter bukanlah keadaan pasien yang sebenanrnya. Sama halnya dengan gagalnya pasien untuk dioperasi karena tekanan darah nya tiba-tiba naik saat akan masuk kamar operasi. 

Nah, dengan melakukan pemeriksaan secara berkala di rumah maka akan lebih mengonfirmasi diagnosis. Pasien dianjurkan mencatat setiap pengukuran yang dilakukan untuk dijadikan bahan berkonsultasi dengan dokter.

Evaluasi terapi dan pengobatan
Proses evaluasi akan semakin mudah dengan adanya pemeriksaan tekanan darah berkala secara mandiri di rumah. Data-data hasil pemeriksaan akan menjadi bahan dan alasan dokter untuk melakukan evaluasi obat, apakah mengurangi atau menambah dosis, atau bahkan menghentikan obat dengan menggantinya dengan terapi gaya hidup.

Menjaga Kedisiplinan
Adanya pemeriksaan berkala di rumah akan meningkatkan kedisiplinan pada pasien hipertensi. Dengan adanya acuan nilai maka pasien akan lebih termotivasi untuk disiplin pada terapi dan pengobatannya. Pasien akan lebih menjaga gaya hidup dan lebih disiplin dalam minum obat.

Biaya Kesehatan Berkurang
Kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan akan semakin berkurang Tentunya ini akan mengurangi biaya kesehatan dan mengefektifkan waktu produktif pasien. Pasien akan lebih produktif ketimbang harus menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat dokter. Kunjungan ke fasilitas kesehatan hanya direncanakan dalam kala waktu tertentu (misal 3 bulan sekali) atau pada kondisi-kondisi tertentu (adanya gejala tambahan), dan lain-lain.

Video Cara Mengukur Tekanan Darah Secara Mandiri Di Rumah



Nah, itu tadi manfaat yang didapat dari tips dan cara mengukur tekanan darah secara mandiri di rumah. Hanya bermodal alat tensi otomatis maka Anda mendapatkan lima manfaat di atas. Hal ini sangat dianjurkan terutama Anda yang sudah masuk dalam tahap pre-hipertensi dan bagi Anda yang mempunyai risiko tinggi menderita penyakit hipertensi.

Sumber:

Post a Comment for "Cara Mengukur Tekanan Darah Secara Mandiri"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>