Manfaat Susu Kedelai Untuk Pria Yang Perlu Diketahui - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Susu Kedelai Untuk Pria Yang Perlu Diketahui

Khasiat susu kedelai untuk pria - Blog Kedokteran dan Kesehatan. Apakah susu kedelai aman diminum oleh pria? Apakah ada dampak minum susu kedelai atau mengonsumsi produk olahan kedelai lainnya terhadap laki-laki? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Manfaat Susu Kedelai Untuk Pria

Susu kacang kedelai merupakan alternatif susu sapi pada umumnya. Susu ini mempunyai kandungan senyawa fitoestrogen, yaitu zat kimia yang memiliki peran sebagai layaknya hormon estrogen bagi tubuh manusia. Jadi, apakah dengan meminum susu ini akan menimbulkan keadaan ketidakseimbangan hormon terutama bagi kaum laki-laki?

gambar manfaat susu kedelai untuk pria
gambar susu dan kacang kedelai
sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/12/07/04/30/soy-1888556__340.jpg

Manfaat susu kedelai untuk kesuburan pria

Apakah ada manfaat susu kedelai bagi pria dewasa? Telah menjadi opini dan bahan pembicaraan di kalangan masyarakat Amerika dan Eropa tentang anggapan bahwa konsumsi olahan kedelai yang rutin akan menimbulkan efek feminisasi. Beberapa gejala yang dimungkinkan timbul adalah pembesaran payu dara, perubahan kondisi emosi, dan masalah kesehatan reproduksi seperti disfungsi erek si, fungsi sper ma menurun, dan berkurangnya tingkat libi do.

Namun, banyak juga masyarakat yang berkesimpulan bahwa mengkonsumsi yogurt kedelai, tahu, susu kedelai, dan produk olahan kedelai lainnya tidak menunjukkan munculnya efek samping yang merugikan. Mereka beranggapan bahwa efek feminisasi dari olahan kedelai ini adalah salah.

Anggapan Produk Kedelai Mengurangi Kesuburan Laki-Laki
Tentang anggapan ini, memang sebenarnya ada beberapa penelitian yang menunjukkan kurangnya jumlah sper ma pada pada objek penelitian yang mengonsumsi rutin susu kedelai . Jumlah sper ma yang kurang nantinya akan berefek pada tingkat kesuburan pria. Namun, studi dan penelitian ini tidak menjadikan kedelai sebagai satu-satunya penyebab hal tersebut. Masih banyak faktor dan variabel lain yang mempengaruhinya. Silahkan Anda baca sendiri dalam tulisan di bawah ini:
👌 Tulisan 1
👍 Tulisan 2

Kenali Lebih Dalam Tentang Produk Kedelai
Memang betul bahwasanya kedelai mempunyai kandungan fitoestrogen yang berperan seperti hormon estorgen dalam tubuh manusia. Akan tetapi, efek estrogen yang dimilikinya sangatlah lemah, yaitu antara 50 sampai 20 ribu kali lebih lemah dari hormon estrogen yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Produk olahan kedelai banyak digemari di negara bagian Timur termasuk Indonesia. Negara-negara ini memang menunjukkan angka yang sehat bila dinilai dengan masalah kesehatan yang berkaitan dengan hormon estrogen. Kaum pria kurang rentan menderita penyakit pembesaran prostat dan para perempuan lebih mudah dalam menghadapi gejala pre-menopause dan menopause bila dibandingkan pria dan wanita negara-negara barat. Namun, fakta ini bukan satu-satunya disebabkan oleh konsumsi produk kedelai.

Informasi Menurut Penelitian
Beberapa studi dan penelitian memperlihatkan fakta bahwa kedelai tidak mempunyai efek negatif terhadap pria dari segi gangguan hormon, kesehatan seksual, atau pun feminisasi. Salah satu laporan tahun 2010 membuat kesimpulan bahwa tidak ada efek yang signifikan dari protein kedelai atau asupan isoflavon lainnya pada kadar hormon seksuil pria.

Laporan lainnya menunjukkan bahwa kacang kedelai tidak memberikan pengaruh kepada kadar hormon estrogen ataupun testosteron pada laki-laki, tidak menambah atau mengurangi jumlah sperma, dan membuat risiko disfungsi erek si lebih tinggi.

Kedelai untuk Penyakit Pembesaran Prostat

Apakah ada manfaat susu kacang kedelai untuk pria yang lain? Jika Anda memiliki BPH (benign prostate hyperthropy/ pembesaran prostat) atau berisiko terkena penyakit ini maka Anda disarankan untuk memakan produk olahan kedelai secara rutin. Walaupun kandungan fitosterolnya yang sedikit, akan tetapi sedikit banyak dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel pada prostat. Senyawa fitosterol ini dianggap mampu mengurangi risiko terjadinya pembesaran prostat

Umumnya kejadian penyakit BPH ini dikaitkan dengan faktor genetika. Namun, tidak ada salahnya mencoba karena negara-negara timur yang angka kejadian penyakit pembesaran prostat nya yang kecil sering menjadikan produk olahan kedelai sebagai makanan sehari-hari.

Nah, itu tadi artikel tentang manfaat susu kedelai untuk cowok. Silahkan berkomentar bila ada pertanyaan. Jangan lupa untuk membagikan berita ini kepada keluarga , teman, dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel terkait lainnya

Sumber
https://www.avogel.co.uk/health/mens-health/is-soya-milk-safe-for-men-to-drink/

Post a Comment for "Manfaat Susu Kedelai Untuk Pria Yang Perlu Diketahui"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>