Klasifikasi Plasenta Previa - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Plasenta Previa

Blog Kedokteran dan Kesehatan - Penyakit plasenta previa adalah suatu kondisi dimana plasenta melakukan implantasi pada daerah yang tidak normal tepatnya pada segmen bawah rahim yang kemudian menutupi sebagian atau keseluruhan pembukaan jalur lahir. Keadaan ini dapat menimbulkan pendarahan saat dilatasi leher rahim.

Gambar klasifikasi plasenta previa
Gambar klasifikasi plasenta previa

Penyakit plasenta previa ini adalah salah satu etiologi perdarahan antepartum. Seperti kita ketahui bahwa perdarahan antepartum adalah perdarahan melalui vagi na yang terjadi pada usia kehamilan di atas 28 minggu. Perdarahan antepartum ini ialah kasus kegawatdaruratam yang insidennya 3 sampai 5 persen dari semua persalinan.

Penyebab perdarahan antepartum yang paling sering adalah plasenta previa (31 persen), solusio plasenta (22 persen), dan penyebab lain (misal perdarahan sinus marginal, servisitis, vasa previa, trauma pada daerah genital, dan penyakit infeksi).

Penggolongan dan Klasifikasi Plasenta Previa

Penggolongan dan klasifikasi plasenta previa ini tidak dilandaskan atas kondisi anatomik, akan tetapi berlandas pada keadaan fisiologik. Oleh karena itu, klasifikasinya akan mengalami perubahan sepanjang waktu. Misalnya plasenta previa total di pembukaan 4 cm berkemungkinan akan berubah menjadi plasenta previa di pembukaan 8 cm.

Berikut ini pembagian plasenta previa menurut para ahli, antara lain:

Klasifikasi plasenta previa menurut De Snoo

Klasifikasi ini berlandaskan pada pembukaan 4 sampai 5 cm.
1. Plasenta previa sentralis atau totalis, dimana bilamana pada pembukaan 4 sampai 5 cm plasenta teraba melakukan penutupan seluruh osteum.
2. Plasenta previa lateralis, bilamana pada pembukaan 4 sampai 5 cm plasenta teraba menutupi sebagian pembukaan. Plasenta ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  • Plasenta previa lateralis posterior, dimana penutupan terjadi pada sebagian osteum bagian belakang oleh plasenta
  • Plasenta previa lateralis anterior, dimana penutupan terjadi pada sebagian osteum bagian depan oleh plasenta.
  • Plasenta previa marginalis, bilamana hanya sebagian kecil (hanya pinggiran) osteum yang tertutupi plasenta.


Klasifikasi plasenta previa menurut Bowne

Pembagian plasenta previa menurut bowne terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Tingkat I (Lateral plasenta previa)
Dimana pinggir bawah dari palsenta berinsersi sampai kepada segmen bawah rahim, akan tetapi tidak sampai pada pinggir pembukaan.
2. Tingkat II (Marginal plasenta previa)
Plasenta menjangkau area pinggir pembukaan (osteum).

Jika Anda ingin membaca informasi lengkap tentang penyakit ini silahkan kunjungi
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Klasifikasi Plasenta Previa"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>