Poin Penting Ketosis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Poin Penting Ketosis

Sebelum lebih jauh membahas tentang poin penting ketosis alangkah baiknya kita mengetahui apa itu ketosis. Jadi apa pengertian dari proses ketosis itu?

proses ketosis pada manusia
gambar cek darah perifer

Pengertian Proses Ketosis

Ketosis adalah suatu proses metabolisme dalam tubuh. Proses ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki jumlah glukosa yang cukup diproses menjadi energi. Lemak yang disimpan di dalam tubuh akan dipecah untuk dijadikan energi. Nah, proses inilah yang nantinya menghasilkan penumpukan asam yang disebut benda keton dalam tubuh.

Beberapa orang mendapatkan kondisi ketosis ini dikarenakan mengikuti pola diet yang disebut diet ketogenik atau diet rendah karbohidrat. Tujuan dari diet ini adalah untuk membakar lemak yang berlebihan dan tidak diperlukan dengan memaksa tubuh untuk mengandalkan pembakaran lemak dalam rangka menambah ketersediaan energi bukan dari pembakaran karbohidrat.

👉 Baca juga : karbohidrat dalam menu makanan penderita diabetes mellitus 👈

pengertian dan penyebab ketosis
DM tipe 1 sering menyebabkan ketosis

Proses Ketosis dan DM

Ketosis juga biasa didapati pada pasien dengan penyakit diabetes mellitus. Ini dikarenakan tubuh yang tidak memiliki cukup insulin atau tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar.

Ketosis ini lebih sering terjadi pada pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 dibandingkan dengan pasien diabetes mellitus tipe 2.

Berikut Ini adalah Beberapa Poin Penting tentang Ketosis.

  • Ketosis terjadi ketika tubuh tidak memiliki akses yang cukup untuk sumber bahan bakar utama yaitu glukosa.
  • Ketosis menggambarkan suatu kondisi dimana persediaan lemak tubuh dipecah untuk menghasilkan energi, yang juga sekaligus melepaskan benda keton yaitu sejenis asam.
  • Bila tingkat benda keton meningkat maka kadar keasaman darah juga meningkat. Ini dapat memicu keadaan lainnya yaitu ketoasidosis. Ketoasidosis adalah suatu kondisi serius yang dapat berakibat fatal.
  • Orang dengan diabetes mellitus tipe 1 lebih rentan untuk mengalami ketoasidosis dimana perawatan medis darurat sangat diperlukan untuk menghindari atau mengobati koma diabetes sebagai komplikasinya yang dapat saja terjadi sewaktu-waktu.
  • Beberapa orang mengikuti diet ketogenik (diet rendah konsumsi karbohidrat) untuk menurunkan berat badan dengan memaksa tubuh untuk membakar persediaan lemak.
  • Jumlah benda keton dapat dipantau dengan menguji urine menggunakan strip khusus tersedia dari apotek. Ini dapat dilakukan di rumah.
  • Orang dengan diabetes mellitus disarankan untuk menguji tingkat benda keton setiap 4-6 jam saat sakit (karena hal ini dapat meningkatkan risiko ketoasidosis), dan jika glukosa darah lebih dari 240 mg / dL.
Bagi Anda yang ingin lebih tahu banyak informasi tentang proses ketosis, diet ketosis, hubungan ketosis dan diabetes (ketosis DM), serta ketoasidosis; langsung saja baca artikelnya di tautan di bawah ini:
💗 penjelasan tentang ketosis dan ketoasidosis
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Poin Penting Ketosis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>