4 Mitos Kesehatan Tidak Benar dan Salah Kaprah yang Berkembang di Masyarakat - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Mitos Kesehatan Tidak Benar dan Salah Kaprah yang Berkembang di Masyarakat

Ada banyak mitos kesehatan tidak benar dan salah kaprah yang ada dan berkembang di masyarakat. Banyak sekali! Ini dikarenakan adanya kemungkinan ketidakpahaman masyarakat terhadap hal tersebut. Mitos itu kebanyakan menyangkut hal-hal yang tidak berbahaya, tetapi ada juga yang beberapa yang berbahaya. Berikut ini beberapa mitos kesehatan yang sering berkembang di tengah - tengah masyarakat.
mitos seputar tentang kesehatan yang tidak benar
mitos atau fakta ?

4 Mitos Kesehatan Tidak Benar dan Salah Kaprah di Kehidupan Sehari-hari :

1. Kebutuhan Minum 8 Gelas Sehari

Pasti Anda sering mendengar nasehat lumrah  "minum 8 gelas sehari". nasehat ini bisa dari keluarga Anda, teman, dan bahkan praktisi kesehatan Anda. Ini tidak sepenuhnya salah.

Sebenarnya tidak perlu untuk menghitung berapa gelas Anda minum air dalam satu hari. Penelitian menunjukkan orang yang meneguk segelas air ketika mereka haus cukup untuk mempertahankan kesehatan dan hidrasi cairan tubuh mereka. Makanan kaya air seperti sup, buah, dan sayuran dan minuman seperti jus, teh, kopi keseluruhannya membantu rehidrasi tubuh. Anda mungkin butuh minum lebih jika melakukan aktivitas yang berlebihan atau air seni Anda berwarna kuning kehitaman. Jangan minum terus-terusan. Jika Anda sangat aktif atau tinggal diiklim yang panas, Anda mungkin lebih membutuhkan konsumsi air lebih tinggi dari biasanya.

Ingat! Jika Anda haus minumlah, jangan ditunda-tunda. Jangan paksakan Anda minum sebanyak delapan gelas sehari walaupun Anda tidak haus, aktivitas hanya sedikit, atau tinggal di iklim dingin.

2. Telur tidak baik untuk jantung Anda
mitos salah kaprah dan fakta kesehatan dalam masyarakat
mitos telur
Bagi Anda pencinta aneka olahan makanan dari telur jangan langsung patah semangat mendengar kalimat ini. Oleh karena, bila Anda mencoba menghindari telur tentu akan sangat repot karena sebagian makanan olahan kebanyakan berbahan telur.

Makan satu atau dua telur sehari tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang sehat. Loh? kuning telur kan mengandung kolesterol? Ya, kuning telur mengandung kolesterol, tetapi jumlah yang terkandung di dalamnya tidak sebanyak makanan lain yang mengandung campuran lemak yang malah lebih banyak kita konsumsi. Dan yang perlu Anda ingat lagi, telur punya nutrisi seperti omega 3 yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda ragu, maka iringi makan telur dengan makanan kacang-kacangan yang banyak mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan Anda (itu jika Anda tidak menderita penyakit asam urat). Atau, ikuti setiap "makan telur" dengan berolahraga.

3. Anda memerlukan multivitamin harian
kumpulan artikel mitos budaya tentang kesehatan
Mungkin Anda sering mendengar bahwa multivitamin melengkapi nutrisi yang tidak Anda dapati di menu makanan Anda. Para peneliti tidak semuanya menyetujui hal ini. Namun, jika dokter Anda mengatakan kepada Anda untuk minum vitamin, maka lakukan itu. Contohnya jika Anda hamil, Anda membutuhkan asam folat untuk menurunkan risiko defek janin. Sejatinya, cara terbaik untuk melengkapi nutrisi Anda adalah melalui menu sehat meliputi buah, sayur, nasi, kacang, dan minyak sehat.

4. Sendi yang berdetak sebabkan radang sendi
Suara sendi yang berdetak mungkin membuat kesal orang di sekitar Anda, tapi apakah itu berbahaya bagi Anda? Anda mungkin berpikir tulang atau sendi bergesekan bersamaan untuk menyebabkan bunyi tersebut, tapi tidak seperti itu. Bunyi detakan berasal dari gelembung gas yang terbentuk antara tulang lapisan sendi. Jika Anda menyukai bunyi detakan tersebut, nikmatilah. Penelitian tidak menunjukkan hal tersebut sebagai penyebab atau berperan penting pada radang sendi (artritis). Jika Anda merasa nyeri menetap atau lebih dari biasanya, temui dokter Anda.

Simak informasi seputar kesehatan lainnya di info kesehatan
sumber:
webmd


Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "4 Mitos Kesehatan Tidak Benar dan Salah Kaprah yang Berkembang di Masyarakat"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>