Karbohidrat dalam Menu Makanan Penderita Diabetes Mellitus - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karbohidrat dalam Menu Makanan Penderita Diabetes Mellitus

Makanan untuk penderita diabetes pasti berbeda dengan makanan orang yang normal. Makanan tersebut harus aman dari peningkatan kadar gula yang berlebihan. Biasanya kandungan yang diperhatikan adalah karbohidrat. nah, Bagaimanakah karbohidrat dalam menu makanan penderita diabetes mellitus ? Simak yuk!
pola makan yang harus dihindari penderita diabetes
makanan mengandung karbohidrat

Apakah Itu Karbohidrat?
Zat ini ditemukan pada kebanyakan makanan. Zat ini memberikan tubuh Anda energi atau disimpan untuk persediaan energi nantinya. Tipe karbohidrat yang berbeda mempengaruhi gula darah Anda dengan cara yang berbeda pula.

Bagaimana Karbohidrat Meningkatkan Gula Darah Anda?
Tubuh Anda memecahkan karbohidrat menjadi gula/ glukosa untuk kebutuhan energi. Peningkatan gula darah di tubuh Anda memicu pankreas Anda untuk melepaskan insulin, yang membantu tubuh Anda menggunakan atau menyimpan gula darah tadi.. Ketika Anda adalah penderita diabetes melitus tipe 2, Anda mungkin tidak memiliki cukup insulin atau insulin Anda tidak bekerja dengan baik.

Karbohidrat Sederhana
Tubuh Anda memecahkan karbohidrat jenis ini secara cepat untuk menghasilkan gula sehingga kadar gula darah Anda meningkat tajam. Karbohidrat jenis ini ditemukan pada gula pasir, tambahan gula pada makanan olahan, dan karbohidrat pada buah dan susu.

Karbohidrat Kompleks
Tubuh Anda lebih bekerja keras untuk memecahkan jenis karbohidrat ini. Jenis ini lebih baik untuk tubuh Anda, karena lebih lama untuk dicerna oleh tubuh Anda. Karbohidrat ini memberikan tubuh Anda serat dan energi terus-menerus sampai zatnya habis dicerna. Beberapa contohnya adalah bayam, tanaman lalapan, soba, gandum, beras merah, kacang, dan beberapa buah.

Menghitung Karbohidrat
Anda harus memperhatikan ukuran dan label makanan untuk mengetahui berapa gram jumlah karbohidrat yang ada di makanan Anda. Cari jumlah total karbohidrat pada label makanan. Ini juga termasuk jumlah serat dan gulanya. Tetapi, gula di sini tidak diperinci. Ini juga termasuk gula alami yang ditemukan pada buah dan susu. Makanan yang menempatkan gula dalam daftar pertamanya mungkin memiliki jumlah total gula yang banyak.

menu diet diabetes mellitus tipe 2
stop diabetes dengan menu makanan

Indeks Glikemik
Indeks glikemik membagi peringkat makanan berdasarkan seberapa banyak suatu makanan menaikkan gula darah. Indeks ini menunjukkan Anda karbohidrat mana yang baik dan mana yang kurang baik. Tiap-tiap makanan diindeks dengan nomor. Semakin kecil nomor, semakin kecil pengaruhnya terhadap peningkatan gula darah Anda. Jika Anda ingin makan makanan dengan indeks glikemik tinggi, maka bagi makanan Anda menjadi beberapa kali makan dalam sehari.

Makan Diet Seimbang

Makan diet seimbang membantu menurunkan berat badan dan gula darah Anda. Makan sedikitnya 3-5 hidangan sayuran perhari. Kacang-kacangan, gula bit, atau terung hanya memiliki 5 gram karbohidrat per setengah kap. Meskipun Anda memberikan perhatian terhadap jumlah karbohidrat Anda, Anda juga harus cukup mengkonsumsi protein dan lemak sehat. Jangan tidak makan! dan makan cemilan sehat untuk menjaga gula Anda terkontrol.

Simak Info Diabetes lainnya di blog ini.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Karbohidrat dalam Menu Makanan Penderita Diabetes Mellitus"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>