Faktor dan Penyebab Berat Badan Bayi Naik Sedikit Tiap Bulan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor dan Penyebab Berat Badan Bayi Naik Sedikit Tiap Bulan

Faktor dan penyebab berat badan bayi naik sedikit tiap bulan – Banyak kasus bayi yang mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan. Beberapa hal yang membuat berat badan bayi susah naik akan kami paparkan untuk Anda seperti berikut!

Faktor dan Penyebab Berat Badan Bayi Naik Sedikit Tiap Bulan
gambar ilustrasi timbangan

Pahami Hal Penting Ini Agar Bayi Tercinta Tumbuh Sehat Dengan Berat Badan Normal

Pada dasarnya setiap bayi dilahirkan dengan berat badan serta pertumbuhan yang berbeda. Umumnya bobot bayi akan mengalami kenaikan secara cepat setelah 3 bulan pertama, dan setelahnya akan menurun secara berkala dan tidak secepat sebelumnya. Dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai faktor serta apa penyebab yang membuat berat badan bayi susah naik dan hanya mengalami kenaikan setiap bulannya dalam jumlah yang sedikit.

Beberapa Faktor dan Penyebab Berat Badan Bayi Naik Sedikit Tiap Bulan

Kondisi bayi yang lebih aktif
Tahukah Anda? Biasanya bayi yang memasuki usia 6 bulan ke atas memang akan lebih aktif dibandingkan usia sebelumnya. Pada tahap ini bayi telah belajar duduk dan bahkan mulai merangkak aktif. Aktivitas inilah yang membuat para bayi lebih membutuhkan banyak energi. Pergerakan aktif mereka akan menguras energi yang tidak sedikit sehingga saat asupan makanan bayi tidak tercukupi atau dalam jumlah sedikit, maka tumbuh kembang bayi akan terganggu akibat energi yang diperoleh dari asupan makanan lebih banyak dipergunakan untuk aktivitas. Pada usia ini, bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI yang lebih tinggi kandungan kalorinya.

Bayi yang tumbuh ke atas
Tidak selamanya pertumbuhan bayi ikut mempengeruhi penambahan berat badan sehingga Anda tidak perlu resah tanpa memahami kondisi bayi yang sebenarnya. Anda perlu ingat jika bayi tidak hanya mengalami kenaikan berat badan, melainkan juga mengalami pertumbuhan pada lingkar kepala yang menandakan pertumbuhan otak serta pertumbuhan pada panjang badannya. Ada saatnya bayi akan mengalami pertumbuhan pada penambahan panjang badan sehingga kenaikan berat badan hanya bertambah sedikit saja. Anda perlu mencermati hal ini dengan baik ketika hendak melakukan pengukuran karena kondisi seperti ini masih dianggap aman oleh para dokter.

Makan dalam jumlah yang sedikit
Bisa dikatakan hampir semua bayi akan menolak makanan ini saat telah disediakan. Bahkan tidak sedikit bayi yang tetap tidak ingin MPASI hingga dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal nyatanya bayi harus memperoleh makanan yang banyak seiring  bertambah usia. Akan tetapi, faktanya masih banyak kasus dimana bayi hanya makan dalam jumlah yang sedikit. Hal inilah yang memicu penggunaan makanan padat yang diberikan secara bertahap sebagai pendamping MPASI. Bayi akan mempelajari cara mengunyah dan nutrisinya akan terpenuhi sehingga pada orang tua tidak perlu khawatir, melainkan tetap mencoba secara perlahan sehingga bayi mulai terbiasa dengan MPASI.

Gastroesophageal reflux (GER)
Selanjutnya, faktor dan penyebab berat badan bayi naik sedikit tiap bulan ialah karena adanya GER (Gastroesophageal reflux). GER menjadi salah satu gangguan pada otot yang menghubungkan perut, lambung dan kerongkongan atau lebih dikenal dengan saluran esofagus. Gangguan ini akan membuat bayi lebih sering mengalami muntah-muntah, baik saat makan pure atau bahkan sekedar minum ASI. Secara umum hal ini bisa dialami oleh semua bayi dan akan membaik seiring bertambahnya usia. Akan berbeda ceritanya jika bayi sering mengalami muntah-muntah dan bahkan tidak kunjung membaik. Kondisi ini harus segera Anda konsultasikan dengan dokter agar segera memperoleh penanganan lebih lanjut.

Terdapat diagnosis penyakit lain
Faktor selanjutnya yang kerap menjadi dalang saat bayi susah mengalami kenaikan berat badan ialah adanya diagnosa gangguan kesehatan lain. Beberapa gangguan seperti TBC atau diare menjadi beberapa pemicu utama yang membuat bayi sangat sulit mengalami kenaikan pada berat badan. Nah, bagi Anda yang memiliki bayi dengan masalah kesehatan ini maka satu-satunya cara ialah dengan mengatasi kondisi ini terlebih dahulu yakni dengan menyembuhkan penyakitnya. Setelah penyembuhan, Anda bisa memberikan terapi khusus yang membantu pertumbuhan berat badan. Kenali beberapa faktor dan penyebab berat badan bayi naik sedikit tiap bulan di atas sehingga tumbuh kembang bayi Anda tetap terjaga.

Post a Comment for "Faktor dan Penyebab Berat Badan Bayi Naik Sedikit Tiap Bulan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>