Dosis Acyclovir Anak - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dosis Acyclovir Anak

Sebelum kita membahas berapa dosis acyclovir untuk anak sebaiknya kita mengenal secara singkat tentang obat ini termasuk indikasinya. Acyclovir ialah salah satu obat jenis antivirus. Obat ini dimanfaatkan khususnya untuk pengobatan infeksi oleh karena virus herpes simpleks, cacar air, dan herpes zoster. Penggunaan yang lain dengan tujuan untuk pencegahan infeksi oleh sitomegalovirus setelah transplantasi dan infeksi oleh karena virus Epstein-Barr. Asiklovir tersedia dalam bentuk tablet, injeksi intravena, dan krim.

dosis acyclovir anak
contoh sedian sirup acyclovir anak

Review Singkat Dosis Acyclovir Untuk Anak

Nama generik :
Acyclovir atau Asiklovir

Nama merk dagang atau nama paten :
Acifar, Clinovir, Clopes,Danovir, Herpiclof, Herax, Lovires, Licovir, Molavir, Poviral, Palovir, Scanovir, Temiral, Vircovir, Viralis, Vireth, Virules, Zovirax, Zoter, Zyclorax.

Kelas:
Antivirus, anti HSV, Anti VZV

Sediaan Obat Acyclovir Anak

Obat ini tersedia dalam beberapa bentuk dan sediaan untuk anak, yaitu:

  1. Sediaan acyclovir tablet anak (acyclovir tab) : Tiap tabletnya mengandung 200 mg atau 400 mg asiklovir.
  2. Sediaan acyclovir sirup anak (acyclovir syr) : Tiap 5 mL sirup mengandung 200 mg asiklovir.
  3. Sedian acyclovir salep anak (acyclovir salf) : Terdiri sari salep mata (salep asiklovir 3%) dan salep kulit (asiklovir 5%).


Keseluruhan sediaan ini dapat dipergunakan oleh anak-anak.

Indikasi dan Besar Dosis Acyclovir Pada Anak

Besaran dosis acyclovir untuk anak ini bergantung pada beberapa hal. Indikasi dan cara penggunaan obat acyclovir ini dipengaruhi oleh jenis infeksi dan keadaan pasien (baik dari segi status kesehatan dan status gizinya). Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini dengan seksama. Penjelasan indikasi dan dosis obat acyclovir untuk anak ini kami rangkum dari situs Badan POM dan IDAI.

Dosis Acyclovir Untuk Anak Pada Penyakit Herpes Simplex

Pemberian Oral Pada Orang Dewasa (Sebagai Acuan untuk Dosis Anak)
  • Pengobatan herpes simpleks diberikan 200 mg 5 kali sehari (400 mg jika pada pasien immunocompromised atau bila ada gangguan absorpsi), selama 5 hari (bisa digunakan lebih lama bilamana masih muncul lesi baru selama waktu pengobatan atau bilamana penyembuhan belum sempurna).
  • Pencegahan penyakit herpes simpleks relaps/ kambuh, diberikan sebanyak 200 mg 4 kali dalam sehari atau 400 mg 2 kali dalam sehari. Ini bisa diturunkan menjadi 200 mg 2 atau 3 kali dalam sehari dan interupsi setiap 6 sampai 12 bulan.
  • Sebagai terapi profilaksi pada pasien dengan immunocompromised diberikan sebanyak 200-400 mg 4 kali dalam sehari.
Pemberian Oral Pada Anak-Anak
  • Dosis pada anak di bawah usia 2 tahun yaitu setengah dosis dewasa di atas.
  • Dosis pada anak di atas umur 2 tahun yaitu sebanyak dosis dewasa di atas.
Pemberian Infus Intravena
  • Pada kasus neonatal herpes simplex berat dan herpes simpleks pada immunocompromised diberikan dosis awal 5 mg per kgbb melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) setiap 8 jam. Pemberian dilakukan biasanya untuk 5 hari.
  • Dosis dapat dinaikkan menjadi 10 mg per kgbb melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) setiap 8 jam pada kasus ensefalitis simpleks (umumnya diberikan selama 10 hari, namun bisa saja diberikan selama 14–21 hari)  Profilaksis herpes simplex pada immunocompromised 5mg per kgbb tiap 8 jam.
  • Bayi berusia sampai 3 bulan dengan herpes simplex yang telah menyebar, diberi dosis sebesar 20 mg per kgbb melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) setiap 8 jam selama 14 hari (diberi selama 21 hari bilamana telah menyebar ke sistem saraf pusat).
  • Anak usia 3 bulan hingga 12 tahun dengan herpes simpleks diberi dosis sebanyak 250 mg/ m2 setiap 8 jam biasanya 5 hari. Dosis dinaikkan menjadi 500 mg/ m2 untuk penyakit ensefalitis simpleks (biasanya diberikan 10 hari, namun dimungkinkan juga untuk diberikan selama 14–21 hari).
Pemberian Pada Anak yang Obesitas
Demi menghindari dosis yang berlebihan pada anak dengan obesitas maka dosis untuk pemberian melalui parenteral dihitung berlandaskan berat badan ideal.

Dosis Acyclovir Anak Untuk Penyakit Varicella Zoster (Cacar Air)

Pengobatan Oral Pada Orang Dewasa
  • Pengobatan penyakit cacar ini diberikan dosis sebanyak 800 mg 5 kali sehari selama 7 hari.
Pengobatan Oral Pada Anak
Pada anak-anak dengan penyakit cacar air ini, diberikan dosis sebanyak 20 mg per kgbb (maks. 800 mg) 4 kali sehari selama 5 hari. Pemberian dosis dapat juga dilakukan berdasarkan usia sebagai berikut:
  • Untuk anak usia di bawah 2 tahun diberikan sebesar 200 mg 4 kali sehari.
  • Untuk anak umur 2-5 tahun diberikan sebanyak 400 mg 4 kali sehari.
  • Di atas 6 tahun, 800 mg 4 kali sehari.
Pengobatan Infus Intravena
  • Pada penyakit cacar air diberikan sebesar 5 mg per kgbb melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) setiap 8 jam dan umumnya selama 5 hari. Dosis dapat dinaikkan menjadi 10 mg per kgbb setiap 8 jam untuk pasien varicella zoster dengan kondisi immunocompromised.
  • Pada bayi sampai usia 3 bulan dengan varicella-zoster (indikasi tidak terlesensi) diberikan sebanyak 10-20 mg per kgbb melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) tiap 8 jam sekurang–kurangnya selama 7 hari.
  • Pada anak umur 3 bulan hingga 12 tahun diberikan sebesar 250 mg/ m2 setiap 8 jam biasanya 5 hari. Dosis ini dapat dinaikkan menjadi 500 mg/ m2 untuk pada keadaan immunocompromised.
Pemberian Pada Anak yang Obesitas
Seperti biasa untuk mencegah timbulnya dosis yang berlebihan pada anak dengan obesitas maka dosis pada pemberian melalui parenteral diperhitungkan berlandaskan berat badan ideal.

💙 Lihat tentang penyakit ini di Varisela Zoster 💙

Dosis Acyclovir Bagi Anak Pada Penyakit Infeksi Mukokutan Herpes Simplex

Pemberian pengobatan pada anak dengan kondisi immunocompromised sebagai berikut:
  • Usia  < 12 tahun: 10 mg per kgBB melalui intra-vena (dihabiskan dalam 1 jam) setiap 8 jam IV selama 7 hari.
  • Usia > 12 tahun: 5-10 mg per kgBB / hari Usia > 12 tahun: 5-10 mg per kgBB / hari IV dibagi setiap 8 jam selama 5-7 hari; sampai 14 hari dilaporkan dibagi setiap 8 jam selama 5-7 hari; sampai 14 hari dilaporkan.

Pemberian Pada Anak yang Obesitas
Guna mencegah adanya dosis yang berlebihan pada anak dengan obesitas maka dosis untuk pemberian melalui parenteral dihitung berlandaskan berat badan ideal.

Dosis Acyclovir Anak Untuk Penyakit Herpes Zoster (Cacar Ular)

Dosis pada penyakit herpes zoster ini sama seperti dosis pada penyakit varicella zoster. Silahkan scroll kembali ke atas untuk melihatnya.

【 Ingin lihat pembahasan obat acyclovir secara umum? Klik di Info Obat Acyclovir
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Dosis Acyclovir Anak"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>