7 Cara Menambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Dengan Cepat - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Dengan Cepat

Umur 9 bulan pada bayi merupakan periode dimana seorang anak sedang menjalani perubahan fisikal dan peningkatan kecerdasan didalam memproses keterampilan motoriknya. Pada umumnya bayi yang berumur 9 bulan memiliki bobot tubuh yang ideal yaitu sekitar 8 kg hingga 9 kg dan tinggi badan sekitar 70 hingga 75 cm.

Bilamana bayi Anda tidak mencukupi bobot tubuh ideal seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Perlu dilakukan pengkajian dan pemeriksaan lebih lanjut perihal tersebut. Anda dapat membaca perihal tersebut di penyebab berat badan bayi 9 bln tidak naik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tips dan cara menambah berat badan bayi usia 9 bulan dengan cepat. Yuk disimak, mudah-mudahan bermanfaat.

7 Cara Menambah Berat Badan Bayi Umur 9 Bulan Dengan Cepat

Berikut ini langkah-langkah terbaik tentang cara menaikkan berat badan bayi, yaitu:

1. Tetap memberikan ASI
Pemberian ASI memang sebaiknya dilakukan sampai bayi berusia 6 bulan (disebut ASI ekslusif), tetapi boleh saja hingga berumur 2 tahun. ASI merupakan makanan terbaik bagi sang bayi. ASI memiliki komposisi yang mengandung anti bakteri, nutrisi dan gizi yang lengkap, zat kekebalan tubuh. Melanjutkan pemberian ASI hingga bayi usia 9 bulan tentunya merupakan langkah yang tepat untuk berat badannya.

Cara Menambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Dengan Asi
ilustrasi ibu menyusui

2. Tidur yang cukup
Bayi memerlukan waktu tidur yang  panjang. Bayi membutuhkan waktu tidur lebih dari 12 jam untuk mendukungan pertumbuhan dan perkembangannya. Bayi yang waktu tidurnya terganggu atau memiliki waktu tidur yang kurang akan memiliki kerentanan terhadap berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan mengurangnya daya tahan tubuh sang bayi. Buatlah sang bayi merasakan kenyamanan dalam tidurnya dan cukupkan waktunya.

3. Berjemur di pagi hari
Bayi yang masih dalam masa pertumbuhan sangat memerlukan sumber kehangatan dari matahari pagi. Tidak hanya kehangatan sinar matahari juga mampu mengaktifkan vitamin D dan berperan sebagai anti bakteri. Penjemuran bayi di waktu awal pagi akan membuat mood bayi lebih baik dan dapat mempengaruhi nafsu makannya.

4. Asupan gizi seimbang tercukupi
Diberikan gizi seimbang yang memenuhi standar sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

5. Suplemen tambahan
Bilamana memungkinkan bayi berusia 9 bulan dapat diberi suplemen tambahan sebagai upaya peningkatan berat badan. Perihal ini akan sangat berguna bagi bayi yang susah sekali makan atau hanya mau menyusui saja. Suplemen yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia sang bayi. Tentunya akan lebih bijak lagi bila mendiskusikan perihal ini dengan dokter untuk mengetahui jenis suplemen yang baik bagi si bayi.

6. Penggunaan Vaksin Tertentu
Pemberian vaksin pada sang bayi dapat mempersempit terjadinya penularan penyakit yang sering tertular lewat virus, bakteri, radikal bebas, dan kondisi cuaca. Vaksin untuk anak dan bayi seperti vaksin campak, cacar, dan lainnya. Infeksi pada anak cenderung membuat sang anak menjadi tidak nafsu untuk makan. Kurangnya nafsu makan ini bahkan terjadi setelah anak sembuh. Penurunan bobot badan akan terlihat bilamana anak tidak nafsu makan dalam beberapa minggu.

7. Variasi dalam Menu Makanan
Pemberian makanan pada bayi berusia 9 bulan sebaiknya diatur. Menu makanan sebaiknya disajikan bervariasi dan beragam dari hari ke hari. Hal ini dimaksudkan agar bayi tidak cepat merasa jenuh sehingga dapat kehilangan selera makannya. Kreatifitas dalam mengelola makanan juga diperlukan. Tentunya akan sangat baik bilamana sang ibu dapat mengkreasikan makanan yang kaya akan nutrisi bahkan makan yang tidak disukai menjadi makanan yang disukai oleh anak. Nafsu makan yang baik akan memperlihatkan peningkatan berat badan yang baik pula.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "7 Cara Menambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Dengan Cepat"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>