Diagnosis dan Pengobatan Terapi Neurodermatitis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diagnosis dan Pengobatan Terapi Neurodermatitis

Artikel kali ini akan membahas tentang neurodermatitis yang difokuskan kepada pembahasan diagnosis dan pengobatan neurodermatitis. Bila Anda belum mengerti tentang penyakit ini dapat di baca di penyakit neurodermatitis

diagnosis dan cara mengobati neurodermatitis


Penegakan Diagnosis dan Pengobatan Terapi Neurodermatitis

Diagnosis Neurodermatitis

Diagnosis adalah langkah seorang dokter untuk mengidentifikasi suatu penyakit atau kondisi kesehatan (gejala dan tanda-tanda) yang dialami oleh seorang pasien. Dalam menentukan diagnosis penyakit neurodermatitis ini ada dua prosedur yang biasanya dilalui oleh seorang dokter, yaitu:

Anamnesis dan pemeriksaan fisik:
Pada tahap ini dokter akan menggali informasi seputar gejala dan tanda yang mengarah pada ciri-ciri penyakit ini. Informasi yang didapat dapat berupa informasi subjektif dari pasien dan informasi objektif dari pengamatan dan pemeriksaan oleh dokter.

Biopsi kulit:
Dokter akan melakukan pengambilan contoh kulit untuk kepentingan identifikasi penyebab gatal yang dialami oleh seorang pasien. Biasanya ini dilakukan di fasilitas kesehatan di kota-kota besar.

Pengobatan dan Terapi Neurodermatitis

Pengobatan yang diberikan pada pasien penderita neurodermatitis bertujuan untuk pengontrolan rasa gatar, pencegahan proses menggaruk pada pasien, dan yang paling penting memberikan penanganan penyebabnya. Berikut ini beberapa langkah pengobatan neurodermatitis adalah:

Krim anti peradangan.
Biasanya penggunaan krim kortikosteroid sering dipakai sendiri oleh pasien. Krim jenis ini banyak dijual bebas di apotik dan toko obat. Bilamana tidak ampuh, maka dokter mungkin akan meresepkan krim anti peradangan ini yang berefek lebih kuat.

Injeksi botox (botolinum toxin).Injeksi botox ini diduga dapat mengurangi rasa gatal dan membersihkan bercak-bercak kasar pada kulit. Pengobatan dengan cara ini belum tersedia di Indonesia.

Kortikosteroid suntik.
Bilamana memungkinkan, dokter mungkin akan melakukan penyuntikan kortikosteroid langsung pada area kulit yang mengalami neurodermatitis. Diharapkan prosedur ini dapat membantu dalam proses penyembuhan.

Larutan aspirin dan dichloromethane.
Larutan ini dapat dioleskan pada bagian kulit yang mengalami neurodermatitis. Pengobatan seperti ini belum tersedia di Indonesai.

Obat-obatan anti gatal dapat diresepkan oleh dokter untuk membantu meringankan rasa gatal pada kulit pasien.

Obat-obatan anti-cemas juga dapat diresepkan oleh dokter dikarenakan faktor stres dan cemas juga dapat memicu dan memperparah neurodematitis.

Ada juga terapi lain seperti terapi cahaya dan psikoterapi. Namun, terapi jenis ini belum umum dilakukan oleh dokter di Indonesia sebagai terapi neurodermatitis. Jenis terapi cahaya lebih lazim dipakai dalam bidang kecantikan, sementara psikoterapi lebih umum diberikan pada penderita gangguan psikologis.


Nah, itu tadi pengobatan yang dapat diberikan atau Anda terima dari dokter. Namun, terdapat juga beberapa prosedur yang dapat Anda coba sendiri di rumah untuk membantu meringankan gejala-gejala penyakit neurodermatitis, yaitu:

  1. Mengindari dan berhenti untuk menggaruk atau menggosok dengan kasar pada kulit yang gatal. Manggaruk akan memperburuk kondisi kulit.
  2. Lindungi kulit Anda dengan kain untuk mencegah menggaruk secara tidak sadar. Bilamana Anda tidak dapat menahan rasa gatal, maka cukuplah menggaruk secara halus dengan tidak mempergunakan kuku Anda atau bahan kasar lainnya.
  3. Anda dapat melakukan pengompresan kulit yang gatal dengan menggunakan kain dingin yang basah. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal.
  4. Memakai krim anti gatal yang di jual di apotik atau toko obat.
  5. Mandi menggunakan air hangat dan memakai lotion pelembab kulit (usahakan yang tanpa bahan pewangi karena beberapa bahan pewangi dapat menyebabkan raa gatal sehingga dikhawatirkan mencetuskan neurodermatitis).
  6. Usahakan untuk menghindari faktor pencetus neurodermatitis, seperti rasa cemas, stres, dan jenis atau bahan kain yang memicu rasa gatal.

Baca artikel lainnya di Kedokteran - Kesehatan blog kami
Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda dengan cara klik ikon media sosial di bawah ini!
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Diagnosis dan Pengobatan Terapi Neurodermatitis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>