Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Tahukah Anda tentang penyakit neurodermatitis? Apa itu neurodermatitis? Apa tanda dan gejalanya? Apa yang menyebabkannya? Dan apa saja faktor resikonya? Hingga apa obat dan cara mengobati penyakit neurodermatitis ini agar tidak timbul komplikasi? Mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang terdapat di benak Anda. Mudah-mudahan artikel di bawah ini dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut.

Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
gambar neurodermatitis

Berikut Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Pengertian Neurodermatitis

Neurodermatitis merupakan penyakit kulit yang sifatnya kronis yang mana dimulai dari bercak-bercak kulit yang terasa gatal. Nama lain dari neurodermatitis ini dikenal sebagai lichen simplex chronicus. Penyakit ini akan semakin terasa gatal jika digaruk.

Memang penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan beruntungnya juga tidak menular. Namun, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan tidur (gangguan jam tidur karena gatal), fungsi seksual terganggu, dan juga menurunnya kualitas hidup penderita. Faktor penyebab dari penyakit ini harus segera diketahui agar perkembangan penyakit ini menuju keparahan bisa dikurangi.

Tanda dan Gejala Neurodermatitis

Berikut beberapa tanda dan gejala yang umum pada neurodermatitis, yaitu:
  • Timbulnya bercak kulit yang dirasakan gatal yang berjumlah lebih dari satu.
  • Bagian kulit yang dirasakan gatal tadi memiliki tekstur kasar dan bersisik.
  • Bercak kulit akan terlihat lebih menonjol serta berwarna lebih gelap atau lebih merah dari kulit yang sekitarnya yang tidak terkena.
  • Lokasi bercak kulit yang gatal dapat di bagian tubuh mana saja, tetapi umumnya muncul pada lengan, kaki, bagian belakang leher, kulit kepala, pergelangan tangan dan kaki, anus, area kelamin (kulit skrotum dan vulva/ bibir kelamin wanita
  • Gatal yang dirasakan dapat sangat gatal, hilang timbul atau bahkan terus-menerus. Tidak jarang kulit menjadi terasa sakit atau terinfeksi karena menggaruk pada area yang sama berulang-ulang.


Penyebab Penyakit Neurodermatitis

Penyebab pasti dari penyakit ini sampai sekarang masih belum diketahui, tetapi penyakit neurodermatitis ini muncul pada seorang yang sedang menderita alergi kulit, psoriasis, eksim, ataupun gangguan emosional.

Kadangkala penyakit ini juga dapat muncul diakibatkan oleh sesuatu yang menggesek atau membuat iritasi pada kulit seperti pakaian yang ketat dan kasar atau bisa juga karena gigitan serangga. Gatal yang digaruk secara terus-menerus dari hal ini dapat berkembang menjadi neurodermatitis.

Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Lantas siapa saja yang berisiko terkena penyakit ini? Nah, berikut beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang dapat menderita penyakit neurodermatitis, yaitu:

Gangguan kecemasan dan emosional
  • Telah banyak referensi kesehatan yang menyebutkan bahwa adanya gangguan kecemasan dan emosional seperti kondisi stres dapat memicu rasa gatal yang berkaitan dengan penyakit neurodermatitis.

Jenis kelamin dan usia
  • Wanita memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit ini. Biasanya muncul pada usia 30 hingga 50 tahun. Namun, tidak dipungkiri juga penyakit ini ditemukan pada anak-anak dikarenakan menggaruk pada area kulit yang sama secara berulang-ulang.

Kondisi kulit lainnya
  • Bilamana Anda memiliki anggota keluarga penderita dermatitis, psoriasis, eksim, atau kondisi kulit lainnya yang sejenis, maka risiko terkena neurodermatitis jauh lebih besar.

Baca artikel selanjutnya tentang diagnosis dan pengobatan neurodermatitis

Share artikel ini ke teman-teman Anda bila bermanfaat dengan cara klik ikon media sosial di bawah ini.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis"