Cara Membuat Infused Water Yang Benar dan Penuh Manfaat - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Infused Water Yang Benar dan Penuh Manfaat

Belakangan ini sedang marak konsumsi infused water. Pernahkah Anda melihat seseorang membawa botol minuman berisi air yang bercampur dengan potongan lemon, belimbing, atau buah lainnya? Ya, inilah yang dinamakan minuman infused water tersebut.

Sebenarnya apakah infused water itu? Infused water sering juga disebut sebagai detox water. Ini merupakan jenis minuman yang terdiri dari campuran potongan buah dengan air mineral. Minuman ini sedang viral dan dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan.

Klaim Manfaat Infused Water

Minuman yang sedang digandrungi orang banyak ini dianggap memiliki berbagai manfaat. Adapaun beberapa manfaat dari sekian banyak kegunaannya adalah sebagai berikut:

1. Metode Detoksifikasi dan Melancarkan Metabolisme
Minuman ini diklaim memiliki kegunaan sebagai alat detoksifikasi racun-racun yang ada di dalam tubuh. Tubuh yang mengalami akumulasi racun dari jenis makanan junk food dibersihkan dengan menggunakan metode ini. Proses detoksifikasi akan semakin optimal bila didukung dengan diet gizi seimbang dan olah raga teratur.

2. Metode Anti-aging (anti-penuaan)
Air mineral yang dicampur dengan buah-buahan akan memmiliki manfaat laksana antioksidan. Kita tahu bahwa antioksidan ini mencegah proses oksidasi yang terjadi di dalam tubuh manusia. Apalagi seseorang yang sering terpapar radikal bebas maka proses oksidasi akan cepat terjadi. Kerusakan sel-sel tubuh akan dihambat seiring dengan giatnya proses antioksidasi.

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwasanya makan buah dan sayuran secara rutin dapat menunda percepatan proses penuaan. Oleh karena itu minum cairan infused water akan  lebih bermanfaat sebagi anti penuanan bila dibandingkn dengan hanya minum air putih saja.

3. Metode Menurunkan Berat Badan
Klaim manfaat infused water selanjutnya ialah bisa mengurangi berat badan. Benarkah cara membuat infused water untuk diet itu berhasil? Dalam pandangan medis belum terlalu banyak studi dan penelitian tentang hal ini. Namun, ini dikaitkan dengan pengurangan jumlah makanan yang dimakan. Seseorang yang rutin minum infused water akan lebih merasa cepat kenyang sehingg lebih mudah mengurangi bobot tubuh dengan pola makan sehat dan olah raga teratur.

4. Metode Anti Jerawat
Banyak artikel menuliskan tentang cara membuat infused water untuk jerawat di internet. Apakah minuman ini memang memiliki efek untuk menyembuhkan jerawat dan gangguan kulit? Secara teori iya bila menggunakan bahan-bahan yang bersifat mencerahkan kulit, antioksidan (perlindungan kerusakan sel kulit wajah akibat sinar matahari, debu, dan bahan asing lainnya), dan anti peradangan.

Tips Bagaimana Cara Membuat Infused Water Yang Benar

Berikut beberapa langkah dan cara cara membuat infused water untuk menurunkan berat badan serta manfaat kesehatan lainnya yang dapat Anda ikuti untuk membuat berbagai varian minuman.

cara-membuat-infused-water-lemon-untuk-diet

1. Cara Membuat Infused Water Lemon Yang Benar


  • Siapkan 1 botol besar air mineral
  • Persiapkan 1 buah lemon yang telah matang dan sudah dicuci.
  • Iris buah lemon menjadi 4 atau 5 bagian.
  • Campurkan irisan buah ke dalam botol mineral
  • Dinginkan dan simpan di dalam kulkas selama 2 sampai 3 hari
  • Setelah itu minuman dapat dinikmati dengan sebelumnya memastikan bahwa rasanya tidak terlalu asam. Bila terlalu asam maka cukup tambahkan air mineral kembali.


Lalu muncul pertanyaan seperti ini, bagaimana cara membuat infused water lemon agar tidak pahit? Mungkin sebagian besar mereka yang mencoba merasakan pahit dalam minumannya.

Perlu Anda ketahui bahwasanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara membuat infused water lemon agar tidak pahit lagi, antara lain:

  • Buah lemon yang dipakai masih mentah atau sudah layu (tidak segar lagi)
  • Botol yang digunakan tidak steril. Botol yang masih terkontaminasi kuman akan membuat air di dalam botol menjadi lebih cepat basi. Pembusukan minuman ini akan menimbulkan rasa pahit dan terkadang mengeluarkan bau busuk.
  • Penggunaan air mineral yang terkontaminasi.
  • Bagian biji dan kulit tidak dibuang terlebih dahulu. Kedua hal ini bila dominan dalam buah lemon maka akan menimbulkan rasa pahit.


Noted: bila Anda tahu cara membuat infused water lemon untuk diet maka pola hidup dan olahraga yang sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Minuman ini hanya bersifat sebagai penunjang saja dan bukanlah yang utama.

2. Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kegunaan Lainnya

Sebenarnya langkah membuatnya tidaklah jauh berbeda dengan buah lemon di atas. Hanya saja buah ini jauh lebih asam dari lemon. Anda bisa menambahkan buah-buahan, sayur-sayuran, dan rempah-rempah yang lain untuk mengurangi rasa asam yang didapat. Untuk lebih jelasnya nanti kita bahas di bawah ini.

cara-membuat-infused-water-jeruk-nipis-untuk-menurunkan-berat-badan

3. Cara membuat Infused Water Timun


  • Siapkan air mineral yang telah matang.
  • Siapkan dan cuci buah mentimun
  • Direkomendasikan tidak mengupas kulit mentimun karena pada bagian kulit inilah banyak terkandung silika yang berfungsi untuk pembentukan kolagen.
  • Iris-iris buah mentimun lalu campurkan ke dalam botol air mineral.
  • Lalu diamkan beberapa jam.j
  • Setelah itu, minuman siap diminum.


4. Detox Warter dari Campuran Buah dan Sayur

a. Detox water dari campuran buah stroberi, belimbing, dan daun mint
Buah stroberi mempunyai kandungan serat, protein, zat besi, vitamin A dan C, kalsium, magnesium, dan asam folat. Buah belimbing memiliki kandungan vitamin B5 dan C, protein, asam folat, magnesium, dan kalium. Daun mint akan memberikan rasa segar di tenggorokan dan perut.

Berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu:

  • 1 botol air mineral yang telah matang.
  • 3 buah stroberi yang sudah dipotong menjadi setengah bagian.
  • 2 buah belimbing yang telah dipotong menjadi kecil-kecil.
  • 3 lembar daun mint.

Berikut ini cara mengolahnya, antara lain:

  • Potong-potong semua jenis buah dan daun lalu campurkan ke dalam satu botol air mineral.
  • Simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 12 sampai 24 jam.
  • Minuman infused water siap dinikmati.


b. Cara membuat infused water lemon dan madu
Ingin mendapatkan manfaat infused water lemon? Padukan dengan madu biar lebih segar. Berikut langkah cara membuat infused water lemon dan madu, yaitu

  • Persiapkan 1 buah lemon, madu secukupnya (manisnya sesuai selera Anda), dan 1 botol air mineral
  • Cuci bersih buah lemon lalu potong-potong sesuai selera sembari membuang bijinya.
  • Campurkan buah lemon ke dalam 1 botol air mineral lalu masukkan sejumlah madu ke dalamnya. Disarankan memasukkan 5 sendok teh madu.
  • Dinginkan di dalam lemari es lalu nikmati bila sudah dingin.
c. Detox water dari timun, lemon, dan daun mint
Lemon akan memberikan serat, vitamin C dan B6, serta kalium. Sementara itu, timun mengandung protein, serat, vitamin C dan K, magnesium, serta kalium. Daun mint akan memberikan sensasi segar yang dapat memperbaiki mood. Untuk cara membuatnya kurang lebih sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

d. Detox water dari apel, kiwi, dan semangka
Buah apel mempunyai kandungan karbohidrat, protein, serat, kalium, dan vitamin C. Komposisi kiwi tidak jauh beda yaitu protein, serat, besi, asam folat, kalium, vitamin A dan C. Sementara itu, semangka mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, C, dan B5, serta kalium. Proses pembuatan hampir sama seperti sebelumnya.

Nah, itu tadi beberapa tips dan langkah bagaimana cara membuat detox water yang benar dan memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang luar biasa. Anda dapat membuat kreasi lain sesuai dengan selera Anda. Mudah-mudahan tulisan ini mendatangkan manfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Cara Membuat Infused Water Yang Benar dan Penuh Manfaat"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>