Kiat Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Dalam Kehamilan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Dalam Kehamilan

Permasalahan nyeri perut banyak dikeluhkan oleh ibu yang berada dalam masa kehamilan. Banyak para bumil yang khawatir akan kondisi janin yang dikandungnya. Untuk itulah kami mencobatmemberikan tips sederhana yang mudah-mudahan dapat meringankan rasa khawatir para orang tua dan mengatasi nyeri yang dirasakan.

sakit-perut-sebelah-kiri-saat-hamil-3-bulan
gambar bayi dalam kandungan

Cara Mengatasi Sakit Perut Di Bagian Sebelah Kiri

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil 3 Bulan
Saat masa usia kehamilan 3 bulan hormon progesteron dihasilkan oleh semakin bertambah jumlahnya. Hal ini dikarenakan selain dihasilkan oleh indung telur juga dihasilkan oleh plasenta.

Peningkatan hormon progesteron ini memang memberikan efek yang baik bagi janin. Namun, hal ini juga menimbulkan efek samping berupa perlambatan gerakan usus (motilitas usus) ibu. Dengan terjadinya penurunan gerak peristaltik ibu maka ini menyebabkan menurunnya kecepatan pencernaan dan penumpukan gas hasil metabolisme di usus. Bila tidak diatasi dengan baik maka ini menimbulkan kontipasi yang berujung pada nyeri.

Nah, cara untuk mengatasi sakit perut sebelah kiri saat hamil muda ini adalah dengan mengatur pola makanan ibu hamil. Sebaiknya kurangi jenis makanan yang dapat menghasilkan banyak gas seperti umbi-umbian. Disarankan untuk rutin, konsumsi serat, perbanyak minum air hangat,. dan olah raga teratur khususnya pada bagian perut dengan intensitas ringan yang sesuai dengan kondisi ibu hamil muda.

Perlu diingat bahwasanya pengaturan pola makan ini bukan berarti mengurangi asupan makan karena itu akan berakibat buruk kepada janin. Lebih disarankan untuk mengatur jenis makanan yang sesuai dengan kondisi saluran pencernaan ibu hamil. Bila tidak ada keluhan nyeri ini maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak jenis makanan. Semakin banyak jenis makanan maka semakin bervariasi jenis vitamin dan mineral yang didapat.

Cara Meringankan Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil 6 Bulan
Permasalahan nyeri yang cukup sering muncul pada usia kehamilan 6 bulan ini adalah nyeri kram setelah melakukan hubungan. Hubungan yang berjalan tidak dengan mulus akan cendrung menimbulkan kram otot pada wanita hamil. Kram otot ini bisa dirasakan pada perut sebelah kiri atau kanan hingga ke bagian pinggang.

Oleh sebab itu, usaha pencegahan yang dapat dilakukan adalah melaksanakan hubungan menggunakan perasaan dan didahului oleh pemanasan yang efektif. Bila sudah mengalami nyeri maka bagian nyeri dapat dikompres air hangat. Konsumsi obat pengurang nyeri seperti parasetamol dapat dilakukan bila nyeri tidak berkurang dengan kompresan.

Cara Menyembuhkan Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil 9 Bulan
Permasalahan nyeri pada usia kehamilan 9 bulan sebenarnya hampir sama dengan usia 6 bulan. Nyeri akibat berhubungan juga dapat dirasakan pada usia kehamilan ini. Namun, yang lebih kentara pada umur kehamilan 9 bulan ini adalah nyeri akibat peregangan ligamen dan penekanan otot dan pembuluh darah.

Kita tahu bahwasanya umur kehamilan 9 bulan biasanya bayi telah berukuran besar. Ukuran ini menimbulkan peregangan antar tulang di bagian perut dan punggung. Nah, di antara tulang ini terdapat ligamen yaitu jaringan ikat yang berguna sebagai penghubung antar tulang. Peregangan ligamen ini dapat mencetuskan nyeri.

Selain itu, pertambahan massa janin menimbulkan penekanan pada pembuluh darah dan otot ibu. Hal ini juga dapat menimbulkan nyeri khususnya pada bagian perut ibu.

Untuk mengatasi nyeri ini disarankan kepada ibu istirahat teratur, perbanyak konsumsi air putih, dan kompres bagian nyeri dengan air hangat. Bila tidak juga menunjukkan perbaikan maka dapat meminum obat penahan nyeri seperti paracetamol. Namun, bila tidak ada juga perubahan maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itu tadi penjelasan dan tips sederhana yang dapat kami sampaikan. Untuk sakit perut sebelah kiri saat hamil 4 bulan, 5 bulan, atau 7 bulan sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan permasalahan nyeri yang telah dijelaskan di atas. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi Anda.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kiat Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Dalam Kehamilan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>