Kenali Bahaya Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Pria - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Bahaya Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Pria

Berikut ini adalah bahasan pertanyaan dari pembaca blog kami. Topik ini tentang sakit perut sebelah kiri bawah pada pria. Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan kepada penanya dan memberikan informasi penting kepada para pembaca web kesehatan ini.

sakit-perut-sebelah-kiri-bawah-pada-pria

Pertanyaan:
Selamat pagi Dok. Perkenalkan nama saya Sukiman saya berusia 20 tahun. Dalam 6 bulan belakangan ini saya sering merasakan nyeri perut sebelah kiri bawah. Seringkali nyeri saya rasakan menjalar ke bagian selangkangan. Saya merasakan seperti ada yang bergerak di dalam perut saya ketika saya berbaring ke kiri dan ke kanan. Saat ini saya sering minum olahan daun kumis kucing dan keji beling. Bagaimana Dok, apakah ini berbahaya dan apakah yang saya minum sudah tepat?

Jawaban:
Terima kasih sebelumnya kepada Bapak Sukiman yang telah bertanya kepada blog ini. Mudah-mudahan jawaban yang kami berikut mampu mencerahkan pengetahuan kesehatan Bapak.

Perut adalah bagian tubuh yang berongga sebagai tempat beberapa organ tubuh yang penting. Organ tubuh memiliki letak masing-masing yang melekat dibantu dengan lapisan omentum. Nyeri yang timbul pada suatu bagian perut seringkali menjadi petunjuk organ mana yang sedang mengalami gangguan atau masalah kesehatan.

Pada kaum adam nyeri perut kanan bagian bawah dapat dirasakan. Penyebab nyeri ini biasanya berasal dari masalah kesehatan pada organ di ronggan perut. Jarang sekali masalah perut diakibatkan oleh masalah di luar perut.

Variasi Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Pria

Beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang memunculkan sakit perut sebelah kiri bawah pada laki laki adalah sebagai berikut:
1. Penyakit batu ginjal
Ini adalah suatu penyakit diana terbentuk batu di saluran di ginjal. Keberadaan batu ini mengakibatkan proses aliran urin menjadi terhambat sehingga menimbulkan nyeri. Bilamana ginjal kiri yang terkena maka sakit yang dirasakan biasanya diawali dengan nyeri pinggang yang lama-kelamaan menjalar ke arah ari-ari (perut bagian kiri bawah).

2. Penyakit Hernia Inguinal
Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan pada perut bagian bawah dan/ atau selangkangan yang dapat hilang saat kondisi istirahat. Benjolan ini diakibatkan oleh keluar nya usus pada titik atau lubang yang terbentuk karena kelemahan dinding perut. Penyakit ini akan memunculkan nyeri perut sebelah kiri bawah pada pria bila terjadi kelainan pada dinding perut viseral di sebelah kiri. Nyeri tidak serta merta muncul, akan tetapi saat usus telah terjepit.

3. Trauma
Trauma baik akibat benda tumpul atau benda tajam dapat menimbulkan nyeri pada bagian perut. Selain karena memar atau peradangan pada kulit perut, nyeri juga diakibatkan oleh peradangan pada organ perut di bawah nya.

4. Obstruksi Usus
Adanya masalah gangguan usus akan menimbulkan nyeri yang dapat dirasakan hingga ke permukaan perut. Usus yang mengalami konstipasi akan terus mencoba melakukan gerakan peristaltik yang adekuat sehingga hal ini mencetuskan timbulnya rasa nyeri.

5. Penyakit Herpes Zoster
Herpes zoster yang mengenai perut di sebelah kiri juga dapat menimbulkan nyeri perut sebelah kiri bawah pada laki laki. Nyeri biasanya tidfak timbul saat serangan herpes zoster akan tetapi saat telah terjadi peradangan saraf akibat penyakit ini.

6. Penyakit Lainnya
Sebenarnya masih banyak penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala sakit perut sebelah kiri bawah pada pria. Namun, untuk mengetahui apa yang mendasari nyeri dibutuhkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh dokter.

Oleh karena itu, disarankan bagi penderita untuk segera berkonsultasi dengan dokter terutama pada derajat nyeri yang hebat atau tidak kunjung mereda dengan kompres atau penggunaan obat analgetik (pengurang nyeri) ringan.

Dokter biasanya akan melakukan anamnesis yang terarah yang diikuti dengan penilaian secara fisik tentang kondisi pasien. Bila ada yang meragukan maka akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan yang banyak dilakukan adalah pemeriksaan darah rutin, periksa urin dan feses rutin, serta pemeriksaan pencitraan seperti USG, CT scan, dan sinar rontgen.

Baca juga postingan terkait:
👉 Sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kenali Bahaya Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Pria"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>