Kehamilan Ektopik Menyebabkan Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehamilan Ektopik Menyebabkan Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita

Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita. Salah satu penyebabnya adalah kehamilan ektopik terganggu (KET). Nah, artikel ini akan membahas kenapa penyakit ini bisa memunculkan nyeri.

sakit-perut-sebelah-kiri-bawah-pada-wanita
ilutrasi nyeri pada perut sebelah kiri bawah

Penyakit Kehamilan Ektopik Terganggu
Kehamilan ektopik adalah suatu keadaan dimana sel telur yang dihasilkan dari ovarium (indung telur) telah dibuahi dan menempel (implantasi) di luar rahim. Pada awalnya kondisi ini tidak menggangu fungsi organ tubuh sang ibu, akan tetapi lama-kelamaan seiring dengan pertumbuhan maka janin mengalami gangguan pertumbuhan yang menyebabkan nyeri dan perndarahan.

Kebanyakan kehamilan ektopik terjadi di saluran tuba falopii. Saluran tuba ini bukanlah tempat yang dapat mendukung pertumbuhan janin. Oleh karena itu, pada suatu masa kehamilan maka dapat saja terjadi ruptur tuba yang juga menimbulkan nyeri.

Mengapa kehamilan ektopik dapat terjadi? Hal ini dikarenakan adanya gangguan mekanik dan/ atau antomis pada struktur organ kandungan pada wanita. Berikut ini penjelasan rinci penyebab terjadinya KET ini, antara lain:
  • Penyakit infeksi dan peradangan pada saluran tuba yang mengganggu proses migrasi zigot ke rongga rahim.
  • Terdapatnya luka atau jaringan sikatrik pada salura tuba yang juga menghambat pergerakan zigot ke dalam rahim.
  • Bekas operasi di sekitar pelvis yang menyebabkan perlengketan di saluran tuba dan organ sekitarnya.
  • Bentuk saluran tuba yang cacat (tidak normal) semenjak lahir.
  • Pemakaian obat kesuburan.
  • Ibu hamil tapi saat KB jenis IUD terpasang.
  • Ibu yang sudah berusia 35 sampai 40 tahun.
  • Ibu yang sering merokok dan minuman berlakohol.


Nah, bila ada kasus sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita maka pikirkan jugalah tentang kehamilan ektopik. Khusus untuk penyakit ini harus segera dibawa ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan termasuk USG untuk menentukan apakah ini penyakit KET atau bukan. Semakin cepat dan bersegera ke dokter atau rumah sakit maka semakin baik hasil yang didapatkan.

Baca juga tulisan terkait:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kehamilan Ektopik Menyebabkan Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>