Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil ?

Wanita yang merasakan sakit perut sebelah kiri saat hamil atau kram seringkali merasa was-was dan khawatir. Memang ini wajar-wajar saja terutama pada ibu yang baru hamil untuk pertama kalinya. Namun, apapun itu kondisinya tentu saja membutuhkan atensi yang lebih.

sakit-perut-sebelah-kiri-saat-hamil-muda-tua
ilustrasi nyeri perut ibu hamil

Pada umumnya kasus seperti ini adalah suatu hal yang normal, akan tetapi seorang bumil harus memahami bahwasanya ada juga penyebab kram perut ini merupakan suatu hal yang membahayakan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas di bawah ini.

Penyebab Umum Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwasanya penyebab kram perut ini ada yang normal dan ada yang bisa mencetuskan bahaya. Bila hal itu membahayakan maka dibutuhkan tatalaksana yang cepat agar tidak menggangu kondisi ibu dan janin. Beberapa keadaan yang menjadi penyebab kram perut dan membahayakan ketika dalam kehamilan, antara lain:
  • Penyakit kista ovarium.
  • Penyakit infeksi pada saluran tuba dan/ atau ovarium.
  • Pernah terkena trauma (baik tumpul atau tajam).
  • Penyakit infeksi dan/ atau batu ginjal.
  • Penyakit kehamilan ektopik terganggu.

Nah, berbagai penyakit yang disebutkan di atas memerlukan tatalaksana yang lebih lanjut dan cepat. Namun, ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri saat hamil yang tidak perlu dikhawatirkan, antara lain:

Alasan Normal Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil Muda

Tekanan pada pembuluh darah, otot, dan sendi
Seorang perempuan yang sedang hamil akan mendapatkan kenaikan tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darahnya. Hal ini seringkali mencetuskan timbulnya rasa nyeri.

Ligamen Meregang
Pertumbuhan dan perkembangan rahim akan didukung oleh tubuh bumil dengan cara melakukan peregangan pada ligamen. Ligamen ini adalah jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan tulang. Proses peregangan inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Jumlah Gas Berlebihan di Rongga Perut
Peningkatan jumlah progesteron selama masa kehamilan akan membuat otot bagian perut menjadi lebih rileks dari biasanya. Hal ini akan mengurangi kecepatan proses pencernaan sehingga gas sebagai hasil pencernaan menjadi bertumpuk.

Sehabis Berhubungan
Ibu hamil yang berhubungan dan mengalami orgisme bisa mengakibatkan kram. Biasanya akan diikuti juga dengan sakit pinggang dengan derajat yang ringan.

Bagaimana Gejala Yang Dirasakan

Bilamana seorang perempuan hamil merasa nyeri yang hebat dan tidak kunjung berhenti maka segera konsultasi dengan dokter. Perlu perhatian untuk segala macam kram perut dengan disertai gejala yang disebutkan di bawah ini:
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Diikuti keluarnya cairan abnormal ataupun berupa flek dan darah.
  • Disertai muntah.
  • Juga merasakan demam atau sampai menggigil.

Carat Mengatasi Nyeri Perut Di Sebelah Kiri Ketika Hamil

Walaupun kebanyakan normal seperti penjelasan di atas, kram prut kerap kali memunculkan rasa yang tidak nyaman dan merusak mood. Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda laksanakan untuk mengurangi nyeri tadi.

  • Hindari membuat hentakan gerak (gerakan tiba-tiba) saat kram perut menyerang.
  • Bungkukkan badan ke arah yang sakit untuk mengurangi peregangan otot.
  • Konsumsi air yang cukup untuk mencegah dehidrasi karena kondisi dehidrasi bisa mencetuskan kemunculan kontraksi palsu (Braxton hicks).
  • Hindari melakukan hubungan yang kasar dan tergesa-gesa.
  • Kompres atau mandi air hangat untuk membatu relaksasi dan mengurangi nyeri.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang seberapa bahaya kondisi nyeri pada perut kiri ketika dalam masa kehamilan. Bumil tidak perlu was-was berlebihan. Pahami ilmunya sehingga tahu mengambil langkah selanjutnya. Mudah-mudahan bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Hamil ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>