Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Haid ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Haid ?

Berikut ini kami lampirkan jawaban dari pertanyaan pembaca tentang sakit perut sebelah kiri saat haid yang dirasakan oleh kaum wanita. Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan yang sering  dan membuat khawatir bagi sebagian besar kaum perempuan.

Pertanyaan:
Halo dokter, nama saya Riski Mardia berusia 28 tahun. Dalam 3 bulan ini, ketika saya menstruasi saya merasakan nyeri pada perut sebelah kiri bagian bawah. Nyeri terasa sangat hebat dan perih seperti disayat bahkan kadang-kadang dirasakan sampai ke bagian panggul sebelah kiri. Jumlah darah yang keluar seperti biasa (tidak banyak). Saya sudah pernah di USG dan dikatakan dokter hasilnya baik. Jadi, apakah ini normal atau bagaimana? Terima kasih atas jawabannya dokter.

sakit-perut-sebelah-kiri-saat-haid
gambar penyebab sakit perut sebelah kiri saat haid?

Jawaban:
Kepada Ibu Riski Mardia kami ucapkan terima kasih telah bertanya ke tim redaksi kami. Perlu dipahami bahwasanya nyeri ketika menstruasi cukup sering dirasakan di bagian perut baik itu area bawah, tengah, kiri, dan/ atau kanan. Derajat nyeri ini bervariasi mulai dari ringan hingga berat.

Wajarkah Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Saat Haid ?

Nyeri yang dirasakan dengan tingkat keparahan yang cukup berat hingga menjalar ke bagian panggul kiri dapat dikelompokkan sebagai kewajaran. Ini disebut dengan dismenorea. Nyeri ini muncul karena sel-sel otot rahim mengalami hipoksia (kekurangan jumlah oksigen) sebagai akibat terjepitnya pembuluh darah ketika otot-otot rahim (miometrium) melakukan kontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi. Namun, mekanisme pasti tentang hal ini belum dipahami secara detail, hanya saja dikaitkan dengan produksi prostaglandin (suatu mediator kimia yang berkaitan dengan nyeri) yang berlebihan.

Nyeri dapat terasa menjadi lebih parah bilamana wanita mengalami stres, lelah berlebihan, dan pada kondisi penyakit tertentu. Adapun berbagai kondisi yang menyebabkan nyeri semakin parah, antara lain:
  • Penyakit endometriosis (jaringan abnormal sel-sel rahim yang berada di luar rahim).
  • Penyakit kista ovarium (terbentukna kantung mengandung cairan di ovarium/ kandung telur).
  • Penyakit polip rahim (tumor jinak pada mukosa rahim).
  • Penyakit infeksi dan peradangan pada panggul.
  • Penyakit kanker serviks (pada leher rahim).
  • Gangguan cemas yang berlebihan.


Pada kasus ibu yang telah dilakukan USG dan hasilnya normal maka tidak perlu panik dan khawatir. Dokter melakukan USG memiliki tujuan untuk menyingkirkan semua penyakit-penyakit yang mungkin menimbulkan sakit perut sebelah kiri saat haid seperti yang dirincikan di atas.

Untuk lebih mengurangi keluhan Anda biasanya dokter akan memberikan obat penahan nyeri. Namun, selain obat Anda dapat melakukan berbagai hal di bawah ini untuk meringankan nyeri perut sebelah kiri saat haid yang Anda rasakan, antara lain:
  • Kompres dengan menggunakan air hangat pada bagian perut dan panggul yang merasakan nyeri.
  • Konsumsi obat pengurang nyeri seperti parasetamol (bagi yang belum berkonsultasi dengan dokter).
  • Melakukan olahraga secara rutin dan teratur.
  • Memiliki pola tidur dan istirahat yang teratur.
  • Meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan sebagai anti-oksidan.
  • Tidak mengonsumsi rokok dan minuman yang mengandung kafein.
  • Memanajemen stres dengan baik.


Diharapkan dengan melakukan hal-hal di atas dapat membantu Anda lebih rileks. Ingat bahwa semakin Anda khawatir maka sakit perut sebelah kiri saat menstruasi akan lebih terasa secara psikologis. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Berbahayakah Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Haid ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>