Apakah Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil Pada Wanita? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil Pada Wanita?

Wanita yang sedang menantikan buah hati seringkali bertanya mungkinkah sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil pada perempuan? Pembaca mungkin juga bertanya-tanya tentang hal ini. Yuk kita simak bersama-sama informasi di bawah ini.

sakit-perut-sebelah-kiri-bawah-tanda-hamil

Kita sepakat bahwasanya kehamilan tidak akan pernah terjadi tanpa adanya pertemuan sel telur dan sel sperma melalui hubungan seksuil. Jadi, bila sperma ditelan maka itu tidak membuat seorang wanita hamil karena tidak akan terjadi pertemuan antara dua sel reproduksi ini.

Kehamilan akan terjadi bila proses pembuahan berlangsung dengan baik. Sel telur yang telah dimatangkan di ovarium akan bertemu dengan sperma setelah dilepaskan menuju saluran tuba. Pembuahan harus terjadi dalam periode 24 jam setelah sel telur ini dikeluarkan. Sel telur yang telah dibuahi ini akan menuju dan menempel di rahim lalu tumbuh dan berkembang menjadi janin.

Mungkinkan Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil

Berkaitan dengan hal di atas, seringkali banyak orang beranggapan bahwa nyeri perut bagian kiri bawah yang dialami oleh seorang perempuan yang telah menikah adalah tanda dan gejala kehamilan. Apakah benar demikian hal nya?

nyeri-perut-sebelah-kiri-bawah-tanda-hamil

Pada kehamilan normal sangat jarang sekali terjadi nyeri perut di sebelah kiri bawah yang dirasakan oleh ibu hamil. Namun, pada kehamilan normal hal ini bisa saja terjadi.

Pada kehamilan normal, zigot berimplantasi dengan baik dan mengeluarkan hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG). Hormon inilah yang seringkali menimbulkan keluhan berupa mual dan muntah yang dominan muncul pada wanita hamil. Hormon ini tidak mencetuskan sakit perut sebelah kiri bawah sebagai tanda kehamilan.

Pembesaran janin pada kehamilan normal jarang sekali menimbulkan nyeri di daerah ini. Para ibu hamil umumnya merasakan penekanan abdomen ke bagian lambung dan usus bukan merasakan nyeri. Selain itu, bumil juga merasakan berat yang bertambah-tambah seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jadi Nyeri Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil di Kehamilan Tidak Normal?

Namun, akan sedikit berbeda dengan kehamilan yang tidak normal. Nyeri perut yang dirasakan perempuan hamil di area kiri bawah bisa saja menjadi pertanda kehamilan yang tidak normal. Beberapa kasus kehamilan yang abnormal yang mencetuskan gejala seperti ini adalah:

1. Kehamilan Ektopik Terganggu
Kehamilan tetap terjadi, akan tetapi tidak di rahim yang merupakan tempat yang normal. Proses pembuahan terjadi di saluran tuba dan kemudian zigot menempel di sana. Tempat implantasi yang tidak seharusnya ini menyebabkan perdarahan (karena janin tidak kuat menempel) yang keluar ke rongga perut atau vagina dan nyeri yang dapat dirasakan hebat di area perut (bila dirasakan di kiri bawah kemungkinan terjadi implantasi di saluran tuba kiri).

Sah-sah saja bila dinyatakan sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil pada kehamilan ektopik terganggu. Namun, biasanya gejala nyeri ini datang belakangan setelah beberapa gejala kehamilan normal pada umumnya.

2. Infeksi Saluran Kemih
Seringkali wanita yang baru saja berhubungan mengira mendapatkan kehamilan lantaran merasakan nyeri perut di sebelah kiri bawah. Kita harus cermat dalam hal ini. Kenali dahulu gejala dan tanda umum kehamilan sebelum mengira hal ini kehamilan. Amati apakah ada gejala berupa payu dara yang mengeras, menstruasi tidak terjadi, dan mual serta muntah yang merupakan gejala dini kehamilan. Bila tidak dirasakan maka kemungkinan besar itu bukanlah suatu kehamilan.

Tidaklah dianggap sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil. Hal ini lebih dekat kepada infeksi saluran kemih dimana pasangan melakukan hubungan yang kurang higienis. Bisa saja wanita kurang menjaga higienitasnya (cebok ke arah depan) atau tidak membiasakan buang air kecil setelah berhubungan.

Penyebab Lain Nyeri Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita

Adapun penyebab lain munculnya sakit perut sebelah kiri bawah yang bukan merupakan tanda hamil pada perempuan, antara lain:
  • Batu di saluran kemih kiri.
  • Penyakit endometriosis.
  • Penyakit radang dan infeksi panggul
  • Kista ovarium (lokasi di kiri)
  • Penyakit radang lambung dan usus (gastroenteritis)
  • Akibat konstipasi (BAB keras dan tidak lancar).
  • Penyakit divertikulitis.
  • Tumor berupa polip pada usus di kuadran kiri bawah.
  • Kanker usus atau kanker rektum.


Nah, dari sekian banyak penyakit dan keadaan yang dapat mencetuskan nyeri perut kiri bagian bawah maka diperlukan dokter atau ahli kesehatan untuk memilah-milah informasi dari individu yang mengalami nyeri. Pengambilan data informasi dapat bersumber dari keterangan individu ataupun hasil objektif berupa pemeriksaan fisik dan laboratorium.

Dari hasil pemeriksaan dokter inilah dapat ditentukan bahwa apakah sakit perut sebelah kiri bawah dan pinggang tanda hamil atau bukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan mencerahkan pembaca.

Baca juga:
👉 Bahayakah sakit perut sebelah kiri saat haid?
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Apakah Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil Pada Wanita?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>