Kode ICD 10 Serumen Prop - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode ICD 10 Serumen Prop

Kode ICD 10 serumen prop untuk entri kode BPJS Kesehatan - Pembuatan artikel ini dimaksudkan untuk memudahkan pada pengentri untuk melakukan entri kode Pcare BPJS kesehatan dalam sistem rujukan dan kelengkapan rekam medis di era JKN.


Sebelum kita masuk ke inti pembahasan mari kita pelajari secara singkat tentang apa itu serumen prop. Hal ini untuk menambah wawasan dan memudahkan penggolongan penyakit. Yuk disimak.

Serumen Prop Telinga
Serumen sering disebut sebagai kotoran telinga oleh orang awam. Ini adalah suatu hasil dari suatu proses pertahanan alami tubuh untuk memberikan perlindungan terhadap telinga dari bahaya benda asing dan agen penyebab infeksi.

Serumen berperan untuk membersihkan dan melumasi saluran telinga. Selain itu, serumen ini bertugas sebagai pelindung dengan cara menghambat pertumbuhan agen penyebab infeksi. Serumen juga dapat mencegah benda asing seperti kotoran, air yang dapat menyebabkan iritasi, dan debu masuk lebih dalam ke telinga bagian tengah

Nah, serumen prop adalah suatu keadaan dimana telah terjadi penumpukan serumen di bagian saluran telinga luar. Tumpukan ini seringkali menyebabkan penyumbatan yang dapat mengganggu fungsi pendengaran.

Jumlah serumen yang masih dalam batas normal tidak perlu sering dibersihkan. Pada umunya serumen dapat berpindah ke luar telinga dengan sendirinya. Upaya pembersihan yang gegabah justru dapat menimbulkan iritasi yang memicu infeksi.

Namun, ada kalanya telinga kemasukan kotoran yang susah dikeluarkan secara otomatis oleh telinga.  Pembersihan harus dilakukan oleh dokter atau tenaga kesehatan yang ahli. Pembersihan biasanya dilakukan pada kelompok usia lanjut, para pengguna alat bantu dengar, dan individu yang pernah mengalami serumen prop.

Penyebab Serumen Prop
Pada dasarnya ada berbagai kondisi yang dapat mencetuskan terjadinyas serumen, antara lain:
  • Kotoran telinga mudah mengalami pengerasan.
  • Riwayat saluran telinga sering kemasukan benda, misalnya earphone (ear plug lainnya), cotton bud, dan alat membantu pendengaran.
  • Anatomis saluran telinga yang sempit.
  • Penumbuhan tulang pada saluran telinga.


Berikut Kode Diagnosis ICD 10 Serumen Prop untuk Entri BPJS

Kondisi serumen prop dalam bahasa Inggris disebut dengan Impacted cerumen. Kode diagnosis ICD 10 nya tergantung lokasi tempat terjadi nya serumen prop. Berikut ini rinciannya.
  • H61.2 Impacted cerumen
  • H61.20 Impacted cerumen on unspecified ear
  • H61.21 Impacted cerumen on right ear (serumen prop di telinga kanan)
  • H61.22 Impacted cerumen on left ear (letak serumen prop di telinga kiri)
  • H61.23 Impacted cerumen on bilateral ear (kedua telinga terkena serumen prop).


Nah, itu tadi rincian dan penjelasan kode ICD 10 serumen prop untuk entri diagnosis pada Pcare BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan mendatangkan manfaat. Simak juga kode lainnya di tautan di bawah ini:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kode ICD 10 Serumen Prop"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>