Menu dan Fitur Pcare - Primary Care BPJS Kesehatan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu dan Fitur Pcare - Primary Care BPJS Kesehatan

Tahukah Anda sekalian mengenai layanan primary care BPJS atau lebih sering disebut dengan Pcare BPJS Kesehatan? Ternyata BPJS telah memberi kemudahan dalam hal pelayanan dengan mengeluarkan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan.

aplikasi-new-pcare-bpjs-kesehatan-terbaru

Pada artikel ini kami akan bahas mengenai aplikasi pcare ini dengan lengkap dan diupayakan mudah untuk dimengerti. Yuk mari simak pembahasannya di bawah ini.

Pcare BPJS Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Pcare BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Primary Care Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Primary care BPJS adalah suatu aplikasi yang bekerja dengan basis website yang diperuntukkan kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Sebenarnya aplikasi ini telah dilauching di tahun 2014 dan terus disempurnakan fungsi dan manfaatnya seiring waktu. Perbaharuan dan penyempurnaan disesuaikan dengan sarana, prasarana, dan kebutuhan puskesmas, klinik, dan praktek mandiri.

Aplikasi ini mengandung sistem informasi dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Pihak FKTP bisa langsung membuat akses ke pusat server BPJS Kesehatan. Hal semacam ini akan lebih memberi kemudahan pada pihak faskes untuk entri dan rekap pendaftaran pasien, memasukkan kode diagnosis Pcare BPJS Kesehatan yang sesuai, pemberian obat, dan pelatanan pemeriksaan laboratorium.

Oleh karena aplikasi ini berbasis web maka dibutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Kecepatan internet minimal yang harus dimiliki adalah 512 kbps. Anda dapat mengakses alamat subdomain pcare ini yaitu: https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id melalui laptop, komputer, atau browser ponsel pintar.

Namun, akhir-akhir ini telah dilakukan update dan perbaharuan sehingga aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dalam bentuk aplikasi android. Silahkan unduh aplikasinya di google play store. Pelajari cara download aplikasi Pcare BPJS Kesehatan agar lebih memudahkan proses unduhan.

Aplikasi ini tidak bersifat umum dan terbuka. Tidak semua user yang bisa melakukan akses ke pelayanan pcare BPJS ini. Pihak yang dapat mengakses adalah fasilitas kesehatan yang telah terdaftar secara resmi ke BPJS Kesehatan dan kepadanya telah diberikan kode username dan passwordnya untuk dapat melakukan akses ke aplikasi pcare.

Bila dalam perjalanan waktu pemilik user lupa akan passwordnya maka dapat langsung mengontak pihak BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan dalam masalah ini. Pahami juga tips cara membuka aplikasi Pcare BPJS Kesehatan yang bermasalah bila Anda menemukannya atau silahkan eksplore informasinya di blog kami ini.

Fitur Menu Pcare BPJS Kesehatan

Aplikasi primary care BPJS versi baru ini memiliki 5 buah menu dan fitur penting. Fitur tersebut adalah:
1. Home
Ini adalah halaman depan/ halaman awal (front page) dari aplikasi. Pengguna bisa langsung kembali ke halaman awal dengan cara meng-klik menu ini.

2. Entri Data
Menu ini berfungsi untuk memasukkan data pendaftaran atau pelayanan. Data pendaftaran adalah data yang dimasukkan ke dalam menu ini saat pasien datang berobat ke FKTP yang bersangkutan. Data-data yang dimasukkan saat pendaftaran ini antara lain:

  • tanggal pendaftaran,
  • jenis perawatan (rawat jalan atau rawat inap),
  • keluhan,
  • hasil pemeriksaan fisik (tingkat kesadaran, tinggi badan dalam cm, dan berat badan dalam kg).
  • Nilai tekanan darah (nilai sistole dan diastole).
  • Nilai frekuensi nafas (respiration rate).
  • Nilai frekuensi denyut jantung (heart rate).


Setelah itu, dianjurkan untuk memeriksa kembali data yang dimasukkan apakah benar atau tidak. Bila telah yakin betul maka klik tombol "simpan" untuk melakukan penyimpanan data atau klik tombol "batal" bila ingin memperbaiki input data.

Sementara itu, data pelayanan adalah data tentang pelayanan dan terapi yang didapatkan oleh pasien. Data ini diinput pada kolom terapi dan diagnosis berdasarkan diagnosis penyakit dan pengobatan yang diberikan oleh dokter.

Pada data pelayanan ini juga terdapat menu untuk membuat rujukan. Aplikasi akan menyediakan fasilitas tempat rujukan yang tersedia. Cara membuat rujukan dengan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan ini adalah:

  • Di fitur "pelayanan pasien" pilihlah opsi "rujuk lanjut" pada bagian status pulang pasien.
  • Setelah itu, pilihlah bagian spesialis di fasilitas rujukan disesuaikan dengan keadaan penyakit dan kebutuhan pasien, lalu klik tombol "cari Faskes Rujukan".
  • Tampilan pilihan fasilitas kesehatan rujukan akan muncul dimana akan berisi nama RS, jenis kelas, alamat, jarak tempuh RS, jadwal praktek, dan nomor kontak RS.


3. Lihat Data
Ini adalah menu tambahan dimana berisi review dari data jenis dan jumlah kunjungan, jumlah peserta yang terdaftar di FKTP tersebut, dan list 10 penyakit terbanyak.

4. Tools
Fitur ini dipakai untuk proses pengubahan password aplikasi Pcare BPJS Kesehatan bila dibutuhkan. Di samping itu, pengolahan data-data tenaga medis yang bekerja di FKTP dapat dilakukan di sini.

5. Log Out
Fitur ini dipergunakan untuk keluar dari aplikasi Pcare. Usahakan dan pastikan bahwa setiap kali selesai menggunakan aplikasi, Anda telah log out dari aplikasi. Hal ini akan mengurangi risiko penyalahgunaan aplikasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Bagaimana cara memakai aplikasi pcare BPJS kesehatan ini? Sebenarnya ada dua cara yaitu melalui browser dan aplikasi smartphone. Pertama sekali kita jelaskan cara menggunakan aplikasi pcare dengan browser, yaitu:

  1. Buka browser (google chrome, internet explorer, opera, atau browser bawaan) pada komputer personal atau telpon pintar Anda.
  2. Setelah itu akses situs https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id.
  3. Lalu isikan kolom username dan password sesuai dengan data user dan password FKTP Anda.
  4. Lalu klik log in.
  5. Lalu Anda akan menemukan menu dan fitur yang telah disebutkan di atas.

pcare-bpjs-kesehatan
Menu login pcare BPJS Kesehatan berbasis web

Sementara itu, bagaimana cara memakai aplikasi pcare BPJS Kesehatan dengan aplikasi? Sebenarnya caranya hampir sama. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di google playstore sebelum dapat digunakan di smartphone. Setelah Anda memasang aplikasi, silahkan masuk ke aplikasi dengan mengisi username dan password. Lalu Anda akan dihantar ke jenis menu yang telah disebutkan di atas. Langkah selanjutnya sama seperti di atas.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Apa saja manfaat yang didapat dengan menggunakan aplikasi pcare BPJS Kesehatan? Bagi FKTP yang telah didaftarkan ke aplikasi ini, maka akan memperoleh bermacam manfaat seperti dijelaskan di bawah ini:
1. Proses Pendaftaran Pasien Semakin Mudah
Dengan melakukan input nomor peserta BPJS maka secara otomatis data pasien akan terekam di dalam sistem berdasarkan data dari kantor BPJS. Admin hanya perlu memperbaharui data-data pendukung yang lain.

2. Memudahkan Proses Diagnosis Penyakit
Tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan akan lebih praktis dalam melakukan review riwayat penyakit sehingga pemberian tatalaksana dapat dilaksanakan lebih tepat dan cepat.

3. Terintegrasinya Data Pasien
Data pasien yang telah tersimpan di aplikasi pcare akan dapat di akses bentuk ringkasannya di semua layanan kesehatan yang juga telah menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, hal ini memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengakses layanan kesehatan yang sifatnya darurat. Selain itu, tenaga medis juga lebih mudah dalam menegakkan diagnosis dan memberikan obat yang tepat.

4. Sistem Rujukan Pasien Yang Semakin Praktis
Sistem rujukan akan semakin mudah karena telah ditetapkan alur dan cara perujukan melalui online. Rujukan ini sangat bermanfaat pada kasus-kasus dimana FKTP tidak sanggup dalam pemeriksaan dan tatalaksana penyakit pasien.

Nah, itu tadi beberapa ulasan tentang pcare BPJS Kesehatan (Primary Care BPJS Kesehatan). Silahkan daftarkan fasilitas kesehatan tingkat pertama Anda bila belum memiliki akses ke aplikasi pcare. Banyak keuntungan dan manfaat yang akan didapatkan termasuk kemudahan dalam pengolahan data karena data sudah terintegrasi serta memberikan manfaat kepada pasien berupa diagnosis, pengobatan, dan sistem rujukan yang lebih tertata rapi.

Baca juga artikel terkait:
👉 Aplikasi New Pcare BPJS Kesehatan versi terbaru
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Menu dan Fitur Pcare - Primary Care BPJS Kesehatan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>