Daya Tahan ASI (Air Susu Ibu) - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daya Tahan ASI (Air Susu Ibu)

Tidak jarang ibu yang sibuk bekerja mengeluarkan ASI nya dengan cara dipompa. Hal ini bisa saja dilakukan, akan tetapi ibu harus mengetahui bahwa daya tahan ASI sangat bergantung pada suhu dan media penyimpanannya. Sang ibu tidak boleh sembarangan dalam menyimpan ASI. Cara menyimpan ASI harus benar agar tetap awet dan dapat diminumkan kepada bayi.

daya tahan ASI di suhu ruang
gambar air susu ibu disimpan di dalam botol

Berikut ini kami rincikan bagaimana daya tahan air susu ibu bergantung kepada suhu dan media tempat penyimpanan. Silahkan disimak dengan baik.

Daya Tahan ASI (Air Susu Ibu)

1. Air susu ibu disimpan di suhu ruangan
Suhu ruangan dapat berkisar antara 16 sampai 29 derajat celsius. Daya tahan ASI dalam suhu ruangan biasanya sampai 8 jam. Namun, sebenarnya ini tidak mutlak karena bergantung akan jenis air susu ibu; apakah ASI masih segar atau ASI beku yang sudah dicairkan. Perinciannya di bawah ini:
  • ASI segar dapat bertahan 3 sampai 4 jam. ASI dapat bertahan lebih lama hingga 6 sampai 8 jam bila wadah penyimpanannya (botol atau plastik) dan cara penyimpanannya dalam kondisi bersih atau steril.
  • ASI beku yang sudah cair dapat bertahan hingga 4 jam.
  • Daya tahan ASI yang telah dihangatkan relatif singkat. Ini tidak dianjurkan untuk disimpan pada suhu ruangan sehingga sebaiknya diminum oleh bayi.
  • ASI yang sudah diminum bayi dapat bertahan dalam waktu 1 jam. Bila masih ada sisa dalam waktu 1 jam sebaiknya dibuang. Kenapa sisa ASI tidak bertahan lama? Oleh karena ASI yang sudah diminum bayi telah terkontaminasi dengan bakteri dari mulut bayi sehingga sebaiknya dihabiskan dalam waktu satu jam. (Bila Anda yakin setelah 1 jam air susu ibu belum menunjukkan tanda-tanda basi maka boleh diberikan kepada bayi, akan tetapi bila Anda ragu sebaiknya jangan diberikan).


2. Air susu ibu disimpan di cooler bag dengan es batu

daya tahan ASI dalam cooler bag
gambar cooler bag

Suhu cooler bag berisi es batu bisa berkisar antara 4 hingga 15 derajat celsius. Dalam suhu ini daya tahan ASI segar di cooler bag adalah 24 jam. Air susu ibu yang sudah dihangatkan dan sisa ASI yang belum diminum bayi (walaupun belum lewat 1 jam sebagaimana penjelasan di atas) tidak disarankan untuk disimpan di cooler bag es ini. Susu lebih baik dibuang bila tidak diminum.

3. Air susu ibu disimpan di lemari es
Suhu lemari es berkisar antara 0 sampai 4 derajat celsius. Daya tahan ASI di kulkas dapat bertahan maksimal sampai 8 hari, akan tetapi kembali lagi ini bergantung pada jenis dan kondisi air susu ibu. Berikut rinciannya:
  • ASI segar yang disimpan di kulkas dapat bertahan secara optimal sampai 3 hari. Pada kondisi dimana wadah penyimpanan terjaga kebersihatan atau kesterilannya maka dapat bertahan hingga 8 hari.
  • ASI beku yang telah dicairkan sebaiknya diminum dan jangan disimpan lagi di dalam kulkas. Namun bilamana ibu tetap menyimpannya maka ini dapat bertahan selama 24 jam.
  • ASI yang sudah dihangatkan dapat disimpan di dalam kulkas. ASI ini dapat bertahan kurang dari 4 jam sebelum diminumkan.
  • Sisa air susu setelah diminum bayi (kurang dari 1 jam) tidak disarankan untuk disimpan dalam kulkas. Lebih baik dibuang.


4. Air susu ibu disimpan di freezer lemari es satu pintu
Suhu media penyimpanan ini sekitar minus 15 derajat celsius. Daya tahan ASI dalam freezer kulkas satu pintu bisa sampai maksimal dua minggu. Untuk ASI beku yang telah dicairkan tidak dianjurkan dibekukan lagi pada media ini. Begitu juga pada ASI yang sudah dihangatkan atau bekas ASi yang belum dihabiskan bayi sangat tidak dianjurkan untuk dibekukan lagi dalam freezer ini.

4. Air susu ibu disimpan pada freezer lemari es dua pintu
Suhu tempat penyimpanan seperti ini kira-kira minus 18 derajat celsius. Daya tahan ASI di freezer kulkas dua pintu dapat bertahan selama 3 sampai 6 bulan bila disimpan pada media ini. Namun, sama seperti kulkas satu pintu, untuk ASI beku yang telah cair, ASI yang telah dihangatkan, dan bekas ASI yang belum habis sangat tidak dianjurkan untuk disimpan di media ini.

5. Air susu disimpan dalam freezer tunggal
Media penyimpanan ini bersuhu sekitar kurang dari minus 18 derajat celsius. Air susu ibu bisa disimpan paling lama selama 12 bulan pada freezer tunggal. ASI beku yang telah cair, bekas ASI, dan ASI yang telah dihangatkan tidak boleh disimpan di dalam freezer jenis ini.

Nah itu tadi seputar bahasan masalah ketahanan ASI yang dikaitkan dengan media penyimpanannya. Semoga bermanfaat. Silahkan dibagikan kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman Anda terutama bagi para ibu menyusui yang sibuk bekerja.

Post a Comment for "Daya Tahan ASI (Air Susu Ibu)"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>