Tips dan Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Meradang Dalam Semalam - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Meradang Dalam Semalam

Anda pasti pernah mengalami situasi dimana muncul jerawat yang membengkak di wajah Anda sementara besok adalah hari yang penting untuk Anda. Tentunya akan sangat membuat kesal ketika jerawat yang memerah harus muncul di saat besok adalah hari pesta Anda atau hari presentasi Anda.

Cara menghilangkan jerawat meradang dalam semalam
gambar jerawat merah meradang

Memang banyak obat jerawat yang dapat dipakai seperti salep antibiotik doxycycline,  eryhtromycin, minocycline, atau tetracycline. Namun, pemakaian obat topikal jerawat seperti ini biasanya membutuhkan beberapa hari untuk mengaburkan dan menghilangkan jerawat.

Apa Penyebab Jerawat Merah Meradang ?

Untuk meringankan jerawat merah yang mengganggu kita harus tahu dahulu apa penyebab jerawat merah meradang tersebut.

Kemerahan pada jerawat bukan merupakan suatu bentuk luka melainkan suatu jenis peradangan. Proses jerawat merah meradang dimulai dengan produksi sebum yang berlebihan sehingga melampaui dinding folikel kulit. Sebum ini akan bercampur dengan sel kulit mati sehingga mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori.

Sumbatan pori-pori adalah area yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Selain itu, zat sisa-sisa radikal bebas yang menempel pada kulit akan membuat kerusakan pada jaringan. Keberadaan bakteri yang menginfeksi dan kerusakan jaringan inilah yang membuat jerawat berwarna kemerahan dan membengkak di permukaan kulit.

Bilamana infeksi bakteri tidak berlanjut maka warna kemerahan dan bengkak akan hilang dengan sendirinya. Namun bila infeksi bertambah parah maka berkemungkinan terbentuk nanah. Warna merah (atau merah kehitaman) yang tidak beranjak dalam waktu yang lama menunjukkan telah terjadi luka bekas jerawat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang dalam semalam?

Setelah mengetahui penyebab nya maka ada dua hal penting yang harus diketahui untuk menghilangkan warna kemerahan pada jerawat dalam waktu semalam. Pertama sekali, kemerahan adalah akibat proses preadangan. Perawatan yang digunakan haruslah untuk mengurangi efek dari proses peradangan ini.

Yang kedua adalah jerawat harus disembuhkan juga dengan cepat. Penatalaksanaan penyebab jerawat juga harus dilakukan agar cara cepat menghilangkan jerawat meradang dalam semalam tidak hanya berlangsung beberapa hari, akan tetapi mendapatkan kesembuhan untuk jangka waktu yang panjang.

Untuk hal yang pertama, ada bermacam perawatan yang cukup efektif dan simple yang dapat Anda lakukan. Anda dapat melaksanakannya di rumah, ya bisa juga satu malam sebelum hari penting Anda. Gunakan bahan-bahan di bawah ini sebagai cara menghilangkan jerawat meradang secara cepat.

1. Manfaatkan es batu
Ini merupakan metode dan cara tercepat. Penempelan es batu pada kulit yang mengalami jerawat akan mengurangi proses peradangannya. Perlu diingat bahwa jangan langsung menempekan es batu ke kulit Anda. Sebelum menempel balut terlebih dahulu es batu dengan kain yang bersih (untuk mejaga higienitas). Setelah itu tempelkan ke kulit (jangan terlalu menekan) lalu tunggu beberapa menit. Anda dapat mengulanginya dalam beberapa menit kemudian untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2 Gunakan pasta gigi
Orang luar negeri sering menggunakan pasta gigi untuk mengatasi kemerahan pada jerawat. Namun, di Indonesia pemanfaatannya masih bersifat jarang. Orang Indonesia banyak menggunakan pasta gigi sebagai obat akibat luka bakar. Sebenarnya intinya sama, pasta gigi dapat mengurangi proses peradangan pada luka bakar begitu pun kemerahan pada jerawat.

Kenapa pasta gigi dapat mengurangi kemerahan pada jerawat? Hal ini disebabkan pasta gigi mengandung silica yang berfungsi untuk mengeringkan jerawat. Namun, Anda harus hati-hati karena tidak semua pasta gigi dapat digunakan. Pasta gigi yang mengandung banyak komposisi mentol dan flouride justru menyebabkan iritasi kulit dan menimbulkan lebih banyak jerawat.

3. Manfaatkan aspirin
Kebanyakan orang mengetahui Aspirin sebagai obat sakit kepala. Padahal ini dapat digunakan sebagai obat mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin ini termasuk golongan obat anti peradangan yang sifatnya non-steroid. Sebenarnya banyak obat sejenisnya yang dapat dipakai, akan tetapi kami mengambil contoh obat tersebut karena obat ini cukup lumrah di lingkungan masyarakat.

Obat aspirin ini memiliki kandungan asam salisilat yang dapat mengurangi proses peradangan. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, kita tidak memakai aspirin dengan cara diminum. Belah aspirin menjadi dua bagian, gerus halus dengan air, lalu oleskan pada kulit yang terkena jerawat. Diamkan olesan selama kurang lebih 30 menit.

Nah, untuk hal yang kedua adalah penggunaan obat-obatan untuk menyembuhkan jerawat dengan menghilangkan akar penyebabnya. Biasanya ini dilakukan untuk jerawat yang sifatnya membandel. Bilamana Anda tidak mendapatkan kesembuhan dengan cepat dengan cara yang dijelaskan di atas maka pertimbangan cara kedua ini dengan bantuan konsultasi medis.

Walaupun kemerahan pada jerawat dapat mengganggu penampilan Anda, namun ini tidaklah seburuk luka yang menetap akibat jerawat. Perlu Anda tahu bahwa dengan menghilangkan kemerahan tidak berarti itu dapat menurunkan risiko terjadinya luka bekas jerawat. Obati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terbentuknya bekas jerawat.

Nah, itu tadi tulisan tentang tips dan cara cepat menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam. Semoga bermanfaat.

Sumber
https://www.acneadvices.com/2018/09/how-to-reduce-acne-swelling-with-ice-cube.html Diakses pada 24 Maret 2019
https://www.wikihow.com/Get-Rid-of-Acne-Redness-Fast Diakses pada 24 Maret 2019
https://www.acneadvices.com/2018/07/how-to-get-rid-of-acne-with-aspirin.html Diakses pada 24 Maret 2019

Post a Comment for "Tips dan Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Meradang Dalam Semalam"