Susu Formula Yang Menyerupai ASI - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Susu Formula Yang Menyerupai ASI

Susu formula yang menyerupai ASI - Kita tahu bahwa air susu ibu atau ASI memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Sehebat apa pun susu formula yang ada di pasaran, dianggap masih belum bisa untuk menandingi manfaat dan kegunaan ASI. Akan tetapi, akhir-akhir ini terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ada susu formula yang sepertinya akan bisa memberikan manfaat layaknya ASI.

Benarkah ada susu formula yang menyerupai ASI? Seperti apakah susu tersebut?

Susu Formula yang Menyerupai Respon Imun ASI

Sebuah studi yang dilaksanakan untuk mempelajari air susu ibu justru mendapatkan fakta bahwa gula alami yang ada di dalam ASI ternyata dapat dimasukkan ke dalam komposisi susu formula. Pada kemudiannya, susu formula yang telah mengandung gula alami tersebut akan juga memberikan manfaat layaknya ASI. Hal ini dikhususkan pada memberikan respon imun yang mirip dengan ASI sehingga bayi tidak terlalu berisiko dengan eksim.

Seorang ibu menyusui dapat menggunakan 500 kalori tiap harinya untuk menghasilkan air susu ibu. Sepuluh persennya dipakai untuk menghasilkan gula kompleks yang dikenal dengan HMO (human milk oligosaccharides). Sangat disayangkan, kandungan HMO ini tidak dapat diserap oleh pencernaan bayi yang belum sempurna. Padahal kompleks gula seperti ini bisa mencegah penyakit infeksi berbahaya misalnya dari bakteri E. coli.

gambar susu formula yang menyerupai asi
gambar ilustrasi susu formula

Walaupun organ pencernaan bayi masih sederhana, tetapi itu mempunyai cukup banyak kandungan bakteri B. infantris yang juga baik untuk menjaganya dari berbagai macam penyakit yang menimbulkan bahaya.

Harapan pada susu formula yang menyerupai ASI

Pendapat pakar kesehatan Dr. Nikola Andreas dari Imperial College London mengatakan bilamana percobaan memasukkan kandungan gula alami seperti ASI ke susu formula menunjukkan hasil yang memuaskan, tentunya ini akan membuat kemajuan di bidang medis.

Dr. Nichola Andreas telah melakukan penelitian tentang peran HMO terhadap kolonisasi bakteri streptokokus grup B. Judul aslinya "Role of human milk oligosaccharides in Group B Streptococcus colonisation." Silahkan lihat hasil penelitiannya di tautan di bawah ini:

Hasilnya menunjukkan secara in-vitro bahwa lacto-N-difucohexaose I (LNDFHI) berhubungan dengan berkurangnya pertumbuhan kolonisasi bakteri streptokokus grup B. Lacto-N-difucohexaose I (LNDFHI) adalah bagian dari HMO. Jadi, HMO khususnya LNDFHI disarankan menjadi bahan tambahan dalam mengurangi kolonisasi bakteri streptokokus grup B pada ibu dan bayi.

Peningkatan kualitas susu formula akan menjawab kesulitan para ibu yang tidak bisa memberikan ASI nya karena alasan medis. Mudah-mudahan segera hadir susu formula yang menyerupai ASI. Memang, studi dan percobaan ini masih dalam tahap awal. Namun, kita mengharapkan hasil yang baik ke depannya.

Post a Comment for "Susu Formula Yang Menyerupai ASI"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>