Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Selulitis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Selulitis

Seperti judulnya, artikel ini menjelaskan seputar kode diagnosis pcare BPJS Kesehatan menurut ICD X untuk penyakit selulitis. Diharapkan postingan ini dapat memudahkan para tenaga kesehatan dalam melakukan entri kode-kode penyakit saat kunjungan pasien.


Kode Diagnosis Pcare BPJS Untuk Penyakit Selulitis

Seperti biasa, sesuai dengan tujuan blog ini, kami akan membahas secara singkat tentang penyakit ini. Hal ini dilakukan untuk menambah wawasan kesehatan para pembaca.

Pengertian Penyakit Selulitis

Selulitis merupakan suatu infeksi bakteri pada jaringan kulit. Ini membuat kulit menjadi kemerahan, bengkak, teraba lembek, dan menimbulkan nyeri saat ditekan.

Keadaan seperti ini biasanya terjadi di kulit tungkai bawah, akan tetapi dapat juga terjadi di bagian tubuh yang lain. Penyakit ini dapat dialami oleh semua usia, baik anak-anak maupun lansia.

Selulitis dapat saja menjadi keadaan yang mengancam nyawa bilamana tidak dilakukan penanganan yang baik dan segera. Infeksi dapat menyebar melalui aliran getah bening dan pembuluh darah.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang menular. Kenapa? Oleh karena selulitis terjadi pada lapisan kulit manusia yang lebih dalam (subkutan atau pun dermis). Lapisan subkutan dan dermis yang terkena tidak akan menularkan bakteri karena tidak bersinggungan dengan lingkungan luar.

Penyebab Penyakit Selulitis

Umumnya penyakit ini diakibatkan oleh bakteri Streptococcus dan Staphylococcus. Biasanya bakteri ini masuk melalui luka di kulit misalnya luka gores, gigitan serangga, luka karena operasi, dan/ atau kulit yang teriritasi.

Faktor Risiko Penyakit Selulitis

Beberapa kondisi ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ini, yaitu:
  • Penyakit diabetes,
  • Penyakit hati, dan
  • Obesitas dengan kaki bengkak.

Gejala Penyakit Selulitis

Umumnya para penderita penyakit ini mengalami gejala-gejala di bawah ini, antara lain:
  • Kemerahan pada kulit yang terasa hangat dan dapat menyebar,
  • Kemerahan biasanya disertai bengkak,
  • Nyeri terutama saat penekanan,
  • Dapat timbul demam,
  • Timbulnya bintik-bintik merah,
  • Dapat timbul kulit melepuh,
  • Bisa muncul kulit yang berair yang dapat disertai nanah, dan/ atau
  • Dapat disertai pembengkakan pada kelenjar getahbening.

Pengobatan Penyakit Selulitis

Pengobatan akan disesuaikan dengan jenis dan derajat keparahan infeksi, serta keadaan umum pasien. Pilihan pertama dalam pengobatan adalah penggunaan antibiotik oral dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari.

Kode Diagnosis Penyakit Selulitis untuk Entri Pcare BPJS Kesehatan

Kode diagnosis pcare bpjs kesehatan penyakit selulitis

Kode diagnosa penyakit sinusitis yang digunakan dalam melakukan entri pcare BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:
  • celulitis: L03.9

Kode ini dirujuk dari kode ICD 10. Bila Anda membutuhkan kode diagnosa penyakit yang lain silahkan lihat pada tautan di bawah ini:

Nah, itu tadi postingannya. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi para pembaca terutama tenaga kesehatan yang berkutat dengan kode di era BPJS.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Selulitis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>