Manfaat Flavonoid Untuk Kesehatan Tubuh - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Flavonoid Untuk Kesehatan Tubuh

Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang ditemukan pada tumbuhan. Senyawa ini memiliki kekuatan antioksidan yang bisa memberikan banyak kegunaan penting pada kesehatan. Diet kaya flavonoid banyak dikaitkan dengan adanya penurunan risiko dari berbagai penyakit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah flavonoid saja memiliki peran atas manfaat ini dari seluruh makanan yang mengandung zat ini. Makanan kaya flavonoid termasuk coklat, apel, bawang, cranberry, teh, dan anggur merah.

Manfaat Flavonoid Untuk Kesehatan Tubuh
coklat hitam mengandung flavonoid

4 Manfaat Umum Flavonoid untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Antioksidan
Telah diketahui bahwa antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya seperti rokok dan zat kontaminan lingkungan lainnya. Kerusakan sel karena radikal bebas bisa meningkatkan kolesetrol LDL (kolesetrol jahat) yang berujung pada peningkatan risiko kejadian penyakit jantung.

Sebagai Anti-Inflamasi
Buah kakao dan cokelat mengandung sejenis flavonoid yang disebut flavonol yang bisa mengurangi proses peradangan di pembuluh arteri. Sebuah studi pada tahun 2009 di American Journal of Clinical Nutrition. dikemukakan bahwa konsumsi harian susu skim dengan 40 g bubuk coklat tanpa pemanis dapat mengurangi tingkat adhesi molekul pada manusia. Molekul adhesi bisa mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh arteri (aterosklerosis) sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Risiko Penyakit Jantung
Menurut Cleveland Clinic, flavonol dalam coklat bisa membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol sehingga membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, Selain itu, menurut Harvard Health Publications of Harvard Medical School, kakao dan cokelat hitam juga mempunyai manfaat positif pada proses pembekuan darah, fungsi arteri koroner dan sensitivitas insulin. Makanan kaya flavonoid yang lain yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung yaitu apel, bawang dan teh hitam, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa peningkatan asupan flavonoid yang tidak signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner atau risiko penyakit stroke, menurut Linus Pauling Institute. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan peran flavonoid dan makanan kaya flavonoid dalam risiko penyakit jantung.

Risiko Penyakit Kanker
Penelitian telah menemukan bahwa flavonoid dapat menghambat pertumbuhan berbagai kanker pada hewan. Pada manusia belum cukup bukti yang ada untuk menunjukkan bahwa asupan flavonoid yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kanker, menurut Linus Pauling Institute. Namun, para peneliti di Cornell University telah menemukan bahwa ekstrak dari bawang yang kaya flavonoid memberikan efek anti-proliferasi yang kuat terhadap hati dan sel-sel kanker usus besar.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Manfaat Flavonoid Untuk Kesehatan Tubuh"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>