Multi Fungsi Nomor Call Center BPJS Kesehatan Gratis Terbaru - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Multi Fungsi Nomor Call Center BPJS Kesehatan Gratis Terbaru

Update nomor Call Center BPJS Kesehatan untuk para peserta - Seiring dengan semakin tingginya mobilitas konsumen dan bertambah canggihnya teknologi maka pihak BPJS menghadirkan bermacam kemudahan untuk peserta dalam mengakses berbagai informasi seputar BPJS.

nomor-call-center-bpjs-kesehatan-bebas-pulsa
sumber gambar: bpjs-kesehatan.go.id

Telah hadir suatu menu layanan bersifat pusat panggilan atau call center. Diharapkan call center BPJS Kesehatan ini dapat memberikan kemudahan bagi para peserta tanpa perlu datang ke kantor cabang terdekat.

Nomor call center BPJS Kesehatan adalah 1 500 400. Banyak jenis layanan yang didapat dari hal ini mulai dari masalah data kepesertaan, pengaduan tentang pelayanan, dan konsultasi masalah kesehatan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

4 Layanan Pada Call Center BPJS Kesehatan Bebas Pulsa

BPJS menyediakan program call center untuk memanjakan para pesertanya. Simak yuk beberapa layanan yang dapat diterima dari program ini. Siapa tahu Anda tertarik atau pada suatu saat membutuhkan jenis pelayanan ini.

1. Pendaftaran Anggota Melalui Call Center BPJS Kesehatan Online

Cara daftar BPJS selain dengan cara manual dan online juga dapat dilakukan melalui sambungan telepon. Bila Anda bosan untuk mengantri di kantor BPJS atau tidak terlalu paham tentang cara mendaftar BPJS on line maka cara ini dapat dicoba.

Cukup telepon call center di nomor 1 500 400 dan utarakan maksud keinginan Anda. Anda akan dipandu dengan metode yang sederhana. Kemudahan akan dirasakan terutama bagi calon peserta mandiri atau para peserta bukan penerima upah (PBPU).

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan panggilan telepon adalah data-data diri Anda. Silahkan persiapkan dokumen-dokumen seperti dirincikan di bawah ini:

  • nomor kartu keluarga (KK)
  • nomor KTP (kartu tanda penduduk)
  • nomor telepon atau yang bisa dihubungi
  • alamat email (surat elektronik)
  • nomor rekening
  • nama fasilitas kesehatan yang dipilih


Setelah Anda memberikan semua data dan keterangan yang dibutuhkan oleh petugas maka Anda akan diberika sebuah nomor virtual account melalui SMS dan/ atau email. Nah, nomor inilah yang digunakan untuk melaksanakan pembayaran di bank-bank yang telah ditunjuk dalam kurun waktu kurang dari 30 hari sejak dikeluarkannya nomor.

Perlu diingat bahwa Anda harus memberikan alamat yang lengkap dan jelas kepada petugas. Mengapa? Oleh karena kartu yang Anda terima akan dikirm ke alamat yang Anda sebutkan ke petugas.

Selain berguna dalam pendaftaran diri Anda sendiri, layanan call center BPJS ini bisa juga dimanfaatkan untuk menambahkan anggota keluarga selain Anda untuk menjadi peserta juga. Sangat simpel dan mudah kan!

2. Update Data Dapat Dilakukan Via Call Center BPJS

Tidak hanya menjaadi anggota baru, perbaikan dan perubahan data yang berkaitan dengan kepesertaan juga dapat dilakukan melalui call center ini. Perubahan data dapat berupa pergantian identitas, pilihan fasilitas kesehatan, kelas rawatan, dan lain-lain.

Namun, ada bermacam syarat dan ketentuan berlaku agar bisa melakukan update data ini, antara lain:
Anda telah terdaftar sedikitnya 3 bulan di salah satu fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama bilamana ingin pindah ke faskes lainnya.
Perubahan kelas rawatan pada anggota mandiri (PBPU) hanya bisa dilakukan bila peserta telah menjadi anggota aktif sedikitnya 1 tahun pada kelas rawatan sebelumnya.

3. Konsultasi Masalah Kesehatan Melalui Call Center BPJS

Ternyata selain berkenaan masalah administrasi dan kepesertaan, call center ini juga dapat menjadi penyelesaian masalah-masalah kesehatan yang peserta alami. Memang nantinya tidak sedetail berkonsultasi dengan dokter secara langsung, akan tetapi dapat menjadi langkah awal dalam penyelasaian problema kesehatan.

Perlu diketahui bahwasanya layanan konsultasi ini belum dapat dilaksanakan selama 24 jam dalam sehari semalam. Peserta aktif dapat melakukan konsultasi pada hari Senin hingga Jumat di jam 07 WIB sampai jam 20.

4. Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Sesuai dengan namanya, call center ini juga akan menyediakan layanan informasi-informasi penting yang berkenaan dengan BPJS. Jadi, tidak hanya terbatas pada pelayanan update data seperti yang dijelaskan di atas, para peserta aktif juga dapat menggali informasi terkait cara dan outlet pembayaran, urusan FKTP, dan sebagainya.

Bila peserta memiliki unek-unek yang ingin diadukan, petugas khusus akan menanggapi hal tersebut. Anda akan dialihkan kepada petugas yang berwenang yang sesuai dengan permasalahan yang peserta alami.

Nomor Call Center BPJS Kesehatan Bebas Pulsa
Perlu diketahui bahwasanya 3 poin dari layanan di atas (poin 1, 2, dan 4) dapat diakses tanpa dilakukan tanpa dikenai biaya pulsa. Namun, bukan berarti lantaran layanan call center bpjs kesehatan gratis maka Anda boleh sebebas-bebasnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi anggota. Oleh karena itu pergunakanlah dengan bijak.

Untungnya lagi sifat layanan call center bpjs kesehatan 24 jam loh (kecuali layanan konsultasi kesehatan). Pergunakanlah dengan bijaksana dan seperlunya.

Nomor Layanan Call Center BPJS di Beberapa Kota Besar
Ada yang bertanya apakah di kota-kota besar ada layanan dengan menggunakan nomor khusus? Nah, jawabannya tidak demikian. Nomor call center bpjs kesehatan Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, Tangerang, Bekasi, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Hingga Makasar sama yaitu 1500400.

Nah, itu saja artikel tentang salah satu program pelayanan yang diberikan pihak BPJS. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi para pembaca dan semoga tulisan ini mudah dipahami.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Multi Fungsi Nomor Call Center BPJS Kesehatan Gratis Terbaru"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>