Pengertian Migrain - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Migrain

Menurut International Association for the Study of Pain (IASP), nyeri diartikan sebagai perasaan sensoris dan ataupun emosi yang sifatnya tidak menyenangkan. Perasaan ini berhubungan dengan keberadaan kerusakan jaringan, baik yang sudah rusak ataupun yang memiliki potensi akan menjadi rusak. Salah satu jenis nyeri adalah nyeri kepala (cephalgia).

pengertian dan definisi migrain
gambar ilustrasi sakit kepala

Pada tahun 2013, perhimpunan The International Headache Society mengelompokkan nyeri kepala ini ke dalam 2 grup utama, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder. Nyeri kepala primer maksudnya adalah nyeri kepala yang tanpa diakibatkan oleh adanya faktor penyebab yang jelas dan nyeri ini tidak ada hubungan dengan penyakit penyerta lainnya. Sementara itu, nyeri kepala sekunder adalah nyeri kepala yang dimunculkan oleh gangguan atau penyebab organik lainnya, seperti penyakit infeksi, tumor, trauma fisik ataupun psikis, dan lain sebagainya. Nah, migrain adalah salah satu jenis nyeri kepala primer.

Definisi dan Pengertian migrain

Definisi migrain adalah penyakit saraf yang umumnya menimbulkan gejala sakit kepala yang dirasakan berdenyut-denyut yang biasanya terjadi hanya pada satu bagian sisi kepala saja (pada kasus yang sangat jarang dapat terjadi pada keduanya). Selain itu, gejala penyerta dapat berupa perasaan mual hingga muntah, dan menjadi lebih sensitif terhadap keberadaan cahaya ataupun suara.

Pengertian Migrain Menurut WHO

Definisi migrain menurut WHO adalah salah satu dari jenis gangguan sakit kepala. Penyakit ini biasanya dimulai pada masa pubertas dan kejadiannya paling sering pada usia 35 tahun sampai 45 tahun. Jenis kelamin perempuan lebih rentan terkena gangguan ini yaitu sekitar 2 kali lebih banyak. Hal ini dikaitkan dengan pengaruh hormonal. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada situs WHO.

Pengertian Migrain Menurut Para Ahli
Banyak lagi definisi migrain menurut para ahli lainnya, akan tetapi kesimpulannya tidak jauh dari pengertian sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit ini adalah salah satu jenis sakit kepala yang masih belum diketahui penyebabnya dan umumnya memunculkan gejala sakit kepala pada satu sisi kepala yang terasa berdenyut-denyut.

Pengertian Abdominal Migraine

Pernahkah Anda mengetahui tentang abdominal migraine (migrain perut) ini? Apakah sakit kepala ini berbeda dengan abdominal migraine (migrain pada perut)? Yuk disimak penjelasannya agar tidak keliru.

Abdominal migraine adalah salah satu bentuk migren yang dapat diderita oleh anak-anak. Ini umumnya dialami oleh anak yang berumur 5 tahun sampai 9 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini dapat juga diderita oleh orang dewasa, akan tetapi kasusnya sangat jarang. Gejala dan tanda yang sering timbul adalah sakit perut, mual, dan muntah.

Abdominal migraine adalah suatu sindroma episodik yang cukup sering dikaitkan dengan penyakit migrain itu sendiri, riwayat penyakit yang sama dalam silsilah keluarga, dan mereka yang sering mengalami nyeri kepala migren pada waktu sebelumnya.

Gejala sakit dirasakan pada bagian tengah perut yang dapat berderajat ringan hingga berat. Selain rasa sakit perut, dapat timbul juga mual, muntah, hilangnya nafsu makan, dan pucat. Gejala dapat dirasakan selama kurang lebih 2 hingga 72 jam.

Jadi, antara sakit kepala migren dan abdominal migraine adalah hal yang berbeda. Namun, penting untuk diketahui bahwa gejala yang muncul pada bagian perut hampir sama. Penyebab gangguan perut ini juga dapat disebabkan oleh penyakit migren itu sendiri.

Nah, itu tadi ulasan tentang pengertian sakit kepala migrain. Untuk informasi dan penjelasan lengkap tentang hal ini, silahkan baca pada tautan di bawah ini

Post a Comment for "Pengertian Migrain"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>