Info Kesehatan | 4 Keanehan Lidah, Masalah dan Gejalanya - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Kesehatan | 4 Keanehan Lidah, Masalah dan Gejalanya

Info Kesehatan | 4 Keanehan Lidah, Masalah dan Gejalanya | www.kedokteran-kesehatan.blogspot.com - Lidah, beberapa orang sering menyebutnya sebagai otot terkuat dalam tubuh. Tanpa itu, kita tidak akan mampu berbicara atau makan, jadi sangat beruntung bila memilikinya. Alangkah malangnya ketika lidah kita menjadi bentuk yang aneh, kadang berada pada kondisi yang tidak bisa dijelaskan. Lets's check out keanehan yang dapat terjadi pada lidah kita

1. Geographic Tongue/ Map Tongue - Lidah seperti gambaran Peta
Berita baik nya dari lidah seperti ini adalah keadaan ini tidak sakit atau tidak terlalu sakit. Keadaan ini aman dan tidak dihubungkan dengan suatu jenis infeksi atau kanker. Berita buruknya adalah lidah Anda terlihat seperti gambaran peta. Lidah yang sehat dilapisi oleh benjolan kecil berwana merah muda keputih-putihan yang disebut papil. Pada map tongue terdapat bagian yang kehilangan papilnya sehingga berwarna merah dan kelihatan halus. 

info kesehatan
Geographic tongue. Credit: Bin im Garten, CC BY-SA 3.0
Mungkin menjengkelkan dan terlihat aneh pada kondisi seperti ini, tapi tidak perlu mengkhawatirkannya. Hal ini terjadi pada 1-3 persen orang, tapi dapat terjadi pada semua umur. Belum ada yang mengetahui penyebab pasti keadaan lidah seperti ini. Jika keadaan ini menyebabkan peradangan atau sensitivitas, Anda dapat mengunjungi dokter untuk menentukan obat penghilang nyeri, anti peradangan, atau vitamin.

2. Black Hairy Tongue
Mungkin, yang paling tidak menarik dari semua kondisi lidah adalah black hairy tongue. Lidah ini terlihat berwarna gelap dan berbulu lembut. Lagi-lagi, secara mengejutkan keadaan ini tidak sakit dan bilapun sakit sedikit hanya bersifat sementara. Penampakan black hairy tongue merupakan tangkai dari bakteri atau jamur yang tumbuh pada papil di dalam mulut. Hal ini menyebabkan papil tumbuh memanjang dan menghitam yang membuat proyeksi seperti rambut yang memiliki panjang dapat mencapai 15 kali panjang normal papil.

info kesehatan
Black Hairy Tongue. Credit: Com4

Black hairy tongue memiliki beberapa faktor risiko. Kebersihan mulut yang buruk, merokok, minum terlalu banyak kopi, dehidrasi, dan penggunaan antibiotik adalah beberapa faktor risikonya. Untungnya, membersihkan mulut secara sederhana dapat mengatasi faktor risiko tersebut. Menyikat dan membersihkan lidah secara seksama adalah cara terbaik untuk mengatasinya yang diiringi dengan minum cukup air putih. Menghindari atau berhenti merokok juga dapat mengurangi keadaan ini, selain juga bermanfaat untuk tubuh.

3. Fissured Tongue

info kesehatan
Fissured Tongue. Credit: koslovsk~commonwiki, CC BY-SA 3.0 .

Kondisi ini menggambarkan lidah dengan alur dan celah di permukaannya. Celah ini bervariasi dalamnya, lebih dahulu sering ada celah yang mencolok di bagian tengah lidah. Kondisi ini ditemukan pada sekitar 5 persen dari populasi, dan lebih umum terdapat pada pria. Fissured tongue juga terdapat pada 80 persen anak dengan sindrom down. Penyebab terbelahnya lidah tidak diketahui, tetapi hal ini tidak menyakitkan. Keadaan ini biasanya tidak diiringi dengan gejala, jadi tidak dipertimbangkan memberikan terapi.

4. Leukoplakia

info kesehatan
Leukoplakia. Credit: BodyParts3D/Anatomography .

Leukoplakia berarti tebal, plak putih yang terbentuk di dalam pipi, gusi, dan lidah. Plak tidak dapat diangkat. Dokter, seperti keadaan lidah lainnya, tidak tahu apa penyebab langsung leukoplakia, tetapi mereka menganggap tembakau sebagai zat yang bertanggung jawab dalam perkembangan kondisi ini. Leukoplakia bukanlah hal yang berbahaya, tetapi ini dihubungkan dengan tanda awal kanker. Banyak kanker terjadi pada area di sekitar leukoplakia, jadi sangat bijak bila Anda menemui dokter Anda bila menemukan leukoplakia pada mulut Anda.

sumber:
medicaldaily.com
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Info Kesehatan | 4 Keanehan Lidah, Masalah dan Gejalanya"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>