Tips Menentukan Jenis Makanan Sehat agar Bayi 6 Bulan Lebih Berbobot - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Jenis Makanan Sehat agar Bayi 6 Bulan Lebih Berbobot

Memilah makanan penambah berat badan untuk bayi 6 bulan keatas bagi ibu baru kadang terasa sulit. Selain belum punya pengalaman banyak, perempuan yang kali pertama mengasuh anak biasanya merasa semua jenis makanan menyehatkan, terutama sayur dan buah. Di sisi lain, sang buah hati pun harus tetap mendapatkan asupan ASI yang mencukupi dalam periode tertentu.

Tips Menentukan Jenis Makanan Sehat agar Bayi 6 Bulan Lebih Berbobot

Jenis makanan untuk penambah berat badan usia bayi 6 bulan keatas patut mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air, dan vitamin. Jika salah satu atau beberapa di antaranya tidak dapat dipenuhi, maka anak Anda akan rentan mengalami gangguan kesehatan. Sebut saja anemia akibat kekurangan zat besi atau KEP (Kekurangan Energi Protein), marasmus, hingga busung lapar. Kerusakan organ rentan terjadi saat asupan vitamin berada di bawah batas normal.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi si Kecil agar berat badannya bertambah tanpa mengusik kondisi kesehatannya?

Bijak Menentukan Makanan Penambah Berat Badan untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Sumber karbohidrat untuk MPASI
Makanan-makanan yang termasuk sumber karbohidrat memiliki unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Jenis makanan penambah berat badan bagi bayi umur 6 bulan keatas sarat karbohidrat akan menjadi sumber energi untuk batita. Karena susunan giginya belum sempurna, bayi harus menyantap MPASI bertekstur lembut. Beberapa hidangan yang dapat Anda buat dalam hal ini mencakup nasi tim, bubur beras merah, bubur beras ketan, bubur pisang, dan jus apel atau pil yang dihaluskan memakai food processor.

Jika Anda ingin mengolah sendiri sumber karbohidrat menjadi makanan untuk menambah berat badan bagi bayi usia 6 bulan keatas, ada sejumlah bahan yang dapat diolah. Antara lain singkong, gandum, labu, pisang, dan buah-buahan yang kaya gula buah atau fruktosa. Mengolah sumber karbohidrat secara tepat akan membuat kecerdasan motorik dan kognitif anak Anda bejalan baik, termasuk membantu penyusunan membran sel serta jaringan tubuh.

Sumber protein dan lemak untuk MPASI
Protein dan lemak adalah zat serta senyawa yang akan membuat bentuk tubuh anak proporsional serta tetap sehat. Sumber protein yang diberikan juga harus beragam dengan memadukan protein hewani dan protein nabati. Dari protein hewani, ada daging ayam cincang, susu, telur, udang, tuna, dan salmon yang dapat Anda pakai sebagai menu makanan bayi Anda. Sementara itu, protein nabati bisa didapatkan dari kacang polong, kedelai, jagung, kacang tanah, almond, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan lemak? Zat ini memang dapat meningkatkan berat badan anak, tetapi Anda harus menakarnya agar tidak berbalik membahayakan sang buah hati. Gunakan sumber lemak sehat yang berasal dari daging, telur bebek, keju, alpukat, dan susu. Mengonsumsi susu dalam jumlah yang tepat akan menunjang pertumbuhannya, memelihara temperatur tubuh dan jaringan, hingga membuat tubuh anak berisi secara sehat.

Mineral Lainnya Sebagai Makanan Penambah Berat Badan Bayi Umur 6 Bulan Keatas

Sumber air, vitamin, dan mineral untuk MPASI
Jenis makanan penambah berat badan dari kelompok ini umumnya datang dari buah dan sayur. Dari buah-buahan saja, kandugan air yang diperoleh dapat mencapai 30%, sedangkan sayur mayur memasok sekitar 20% air untuk tubuh. Sejumlah buah yang dapat Anda berikan untuk anak sebagai MPASI meliputi apel, semangka, dan jeruk. Untuk sayur, ada buncis, seledri, sawi, dan bayam. Menyoal vitamin, baik sayur dan buah sama-sama memberikan pasokan melimpah untuk bayi. Sumber air dan mineral dalam MPASI akan meningkatkan tumbuh kembang hingga mencegah dehidrasi.

Terakhir, menu makanan ini yang memasok mineral tak kalah beragam. Biasanya, sumber mineral dikenal akan kandungan garam tinggi, maka wajar kalau sebagian besar di antaranya datang dari keluarga seafood. Sebut saja cumi, kepiting, udang, dan kerang. Keju dan beberapa jenis sayur juga sarat akan mineral walau tidak sebanyak olahan laut. Sumber mineral sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bayi akan kalium, kalsium, fosfor, omega-3, dan asam folat.

💙 Salah satu resep yang dapat dicoba: Resep Bubur untuk Bayi 6 Bulan💙

Demikian informasi seputar jenis makanan penambah berat badan untuk bayi 6 bulan keatas. Semoga dapat membantu Anda menyiapkan MPASI menyehatkan dan lezat buat anak.

Post a Comment for "Tips Menentukan Jenis Makanan Sehat agar Bayi 6 Bulan Lebih Berbobot"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>