Tips Untuk Penderita Artritis dan Cara Mudah Membedakan Jenis Artritis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Untuk Penderita Artritis dan Cara Mudah Membedakan Jenis Artritis

Artritis adalah suatu penyakit sendi kronik yang ditanadai dengan nyeri dan inflamasi (peradangan). Kondisi ini seringkali mengakibatkan keterbatasan atau hilangnya kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan atau aktifitas. Ada berbagai jenis artitis, yang tersering yaitu oateoartitis (OA), artritis rematoid (AR), dan artritis gout. Semua jenis artritis ini memiliki gejala umum yaitu pembengkakan, rasa hangat, kemerahan, dan nyeri pada sendi yang terkena. Jika gejala di atas berlangsung selama 2 minggu maka kemungkinan besar penderita mengalami artritis.

Untuk membedakan jenis artritis dengan mudah dapat kita gunakan algoritma berikut :

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Anjuran untuk penderita artritis :
  • Olahraga secara teratur. aktivitas ini penting dilakukan untuk menjaga mobilitas sendi dan memeperkuat otot-otot sendi. Salah satu olahraga yang baik untuk penderita artitis adalah renang. Namun dapat dikonsultasikan lagi kepada dokter untuk menentukan jenis olahraga yang cocok.
  • Kompres panas dan dingin dapat dilakukan. Kompres hangat bertujuan untuk mengurangi kekakuan di sendi. Sedangkan kompress dingin untuk mnegurangi nyeri yang timbul.
  • Untuk penderita yang mengalami kelebihan berat badan sebaiknya segera menguranginya. Semakin berat badan maka akan semakin besar pula beban pada sendi, sehingga akan mengakibatkan trauma yang lebih besar.
  • Pelajari cara-cara menggunakan sendi yang tepat. Hal tersebut karena kebanyakan trauma pada sendi akibat kekeliruan penggunaan sendi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang berat, berjalan, berlari, dan sebagainya. Untuk mengatasinya sebaiknya hindari aktivitas yang mengakibatkan ketegangan pada sendi yang sakit.
  • Mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Salah satu artritis yang sering terjadi adalah gout. Hal ini diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Asam urat adalah hasil metabolisme dari purin, karena itu hindari makanan yang banyak mengandung purin, seperti, bir dan minuman beralkohol lain, jeroan, kacang-kacangan, daging, jamur, bayam, kembang kol, dll.
  • Perbanyak minum, hal ini baik untuk penderita asam urat karena dapat mengencerkan asam urat yang terdapat di dalam darah sehingga tidak menimbun di persendian.
Sumber: MIMS Indonesia Petunjuk Konsultasi edisi 11 2011/2012

Post a Comment for "Tips Untuk Penderita Artritis dan Cara Mudah Membedakan Jenis Artritis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>