Tips dan Cara Pencegahan Alergi Obat - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Pencegahan Alergi Obat

Banyak gejala yang ditimbulkan oleh suatu kondisi alergi obat. Gejala yang paling sering dirasakan adalah gatal dan timbulnya bengkak-bengkak pada kulit. Gejala-gejala lain dapat berupa bersin-bersin, hidung tersumbat dan mendadak mengalami pilek, sesak nafas, rasa tak enak yang sukar untuk diutarakan (pada dada seperti nyeri dada hingga berdebar-debar), rasa mual dan muntah, hingga dapat terjadi lemah dan pingsan.

Gejala alergi lain yang jarang muncul seperti bila zat alergen menyerang sistem saraf pusat maka akan timbul dampak gelisah hingga dapat berlaku kejang. Alergi pada sistem kardiovaskuler dapat memicu hipotensi yang membuat badan lemah hingga terjadinya syok yang dapat berujung pada kematian. Gejala yang mengancam jiwa juga bila terjadi pada sistem pernafasan, dimana bila alergi menyebabkan terjadinya obstruksi jalan nafas yang menyebabkan apneu.

Penting untuk diketahui bahwa alergi obat tidak dapat kita prediksi. Akan tetapi, kita dapat melakukan usaha untuk menurunkan kemungkinan terjadinya alergi obat. Yuk simak tipsnya.

Berikut Tips dan Cara Pencegahan Alergi Obat

Anda dapat menerapkan tips sederhana di bawah ini untuk melakukan pencegahan terhadap terjadinya alergi.

  • Senantiasa menerangkan kepada dokter di setiap kali Anda berobat bahwa Anda mempunyai riwayat alergi terhadap obat tertentu.
  • Usahakan menghindari meminum obat yang tidak perlu. Bila Anda tidak merasa terganggu dengan gejala penyakit Anda, lebih baik Anda melakukan pola hidup bersih dan sehat saja.
  • Jangan selalu meminta disuntik tiap kali Anda berobat ke dokter. Jikalau pun Anda disuntik, maka jangan terburu-buru untuk pulang ke rumah. Tunggu sekitar setengah jam di tempat praktet dokter Anda untuk memantau adanya reaksi alergi yang timbul lambat.
  • Bila terjadi gangguan semacam gejala alergi, segera Anda hentikan pemakaian semua jenis obat. Kemudian segera periksakan diri Anda kembali ke dokter.
  • Bertanyalah kepada dokter Anda, bila mendapat obat antibiotik lebih dari dua jenis.
  • Terdapat beberapa macam obat yang seringkali menimbulkan reaksi alergi. Beberapa diantaranya, yaitu: antibiotik, obat anti nyeri, obat anti kejang, obat penurun panas (parasetamol), dan asam mefenamat.

Nah, itu tadi beberapa tips dan cara mencegah alergi obat. Mudah-mudah dapat bermanfaat bagi Anda, terutama yang memiliki riwayat atopi di dalam keluarganya.

Simak artikel kesehatan lain di Kedokteran - Kesehatan
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tips dan Cara Pencegahan Alergi Obat"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>