Kode ICD 10 HNP - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode ICD 10 HNP

Hernia Nukleus Pulposus: Nama Penyakit dan Penyebabnya

Salam hangat, pembaca setia blog Kedokteran dan Kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang penyakit yang bisa menimpa siapa saja, yaitu hernia nukleus pulposus atau yang sering disebut HNP. HNP terjadi saat bagian dalam dari cakram lembaran tulang belakang menonjol keluar dan menekan saraf tulang belakang, sehingga menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena. Penyebab utama HNP adalah penuaan dan kerusakan tulang belakang akibat cedera atau kelebihan beban pada tulang belakang.

Gejala yang Dialami Pasien HNP

Gejala utama yang dialami pasien HNP adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena saraf tulang belakang yang tertekan. Gejala ini biasanya dirasakan pada bagian punggung, pinggang, bokong, dan kaki. Selain itu, pasien juga bisa mengalami kesemutan, mati rasa, dan kelumpuhan pada bagian tubuh yang terkena tekanan saraf tulang belakang.

Pengobatan HNP

Untuk mengatasi HNP, pengobatan non-bedah dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, melakukan terapi fisik, dan beristirahat. Namun, jika kondisi pasien semakin parah dan tidak merespon pengobatan non-bedah, maka tindakan bedah harus dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada tulang belakang.

Kode ICD 10 HNP di BPJS

Untuk pasien yang memiliki BPJS, HNP terdaftar dengan nomor kode ICD 10 S43.00. Kode ini digunakan untuk memudahkan proses administrasi kesehatan, sehingga pasien bisa lebih cepat mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Kesimpulan

HNP adalah penyakit yang sering terjadi pada orang yang telah memasuki usia lanjut dan memiliki risiko tinggi akibat kerusakan tulang belakang. Pasien HNP biasanya mengalami rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena saraf tulang belakang yang tertekan. Pengobatan non-bedah dapat dilakukan untuk mengatasi HNP, namun jika kondisi semakin memburuk, tindakan bedah harus dilakukan. Untuk pasien BPJS, HNP terdaftar dengan nomor kode ICD 10 S43.00. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia blog Kedokteran dan Kesehatan. Terima kasih atas kunjungan Anda dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga : Kode ICD 10 ISK

Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kode ICD 10 HNP"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>