Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Manfaat daun sirih untuk mata bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit mata. Banyak sekali berbagai jenis keluhan mata mulai dari mata kering hingga mata minus. Kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh debu ataupun polusi. Tidak jarang banyak orang yang mengalami hal tersebut justru menguceknya sehingga membuat mata semakin iritasi.

manfaat daun sirih untuk mata
gambar daun sirih
Mengucek mata justru akan memperparah keadaan bahkan bisa merusak bagian pupil dan kornea mata. Masalah mata juga sering dialami oleh mereka yang bekerja seharian didepan komputer. Akibat memandangi layar komputer terlalu lama, banyak orang yang mengalami mata minus serta rabun mata.

Kelainan ini juga berpotensi menyerang anak-anak yang sering bermain gadget. Untuk mengatasi kelainan tersebut maka tidak jarang mereka memilih jalan operasi dengan biaya yang tidak murah. Pada dasarnya, disekitar kita telah banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati keluhan mata seperti daun sirih.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Mata

Daun sirih telah lama digunakan oleh nenek moyang untuk pengobatan. Manfaat daun sirih untuk kesehatan mata yaitu sebagai berikut:

Mengobati mata minus
Daun sirih dipercaya dapat mengobati mata minus. Untuk mengatasi keluhan ini maka Anda bisa mengambil dua lembar daun sirih, kemudian tempelkan pada kedua mata sebagai kompres setelah dicuci bersih.

Mengatasi mata merah
Mata merah bisa diatasi dengan daun sirih, ambilah empat lembar daun sirih kemudian masukan kedalam air hangat. Tunggu air rendaman daun sirih hingga dingin kemudian gunakan untuk cuci muka, lakukan hal tersebut minimal satu kali sehari.

Sakit mata atau iritasi
Manfaat daun sirih untuk mata yang sakit yaitu dengan cara menyiapkan 6 lembar daun sirih. Kemudian rebuslah daun sirih tersebut dengan 4 gelas air. Jika sudah mendidih matikan api dan dinginkan hingga benar-benar dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres mata menggunakan kain lembut.

Kantung mata
Jika Anda memiliki kantung mata yang menganggu penampilan, maka Anda bisa menghilangkannya dengan daun sirih. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian haluskan dengan cara menumbuknya. Gunakan tumbukan tersebut sebagai masker pada kantung mata Anda.

Tips Mengobati Mata Minus Dengan Cepat

Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah mata minus ataupun menjaga agar minus tidak  bertambah. Caranya adalah sebagai berikut:

Mengonsumsi jus wortel
Wortel memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi yang baik untuk kesehatan mata. Untuk mencegah mata agar tidak minus, maka Anda bisa mengonsumsi jus wortel. Jika Anda tidak menyukai jus, maka Anda bisa memasak wortel menjadi sup atau menu lain.

Menjemur mata dipagi hari
Berjemur memberikan manfaat tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga bermanfaat untuk mata. Anda bisa berjemur dengan mata tertutup kain agar tidak silau. Lakukan kegiatan tersebut secara teratur, maka mata minus Anda akan berkurang.

Gunakan Daun Sirih
Manfaat daun sirih untuk mata memang tidak diragukan lagi. Anda bisa merendam daun sirih untuk mencuci mata ataupun menggunakannya untuk mengompres kedua mata. Jika Anda melakukan hal tersebut secara rutin, maka mata Anda akan berangsur membaik.

Latihan fokus menggunakan jari telunjuk
Fokuskan penglihatan Anda pada satu titik dengan jari telunjuk Anda. Latihan ini dinilai dapat mengurangi mata minus. Caranya letakan jari telunjuk pada hidung kemudian berusahalah untuk fokus pada jari tersebut.

Menggunakan media daun sirih untuk pengobatan mata merupakan hal tepat. Daun sirih merupakan tanaman herbal yang tidak akan memberikan efek samping negatif pada kesehatan. Berbeda dengan obat lain seperti tetes mata yang didalamnya telah banyak terkandung bahan kimia. Manfaat daun sirih untuk mata terbukti mampu mengatasi berbagai keluhan mata secara alami.
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih Untuk Mata"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel